Panduan Singkat Pemilihan Security Hardware untuk Keamanan Maksimal

Panduan Singkat Pemilihan Security Hardware untuk Keamanan Maksimal

Siapa bilang hanya perusahaan besar saja yang membutuhkan peralatan keamanan atau security hardware? Demi kelancaran aktivitas bisnis, Anda yang merupakan pemilik usaha dengan skala lebih kecil juga membutuhkan peralatan kantor yang satu ini.

Adanya security hardware bertujuan untuk menjamin keamanan, baik itu keamanan karyawan maupun bisnis Anda, dari hal-hal yang tak diinginkan seperti pencurian. Sebab, aset bisnis penting bukan hanya berkaitan dengan barang, tapi juga aset intelektual seperti data rahasia kantor.

Untuk membantu Anda dalam memilih peralatan keamanan yang sesuai untuk kantor, simak beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan berikut ini.Kamera Keamanan (Security Camera).

Ada banyak pilihan yang dapat Anda temukan di pasaran untuk peralatan kantor yang satu ini. Jadi, bagaimana Anda bisa memutuskan produk yang paling pas untuk kantor Anda?

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah memahami tujuan dari sistem keamanan kantor Anda, seperti:

1. Apakah Anda ingin memantau aktivitas karyawan selama jam kerja, atau mencegah pencurian oleh pelanggan maupun karyawan? Atau apakah Anda hanya ingin memantau kondisi di sekitar kantor?

2. Apakah Anda akan membutuhkan perlengkapan pemantauan untuk luar ruangan atau di koridor bangunan?

3. Apakah kamera akan digunakan setiap hari, 24/7 penuh, dengan fitur infra merah agar bisa mengambil gambar di kegelapan?

4. Berapa lama Anda perlu menyimpan rekaman video yang diambil kamera, dan sistem penyimpanan seperti apa yang Anda butuhkan?

Berkat kemajuan teknologi dan konektivitas internet, saat ini ada banyak security camera dengan harga yang sangat bervariasi. Selain itu, banyak juga pilihan dengan tingkat pemasangan yang mudah sekalipun. Nah, dengan mempertimbangkan beberapa pertanyaan terkait dengan kebutuhan dan tujuan pemasangan kamera, Anda pun bisa mempersempit pilihan agar penggunaannya tepat. Misalnya kamera kecil yang dipasang di masing-masing ruangan untuk mengamati aktivitas karyawan, atau kamera jenis pan-tilt-zoom yang bisa mendeteksi objek bergerak secara otomatis dan merekam video dalam kualitas tinggi.

Sistem Keamanan

Untuk jenis kamera keamanan yang relatif sederhana, Anda tak perlu mempekerjakan teknisi untuk pemasangannya. Akan tetapi, lain cerita jika Anda ingin memasang sistem keamanan yang lebih canggih dan rumit, yang biasanya mengharuskan Anda untuk menghubungi perusahaan penyedia sistem keamanan. Perusahaan seperti ini biasanya akan menyediakan bukan hanya layanan pemasangan kamera, tapi juga menawarkan opsi keamanan lain seperti alarm pintu, sensor gerak, dan detektor jika kantor dimasuki secara paksa.

Sistem Pencahayaan

Pada dasarnya, sistem pencahayaan yang baik adalah keharusan untuk keamanan kantor. Pasalnya, ruangan atau bangunan yang lampunya menyala biasanya bisa mencegah niat jahat pelaku kriminal. Hanya saja, menyalakan lampu kantor terus-menerus tidak hemat energi dan pastinya tidak hemat biaya. Karena itu, Anda bisa pertimbangkan pemasangan lampu khusus yang diaktifkan oleh gerakan.Dengan lampu jenis seperti ini, ia akan menyala secara otomatis apabila ada gerakan yang dideteksi sepanjang jam-jam tertentu, misalnya di luar jam kantor. Di samping itu, pemasangannya pun bisa dilakukan dengan pemasangan kamera keamanan.

Anda bisa mulai meningkatkan keamanan di kantor Anda dengan memasang kamera. Di AXIQoe.com, ada berbagai pilihan kamera yang dapat Anda temukan, mulai dari yang hanya ratusan ribu rupiah saja, sampai yang jutaan. Tentu saja, pilihlah kamera yang memang benar-benar sesuai dengan tujuan dan kebutuhan kantor Anda dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sebagai panduan.

What's your reaction?

Leave a reply