5 Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan Kantor Kamu

5 Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan Kantor Kamu

Namanya bekerja di kantor, pasti Kamu tidak sendirian. Ada banyak karyawan lain yang bekerja bersama Kamu. Selain divisi Kamu, pasti ada divisi lain yang beranggotakan banyak orang pula. Belum lagi ada posisi penunjang lainnya seperti OB, security, receptionist dan lainnya. Setiap posisi memiliki kebutuhannya masing-masing. 

Demi melangsungkan kelancaran dalam bekerja, fasilitas untuk menunjang pekerjaan harus diterapkan. Perlengkapan kantor yang mencukupi dan memadai sangat efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan. Selain pekerjaan menjadi terbantu, Kamu juga semakin efektif untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Setiap kantor pasti memiliki anggaran untuk berbelanja perlengkapan kantor. 

Sayangnya, terkadang ada saja kebutuhan mendadak untuk memenuhi perlengkapan kantor. Meskipun sudah memiliki anggaran, terkadang ada beberapa kebutuhan yang tidak terduga dan harus dilakukan. Ditambah lagi bila kebutuhan tersebut sangat mendesak, Kamu tidak bisa berkilah. Kejadian seperti ini membuat pengeluaran kantor menjadi lebih.

Lantas, bagaimana caranya menghemat pengeluaran kantor?


1. Membuat Anggaran Bulanan

Anggaran bulanan bisa Kamu gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam satu bulan penuh. Meskipun akan terjadi pengeluaran tidak terduga, Kamu harus membuat estimasi anggaran untuk pengeluaran tidak terduga tersebut. Selain itu, Kamu harus membuat perkiraan anggaran yang akan digunakan rutin dalam kurun waktu satu bulan. Hal ini dikarenakan ada beberapa divisi kantor yang selalu memiliki kebutuhan rutin dan harus dipenuhi setiap bulannya.

2. Prioritaskan Harga yang Lebih Murah

Setiap merk memiliki keistimewaan masing-masing. Terkadang memang ada merk perlengkapan kantor yang cukup dikenal. Benda bermerk dikenal memiliki harga yang tinggi juga. Tetapi biasanya, benda yang bermerk belum tentu memiliki kualitas yang sama. Untuk menghemat pengeluaran kantor, jangan lupa untuk selalu mengutamakan pengeluaran bulanan.  Oleh karena itu, untuk memenuhi perlengkapan kantor tidak perlu selalu berorientasi pada merk barangnya. 


3. Mencatat Pengeluaran dan Melakukan Evaluasi Berkala

Memiliki catatan pengeluaran secara rutin bisa membantu Kamu. Kamu tahu apa saja daftar pengeluaran yang paling besar jumlahnya dan pengeluaran apa yang sering dilakukan. Dengan begitu, Kamu bisa meredam nominal anggaran untuk pengeluaran di kebutuhan perlengkapan kantor tersebut. Melalui catatan rutin tersebut, Kamu juga bisa menilik apakah kebutuhan tersebut sangat diperlukan atau tidak.

Selain itu, adanya catatan rutin pengeluaran juga bisa digunakan untuk monitoring arus uang kas kantor Kamu. Terakhir, dari banyaknya pengeluaran yang ada, Kamu menjadi tahu apa saja yang harus diprioritaskan, dikurangi dan mencari tahu alternatif untuk perlengkapan kantor sejenis dengan harga yang lebih terjangkau.

4. Membuar Rekening Alternatif

Memiliki rekening alternatif bisa membantu menghemat pengeluaran kantor Kamu. Rekening alternatif bisa digunakan khusus sebagai anggaran untuk berbelanja perlengkapan kantor. Secara berkala, Kamu juga bisa melakukan print buku tabungan tersebut secara berkala. Sehingga Kamu lebih mengetahui apa saja yang telah dikeluarkan oleh anggaran tersebut untuk berbelanja. 

5. Melacak Pengeluaran 

Melakukan pelacakan pengeluaran memang membutuhkan usaha dan waktu. Tetapi, melacak pengeluaran dapat membantu mengatur arus kas keuangan kantor. Dengan memasukkan semua pengeluaran yang ada, Kamu menjadi lebih mudah untuk mengevaluasi anggaran di setiap bulannya. Selain itu, Kamu menjadi tahu kira-kira apa saja yang bisa ditekan anggarannya sehingga pengeluaran untuk perlengkapan kantor menjadi lebih hemat.

Setelah membaca beberapa tips di atas, kini Kamu mengerti bagaimana cara untuk menghemat pengeluaran bulanan kantor Kamu. Selalu prioritaskan kebutuhan dan kualitas barang yang akan Kamu gunakan. Dengan begitu, anggaran yang keluar akan sebanding dengan kualitas barang yang Kamu dapatkan. Berbagai perlengkapan kantor dengan kualitas baik dan harga terjangkau bisa Kamu temukan di AXIQOe. Selain melayani perlengkapan dan kebutuhan kantor, jaminan keaslian produk dan service level agreement menjadi jaminan untuk berbelanja di AXIQoe.

What's your reaction?

Leave a reply