Meja Kerja Monoton Sudah Tidak Zaman, Yuk Percantik Agar Semakin Produktif dengan 5 Tips Ini!

Meja Kerja Monoton Sudah Tidak Zaman, Yuk Percantik Agar Semakin Produktif dengan 5 Tips Ini!

AXIQOE.COM - Pernah membayangkan ruang kerja idamaanmu seperti apa? Meja kerja penuh dengan peralatan kantor terlengkap dengan hiasan-hiasan lucu atau bahkan dengan ambience yang menyegarkan mata? Konsep ruang kerja seperti itu, dewasa ini sudah cukup banyak diimplementasikan oleh berbagai perusahaan khususnya bagi perusahaan rintisan.


Mengapa bisa begitu? Sebuah tulisan yag ditulis dalam jurnal psikologi lingkungan oleh Craight Knight, psikolog dan pendiri Haddington Knigth yang berbasis di Exeter Inggris  menemukan bahwa tempat kerja yang lebih personal, khususnya dalam sebuah ruangan kantor terbuka akan memberikan control lebih dan rasa kepemilikan di lingkungan kita.


Menciptakan sebuah tempat milik pribadi di sebuah lingkungan kerja milik public akan berkontribusi dalam kognitif positif dan kondisi afektif seseorang yang kemudian menghasilkan sumber daya mental yang meningkat.


Personalisasi ruang kerja dan menemukan bahwa para pekerja yang meletakan sedikitnya satu foto atau tanaman di meja kerja akan meningkatkan produktifitas sebesar 15%. Sedangkan pekerja yang diperbolehkan menghias meja kerja sebebas mungkin, produktifitas akan bertambah hingga 25%.

 

Ruang Kerja dengan Perlengkapan Kantor Terlengkap dan Personal Membuat Karyawan Lebih Bahagia

Suasana kantor serta dekorasi meja kerja di kantor bisa dibilang sangat berpengaruh pada kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun, jika saat ini Kamu ingin mendekorasi ulang meja kerja atau sudut kerja baik di kantor ada beberapa aspek yang sebaiknya diperhatikan.


Beberapa konsep penataan dan dekorasi dipercaya bisa meningkatkan produktifitas. Tidak ada salahnya penataan ini diterapkan agar obyektif yang ingin dicapai lebih maksimal.


Baca Juga: Rekomendasi Barang Elektronik untuk Kantor di axiqoe.com


1.  Maksimalkan Pencahayaan

Pencahayaan yang optimal akan meningkatkan energi. Dengan pencahayaan yang cukup tidak akan membuat mata cepat lelah. Jangan terlalu terang dan jangan terlalu redup juga, untuk hasil terbaik sebaiknya Kamu memperkirakan lumens lampu dengan luas ruangan. Pasang juga tirai tipis jika ruang kerjamu berjendela, agar sinar matahari tetap masuk namun tidak terlalu menyorot.


Apabila ruangan tidak mendaapatkan sinar matahari, Kamu bisa menggunakan lampu berwarna putih. Lampu earna putih akan memberikan efek energy lebih baik jika dibandingkan dengan lampu kuning yang cenderung membuat lebih rileks dan mengantuk.


2.  Minimalis

Meja kerja yang berantakan juga membuat tidak nyaman. Selain membuat meja menjadi lebih sempit, kantor dengan peralatan kantor terlengkap pun jadi tidak terorganisir. Mulailah untuk memilih perlengkapan kantor  yang penting dan sisakan area kosong. Dengan area meja yang minimalis, Kamu tidak akan mudah terpacu stress.


3.  Warna

Setiap orang pasti memiliki warna favorit, sesuai dengan karakter alias personiliti sesorNg. Meskipun begitu, Kamu harus memperhatikan perpaduan warna. Tidak semua warna bisa membantu produktifitas dalam bekerja. Misalnya warna orange, akan menyulitkan seseorang untuk focus. Sedangkan warna biru bisa menstimulasi otak untuk lebih fokus. Warna kuning bisa memicu daya kreatifitas dan hijau memberikan efek rileksasi.


Baca Juga: 3 Cara Merawat Peralatan Kantor


4.  Aromaterapi

Salah satu anggota tubuh yang berperan penting meningkatkan produktifitas adalah dengan merancang panca indera. Salah satunya dengan menstimulasi indera penciuman. Taruhlah aromaterapi dengan aroma yang tidak menyengat. Beberapa aroma yang bisa menjadi pilihan antara lain peppermint yang bisa mempertajam konsentrasi. Aroma sitrus dapat menurunkan kadar stres, dan aroma vanili yang menenangkan.


5.  Tumbuhan

Salah satu media peredam stress dan penat yang paling efektif adalah meliat tanaan hijau. Oleh karena itu, sangat baik jika Kamu menambahkan sentuhan tanaman kecil di sudut meja kerja dan sekitar kantor. Misalnya pot sculent atau kaktus dan daun monster. Selain itu, tanaman hijau berguna untuk menetralkan udara lho!

 

Bagaimana? Selain memiliki perlengkapan kantor terlengkap, ruang kerja juga perlu memperhatikan keceriaan yang ada di dalam ruangan. Dengan begitu, bekerja pun bisa lebih menyenangkan. Nah, buat Kamu yang sedang membutuhkan perlengkapan kantor terlengkap dengan harga miring, bisa mencarinya di Axiqoe.com dengan klik di sini.

 

Sumber:

https://www.bbc.com/worklife/article/20170202-whats-so-wrong-with-dressing-up-your-desk 
https://www.chargespot.com/workspaces/5-office-decor-ideas-positive-effects-employees-productivity/

What's your reaction?

Leave a reply