Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Laporan Keuangan Perusahaan

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Laporan Keuangan Perusahaan

Pemilik bisnis biasanya membesarkan perusahaan seperti membesarkan bayi mereka sendiri. Sama seperti membesarkan seorang anak yang membutuhkan perhatian ekstra dan menghabiskan banyak tenaga, pemilik bisnis juga sangat disibukkan dengan menjalankan "bayi" mereka dengan mengamankan pelanggan untuk bisnis, mengisi pesanan, mempekerjakan dan menangani krisis sehari-hari, sehingga perubahan besar dapat menyelinap apabila tidak hati-hati.


Perusahaan yang tumbuh cepat, misalnya, dapat meningkatkan penjualan dengan margin yang menguntungkan, tetapi jika pelanggan tidak membayar tepat waktu, perusahaan dapat mengalami krisis keuangan dan gagal.


Semua pemilik bisnis membutuhkan lima laporan keuangan utama yang dapat memberikan perspektif mengenai pertumbuhan dan perkembangan bisnis mereka. Perintis usaha ini harus menjalankan dan meninjau laporan ini secara berkala bersama dengan akuntan, yang dapat memberikan saran untuk meningkatkan keuangan.


Baca Juga: Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan Kantor


Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi menunjukkan pendapatan yang dihasilkan selama periode tertentu, biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan pendapatan tersebut, dan keuntungan atau kerugian yang dihasilkan. Angka-angka ini akan mempengaruhi upaya pemasaran, harga, dan manajemen pengeluaran usaha Kamu.


Neraca

Neraca menunjukkan gambaran keuangan usaha Kamu pada tanggal tertentu. Laporan keuangan ini menguraikan aset (apa yang dimiliki perusahaan), kewajiban (hutang perusahaan) dan ekuitas perusahaan yang menjelaskan perbedaan di antara keduanya. Beberapa item yang ditonjolkan pada neraca adalah: uang perusahaan saat ini, piutang, inventaris, hutang dagang, hutang jangka panjang (jika Kamu memiliki utang), dan saldo pinjaman jangka pendek.


Laporan Arus Kas

Laporan keuangan ini memadukan informasi dari laporan laba rugi dan neraca untuk memberikan gambaran tentang bagaimana arus uang masuk dan keluar dari perusahaan. Bagi pemilik bisnis, arus kas adalah salah satu yang paling penting di semua laporan keuangan. Pasalnya, laporan ini menunjukkan jumlah selisih bersih uang masuk dan uang keluar dalam operasi usaha selama periode tersebut.



Margin Laba Bersih

Membandingkan margin laba bersih selama beberapa kuartal dan tahun dapat membantu pemilik bisnis dalam mengatur penetapan harga, pengeluaran, dan penjualan. Laporan ini menunjukkan berapa banyak laba yang dihasilkan oleh setiap penjualan, dan dapat bervariasi dari waktu ke waktu ataupun dari industri ke industri. Maka dari itu, laporan ini paling berguna untuk membandingkan margin bisnis dengan rekan-rekan industri atau dengan perusahaan itu sendiri selama beberapa periode.



Piutang Usaha vs Hutang Usaha

Laporan Piutang Usaha memuat jangka waktu perusahaan dibayar untuk barang atau layanannya menggunakan rasio yang dihitung dengan membagi saldo akhir periode piutang dengan pendapatan untuk periode itu, kemudian mengalikan hasilnya dengan jumlah hari dalam periode tersebut. Melalui rasio tersebut, pemilik bisnis dapat melihat apakah piutang menumpuk lebih cepat dari penjualan atau lebih cepat dari kemampuan perusahaan untuk menagih selama beberapa periode.


Baca Juga: Tips Cerdas Belanja Alat Tulis Kantor di AXIQoe.com


Kamu juga dapat membandingkan rasio itu dengan Laporan Hutang Usaha yang dihitung dengan membagi saldo akhir periode dari hutang yang dibayarkan dengan harga pokok penjualan periode tersebut, kemudian dikalikan dengan jumlah hari dalam periode tersebut. Laporan Hutang Usaha menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan bisnis untuk membayar pemasok. Sama seperti Laporan Piutang Usaha, laporan ini memiliki pengaruh besar pada situasi kas perusahaan.


Dalam situasi yang terbaik, laporan-laporan ini akan menggambarkan lancarnya bisnis Kamu, sama seperti konsultasi dengan dokter dapat mengkonfirmasi bahwa anak Kamu memiliki pertumbuhan yang tepat. Dalam situasi terbutuk, laporan-laporan ini akan memungkinkan Kamu untuk mengidentifikasi tantangan signifikan sebelum terlambat untuk memperbaiki bisnis Kamu.


Sumber:
Here are 5 Financial Reports You Should Be Running

What's your reaction?

Leave a reply