Tips Mudah Jualan Online Lewat Instagram

Tips Mudah Jualan Online Lewat Instagram

Salah satu bisnis yang sukses di dunia Instagram adalah kepiting nyinyir. Gilang dan Rachman pemilik bisnis kuliner kepiting ini memulai usahanya di Instagram pada Oktober 2016. Mereka mengadopsi kepiting ala Louisiana yang sedang tren di Jakarta.

Keadaan saat itu banyak usaha kuliner yang ikut-ikutan berjualan kepiting yang sedang tren. Namun, dua pemuda ini mempunyai taktik yang berbeda, yaitu melakukan pemasaran via Instagram.

Menurut Gilang, Makan kepiting dengan tren ini sangatlah seru. Namun, keterbatasan terletak pada pelanggan yang harus datang ke gerai membuat mereka menjual kepiting secara online. Dengan begitu, para pelanggan bisa makan di mana saja.

Modal awal dalam memulai bisnis ini hanya 3 juta saja dan sebagian besar dialokasikan untuk pemasaran. Produk mereka terkenal dengan kepiting nyinyir, kata nyinyir berasal dari percakapan di instagram yang sedang tren.

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Reseller dan Dropship?


Lebih detail lagi, kedua pemuda ini mengandalkan teman dan memberikan kepiting nyinyir gratis dengan syarat memposting di akun instagram mereka. Dengan begitu, kuliner yang mereka buat lebih terkenal.

Berdasarkan contoh di atas, mungkin Kamu sudah paham langkah-langkah yang harus diambil agar sukses berjualan di Instagram. Namun, bagi Kamu yang ingin lebih mudah memahaminya bisa membaca lebih lanjut tips di bawah ini.

1. Harus Memiliki Target Audience yang Spesifik

Sebelum membuat usaha. Kamu harus mempunyai target pasar atau audience yang jelas. Hal ini akan sangat berkaitan dengan promosi yang tepat sasaran. Percuma saja ketika Kamu melakukan promosi kepada orang yang tidak butuh produk Kamu, mereka tidak akan membelinya. 

Kamu hanya membuang-membuang sumber daya yang Kamu punya. Ketika sudah mempunyai target yang jelas, Kamu bisa membuat konten yang mayoritas disukai oleh audience. Beriring dengan waktu, jumlah followers akan meningkat. Konversi dari jumlah follower yang melakukan aksi membeli pun meningkat.

Selain itu, Kamu juga memberikan solusi dari kendala yang dialami audience kalian dan mengemasnya sebagai konten yang menarik. Itulah salah satu cara efektif dalam menggunakan instagram sebagai kanal promosi.

2. Harus Mempunyai Brand Voice yang Otentik

Masyarakat mengenal bisnis berdasarkan brand voice yang Kamu pilih. Brand voice adalah nilai atau karakter yang Kamu pilih dan masyarakat merasakannya dari keseluruhan bisnis Kamu, entah itu rasa ceria atau elegan.

Salah satu cara membangun brand adalah dengan membuat postingan yang memancarkan nilai-nilai dari brand Kamu. Buatlah brand yang otentik sehingga masyarakat bisa segera mengidentifikasikan, misalnya rasa elegan dan mengasosiasikannya ke brand Kamu. Dengan brand voice yang otentik, brand Kamu bisa menonjol dari pesaing.

Baca Juga: Pedagang Online Prlu Miliki Izin Usaha, Simak Aturan Lengkapnya!

3. Hanya Fokus pada Jumlah Follower

Follower memang sangatlah penting. Namun, janganlah tergiur dengan jasa tambah follower karena kebanyakan akun yang memfollow akun bisnis Kamu bukanlah pengguna instagram yang aktif. Dengan kata lain, konversi penjualan pun bisa nihil.

Selain itu, jangan pula Kamu mengejar real followers dan mengabaikan hal yang lain. Lebih baik tentukan target awal jumlah follower, setelah itu Kamu bisa menilai lagi postingan yang benar-benar disukai follower royal Kamu. Oleh karena, dari jumlah follower yang Kamu miliki hanya 10% saja yang benar-benar memperhatikan konten yang Kamu buat dan melakukan pembelian.

4. Tidak Melakukan Pemasaran

Bahkan perusahaan besar seperti Yamaha tetap melakukan pemasaran. Lantas kenapa Kamu yang sudah membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan audience tidak meng-ads postingan di instagram Kamu? Tentu, semakin banyak yang melihat postingan Kamu akan menambah jumlah follower.

Dengan kata lain, brand awareness terhadap bisnis Kamu juga meningkat. Jangan takut mengeluarkan budget untuk melakukan pemasaran. Seperti kepiting nyinyir yang sebagian besar modalnya digunakan untuk promosi, mereka bisa merasakan dampak positifnya.

Iklan berbayar di Instagram pun sudah mempunyai target pasar yang jelas. Dengan begitu, budget yang Kamu keluarkan sangatlah efektif dan menyasar langsung kepada calon pembeli dan meningkatkan jumlah penjualan.

Selain itu, bagi Kamu yang ingin memulai bisnis di Instagram sangatlah perlu kebutuhan kantor. Kamu bisa membelinya di mana saja dan bisa melihat barang yang Kamu perlu secara langsung. Namun, metode ini sangatlah memerlukan waktu dan menempuh jarak.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan kantor dengan berbelanja online di berbagai media, entah itu sosial media, website, atau e-commerce. Namun, tidak semua perusahaan mengupdate secara rutin katalog mereka karena di toko fisik permintaan pun sudah banyak.

Baca Juga: Usaha Rumahan yang Menjanjikan di 2020


Selain itu, berbelanja online juga rentan terhadap penipuan. Entah itu pengambilan dana, atau mengirim produk yang tidak sesuai. Agar terhindar dari penipuan ini, Kamu perlu me-review ulang tempat tersebut sebelum membeli kebutuhan kantor.

Alternatif yang tepat adalah berbelanja di AXIQoe.com Di sini sangatlah terjamin keamanan dan kualitas dari kebutuhan kantor yang ditawarkan pun bukan sembarangan.

AXIQoe.com bisa menjadi tempat Kamu berbelanja yang santai karena semua kebutuhan kantor ada di sini. Jadi, kamu tidak perlu lagi bingung berbelanja di berbagai e-commerce.

What's your reaction?

Leave a reply