Pentingnya Memilih Kursi yang Nyaman Sebagai Perlengkapan Kantor, Berikut 10 Tipsnya!

Pentingnya Memilih Kursi yang Nyaman Sebagai Perlengkapan Kantor, Berikut 10 Tipsnya!

AXIQOE.COM - Mendengar kata 'bekerja', apa yang terlintas di benakmu? Melakukan perjalanan dinas, mengadakan meeting dengan partner bisnis, atau justru membayangkan duduk seharian di depan meja kerja?

Semuanya betul! Kebanyakan karyawan bekerja pasti akan menjalani ketiga kegiatan tersebut. Akan tetapi, jika dibagi dari presentasi waktu, poin ketiga yaitu duduk seharian di depan meja kantor sepertinya lebih dominan jika dibandingkan dengan kegiatan lain.

Tidak heran mengapa sering kali terdengar bagaimana 'curhatan' para karyawan yang merasa mudah lelah dan sakit di area tertentu jika berlama-lams duduk di kantor. Apalagi untuk karyawan swasta, mereka bisa menghabiskan waktu hingga 9 jam di kantor. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut cukup beragam, seperti pencahayaan ruangan, cahaya laptop, tinggi meja kerja, dan kursi.

Semua aspek tersebut tidak dapat diremehkan dan menjadi penting sebuah kesatuan yang baik untuk mendukung produktifitas pekerja. Namun, dapat dikatakan bahwa kursi memeiliki peran yang lebih krusial karena menopang tubuh  seharian.

 

Pentingnya Memilih Kursi yang Nyaman dan Aman untuk Kebutuhan Kantor

Dalam memilih perlengkapan kantor, harga kerap kali menjadi aspek pertimbangan utama dalam mengambil keputusan, termasuk dalam memilih kursi kantor. Padahal kursi kantor adalah hal utama yang penting untuk para karyawan. Kursi kantor merupakan sebuah aset karena kursi kantor akan menunjang kesehatan penggunanya. Sengan begitu, karyawan bisa bekerja secara efektif dan efisien karena merasa nyaman dengan kursi yang diduduki.

Oleh karena itu, saat mendatangi tempat jual perlengkapan kantor, pastikan pilihan model, material, dan kualitas, menjadi pertimbangan.

 

Baca Juga: Pilih Notebook yang Tepat untuk Membantu Kerja Lebih Maksimal


Tips Memilih Kursi Kantor Terbaik


1. Kursi Ergonomis

Istilah egronomis sering dikait-kaitkan dengan equipment yang digunakan oleh alat gerak tubuh manusia. Baik itu alat tulis kantor, handphone yang sering digenggam oleh tangan, sepatu yang dipakai sebagai alas kaki, dan yang sekarang kita bahas yaitu kursi kantor yang digunakan karyawan kantor setiap harinya.

Pastikan kursi kantor yang digunakan sudah sesuai aturan egronomis tubuh agar meminimalisir tingkat kelelahan dan ketegangan otot panggul. Jika Kamu merasa nyaman dan tidak merasa pegal-pegal, maka kerjaan akan berjalan dengan lancar.

2. Kursi dengan Tumpuan Kepala

Sekali-kali rasanya perlu Kamu meletakan kepala di sandaran untuk melepaskan kepenatan setelah sekian lama berkutat dengan konsentrasi tinggi. Untuk itulah diperlukan sebuah kursi yan mampu memberikan tempat untuk menyandarkan kepala dan bahu.

Hal ini sangat dianjurkan oleh tenaga kesehatan yang sering menerima keluhan dari para pasiennya yang sering merasa kaku di bagian leher dan punggung dan merasa migraine. Oleh karena itu, jika keseharian pekerjaanmu adalah duduk di kursi, sebaiknya relaks sejenak sekitar 5-10 menit setiap 2 jam dengan meregangkan tubuh dan berjalan.

3. Terdapat Sandaran Lengan

Selain sandaran kepala, penting juga memilih kursi dengan sandaran lengan. Hal tersebut berfungsi untuk merileksasi ketegangan otot-otot lengan. Selain meregangkan tubuh dan berjalan, penting juga untuk memberikan waktu istirahat tanpa melakukan aktifitas apapun danmenyandarkan lengan di karsi kantor.

4. Ketinggiaan Kaki Kursi Dapat Disesuaikan dengan Ketinggian Kaki

Kursi kerja kantoran yang adjustable atau dapat dinaikturunkan sesuai dengan ketingian kaki yang Kamu miliki bisa menambah kenyamananmu lho! Dengan begitu, kakimu tidak perlu menggantung alias tidak menyentuh lantai yang bisa mengabkibatkan kaki menjadi cepat pegal karena sirkulasi darah tidak maksimal.


Baca Juga: Rekomendasi Barang Elektronik untuk Kantor


5. Kaki Kursi Memiliki Roda yang Dapat Berjalan

Kursi kantor kebanyakan pasti memiliki roda yang bisa membuatnya berjalan. Hal tersebut dimaksudkan agar pergerakan karyawan di tempat duduk bisa lebih efektif. Misalnya, dengan adanya kursi kerja beroda, maka mobilitas karyawan akan sangat terbantu saat akan meraih ATK (Alat Tulis Kantor), atau saat akan menggeser kursi ke tempat lain untuk berdiskusi dengan rekan kerja. Kamu akan sanat terbantu tanpa harus kesusahan melangkahkan kaku meraih baranag atau saat memindahkan kursi. Namun, permasalahan kursi roda seringkali terdapat pada rodanya. Saat mengunjungi tempat yang menjual perlengkapan kantor, pastikan kursi yang Kamu pilih memiliki roda yang kuat dan tidak mudah patah.

6. Kursi Memiliki Bantalan Duduk yang Cukup Tebal

Karyawan kantor menghabiskan waktu minimal 8 jam dalam bekerja. Oleh karena itu, pilihlah kursi dengan bantalan duduk yang tebal dan empuk. Bantalan duduk berfungsi untuk mengurangi ketegangan otot panggul.

7. Desain Sandaran Belakang Mengikuti Anatomi Punggung

Mungkin kamu sudah serang mendengar bahwa kebiasaan duduk sesorang akan sangat berpengaruh terhadap anatomi tubuh, khususnya pada area punggung. Jika tidak terbiasa duduk dengan posisi yang baik, maka akan berdampak buruk pada bentuk tulang yang berujung pada masalah kesehatan.

Nah, bagaimana jika terdapat kursi yang bisa mengurangi kemungkinan buruk tersebut karenamampu menopang tubuh dengan maksimal? Para karyawan kantor pasti membutuhkannya. Oleh karena itu, pilihlah kursi dengan sandaran yang mengikuti jalur anatomi manusia lebih memberikan kenyamanan bagi tiap otot dan ruas tulang vertebrata manusia.

8. Kursi yang Sepadan dengan Meja Kerjanya

Untuk nilai estetika dan artistik, biasanya para karyawan perusahaan terutama yang berbasis rintisan atau starup lebih mengutamakan gaya dan tampilan yang ciamik. Untuk kebutuhan niali visual ini, maka pemilihan kursi biasanya disesuaikan denan meja yang dipergunakan untuk menambah daya kreatifitas dan imajinasi dalam berkarya.

9. Kursi Sesuai dengan Luas Area Kerja

Apabila ruangan kerjamu tida begitu luas, sebaiknya pilihlah kursi yang lebih slimmy namun tanpa mengesampingkan poin-poin yang lain. Sebaliknya, jika ruangan kerjamu memiliki ruang gerak yang tidak terbatas, maka pemilihan kursi yang leih bear akan sangat cocok dan leluasa untuk dipergunakan.

10. Style dan Warna Cocok dengan Brand Kantor Anda

Untuk yang terakhir, berkaitan dengan estetika dan visual. Setiap perusahaan tentu memiliki karakternya masing-masing. Kamu dapat bereksplorasi dengan pemilihan warna yang senada dengan brand image perusahaan. Meskipun hal kecil, tapi hal ini akan menambah semangat dalam berkarya dan berkreasi di dunia kerja.

 

Bagaimana, apakah kursi kerja di kantormu sudah memenuhi kriteria di atas? AxiQoe.com menjual perlengkapan kantor terlengkap termasuk kursi kantor terbaik sesuai dengan kebutuhannmu. Apapun model kursnya, jangan lupakan kenyamanan dan keamanan bagi tubuh ya. Selamat bekerja.

What's your reaction?

Leave a reply