6 Peralatan Kantor yang Wajib Dimiliki Ketika Memulai Bisnis Baru

6 Peralatan Kantor yang Wajib Dimiliki Ketika Memulai Bisnis Baru

Ketika Anda akan memulai bisnis dan membuka kantor baru, dua dari berbagai kebutuhan utama yang perlu dipenuhi agar aktivitas bisnis berjalan lancar adalah furniture dan peralatan kantor. Nah, berbicara soal peralatannya, hal ini barangkali akan menjadi biaya pengeluaran terbesar kedua ketika mengawali bisnis baru.

Bagi Anda yang berencana untuk membelanjakan dana untuk peralatan kantor secara efisien, membeli hanya peralatan yang penting jelas akan membantu Anda menghindari pemborosan. Untuk membantu dan memandu Anda, berikut ini adalah beberapa peralatan penting yang perlu Anda miliki terlebih dahulu.

Peralatan Kantor Penting yang Harus Dimiliki Bisnis Baru:

1. Telepon

Untuk kelancaran berkomunikasi, baik dengan pelanggan atau klien, pihak internal, supplier, dan pihak-pihak lainnya yang berkepentingan, telepon wajib dimiliki setiap kantor. Meskipun sudah ada kemajuan teknologi dengan internet, telepon masih jadi pilihan yang dapat diandalkan karena cepat, praktis, dan tidak bergantung pada sinyal atau kecepatan sambungan internet.

Ada berbagai pilihan telepon di pasaran yang dapat Anda temukan. Harganya juga bervariasi, mulai dari yang hanya Rp 100 ribuan sampai jutaan. Tentunya, makin mahal makin banyak fiturnya. Jadi, tentukan pilihan berdasar kebutuhan.

2. Komputer dan Software

Komputer dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari bisnis, mulai dari pengolahan dokumen sampai akses informasi. Selain itu, komunikasi zaman sekarang juga banyak dilakukan lewat internet, sehingga komputer kantor pun menjadi salah satu peralatan kantor yang esensial.

3. Jaringan Komputer dan Koneksi Internet

Peralatan yang satu ini terutama penting jika bisnis Anda sangat bergantung pada akses informasi. Untuk kebutuhan ini, kabel Ethernet, router, and switch wajib tersedia dan digunakan, terutama jika Anda akan membangun jaringan besar yang dapat mendukung aktivitas karyawan dalam jumlah besar. Sedangkan modem dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan Anda dengan dunia luar, yang juga dibutuhkan untuk menyediakan sambungan Internet di kantor.

4. Printer Multifungsi

Walaupun dengan kemajuan teknologi dan adanya internet mempermudah pengiriman informasi tanpa harus menggunakan kertas lagi, nyatanya orang-orang masih merasa lebih nyaman menggunakan bentuk fisik dokumen atau informasi tersebut. karena itulah printer jadi peralatan kantor yang juga wajib tersedia.

Idealnya, pilihlah printer multifungsi yang bukan hanya bisa mencetak, tapi juga memiliki fitur scan dan faks. Dengan satu mesin printer saja, Anda sebenarnya bisa menghemat waktu dan uang daripada membeli tiga peralatan yang terpisah.

5. Shredder

Sering kali, aktivitas bisnis menuntut Anda bukan hanya untuk menyampaikan informasi dalam bentuk cetak dengan cepat, tapi juga untuk menghancurkan informasi tersebut. Apalagi jika informasi yang dicetak tersebut adalah informasi sensitif dan rahasia, seperti data pribadi klien atau daftar pelanggan. Untuk efektivitas penghancuran dokumen dan jaminan kerahasiaan informasi, keberadaan shredder pun dibutuhkan.

6. Proyektor

Peralatan yang satu ini dibutuhkan baik untuk presentasi internal maupun dengan pihak luar. Karena kualitas tampilan informasi yang ditayangkan bergantung pada kualitas proyektor, jangan segan pilih proyektor yang juga berkualitas. Dengan begitu, isi dari presentasi pun dapat disampaikan dengan baik dan jelas.

Tentunya, masih ada berbagai peralatan kantor yang juga sebenarnya tak kalah pentingnya. Akan tetapi, keenam produk di atas biasanya sudah cukup untuk menunjang aktivitas sehari-hari bisnis Anda. Dapatkan peralatan terbaik untuk kelancaran usaha Anda di AXIQoe.com, yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun menyediakan segala kebutuhan kantor di Indonesia. Kunjungi AXIQoe.com dan temukan peralatan dan segala kebutuhan kantor Anda sekarang juga!

What's your reaction?

Leave a reply