Starter Pack yang Perlu Disiapkan Selama New Normal

Starter Pack yang Perlu Disiapkan Selama New Normal

Pandemi COVID-19 belum berakhir, namun kehidupan harus terus berjalan. Jika terus dilakukan pembatasan, roda perekonomian  bisa terhambat. Sehingga pemerintah akhirnya mulai mengeluarkan keputusan untuk melonggarkan PSBB dan mulai bertransisi ke masa baru yang disebut dengan istilah new normal.

Keputusan Menteri Kesehatan

Implementasi new normal diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

Kebijakan yang diwajibkan bagi perusahaan dan individu diantaranya menaati protokol kesehatan baik itu saat berangkat dari rumah/di perjalanan, di kantor, atau dimanapun kamu berada. Untuk itu, penting bagi kamu mempersiapkan diri dengan berbagai perlengkapan perlindungan diri untuk mencegah dari terpaparnya virus COVID-19 selama masa new normal.

1. Face Shield

Selama masa new normal, face shield merupakan perlengkapan terluar yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Meskipun telah menggunakan masker, face shield berfungsi sebagai perisai atau tameng terluar untuk melindungi wajah dari droplet-droplet yang bertebaran di udara. Face field tidak hanya menutup hidung dan mulut, tapi juga mata.

Selain mulut dan hidung, mata adalah salah satu indera penting yang perlu dilindungi. Ilmuwan dari China menemukan fakta bahwa penularan virus COVID-19 ini juga bisa melalui mata. Tidak hanya karena mata rentan termasuki droplet, tetapi juga mata bisa menyebarkan infeksi. Sehingga melindungi matamu dengan face shield tidak hanya penting bagi diri sendiri tetapi juga untuk melindungi sesama.

2. Masker

Setelah face shield, perlengkapan new normal paling krusial lainnya adalah masker. Dengan menutupi hidung dan mulut, tidak hanya debu saja yang bisa tersaring tetapi juga droplet. Sebagai langkah pencegahan yang lebih baik, jika Kamu merasa kurang fit atau tidak enak badann, sebaiknya jangan menggunakan masker yang terbuat dari kain. Hal ini karena masker berbahan kain tidak bisa dipakai untuk melindungi terhadap partikel yang ada di aerosol atau partikel yang Airborne.

Sedangkan masker medis yang memiliki 3 lapisan, efektifitasnya bisa memfiltrasi 30-95 persen partikel dengan ukuran 0,1 mikron. Meskipun masih ada kemungkinan kebocoran atau penumpukan partikel lebih banyak melalui samping kiri dan kanan masker karena tidak sepenuhnya sempurna menutupi wajah.  Untuk itu, Kamu harus mengganti penggunaan masker bedah secara berkala.

3. Cofing (Corona Finger) & Zero Touch Tools

Zero touch tools merupakan alat serba guna berkuran mini, 11.5 cm x 2.5 cm x 3 cm yang efektif dibawa berpergian yang berguna sebagai pemencet tombol lift, pembuka gagang/handle pintu, dan bisa diisi cairan disinfektan. Sehingga bagian yang telah tersentuh dengan gagang pintu atau tombol lift secara otomatis terbersihkan.

Selain zero touch tools, ada juga alat bantu yang disebut dengan corona finger atau cofing. Cofing memiliki fungsi yang sama dengan zero touch  tools. Perbedaannya, cofing bisa digunakan untuk membuka kunci pintu dan dijadikan gantungan tas atau kunci, serta tidak bisa diisi cairan disinfektan.

4. Sarung Tangan Sekali Pakai

Agar lebih aman melindungi tangan Anda dari terpaparnya virus COVID-19 saat beraktifitas di luar ruangan, Kamu bisa menggunakan sarung tangan. Sarung tangan yang paling efektif menurut arahan dokter adalah sekali pakai. Setiap Kamu selesai beraktifitas di luar ruangan atau sampai rumah, bisa langsung dibuang.

Dalam hal ini, sarung tangan yang bisa sekali pakai adalah sarung tangan medis dan plastik. Namun, demi menjaga stok sarung tangan medis bagi petugas kesehatan, Kamu bisa menggunakan sarung tangan berbahan plastik.


5. Tisu Basah & Kering

Dengan membawa kedua barang ini kemanapun Kamu pergi, Kamu akan lebih siaga membersihkan tangan maupun fasilitas publik setelah beraktifitas dalam sekali swipe. Penggunaan tisu lebih aman disbanding lap kain karena penggunaannya yang sekali pakai.

6. Hand Sanitizer & Hand Wash

Sama seperti halnya tisu basah dan tisu kering, hand sanitizer dan hand wash juga wajib Kamu bawa kemanapun. Bahkan keberadaan keduanya lebih krusial dibandingkan sebelumnya. Hal ini karena hand sanitizer lebih efektif membersihkan tangamu, apalagi sabun cuci tangan. Jika Kamu menemukan fasilitas cuci tangan atau air mancur, sempatkan selalu mencuci tangan agar bakteri dan virus yang menempel bisa segera mati sehingga Kamu lebih aman.

7. Membawa Peralatan Pribadi : Perlengkapan Ibadah, Helm, Peralatan Makan, Tote Bag

Fasilitas di tempat umum adalah tempat yang paling beresiko terpapar virus. Kita tidak pernah tahu, peralatan sholat di masjid dan helm yang diberikan ojek online bersih atau tidak. Siapa yang memakai sebelumnya, dan bagaimana kondsi kesehatan pemakai sebelumnya. sehingga penting untuk membawa peralatan pribadi.

Selain perlatan ibadah dan helm, peralatan makan dan tote bag pun perlu Kamu siapkan. Sehingga meskipun kamu belanja makanan di luar rumah sekalipun, tidak perlu menggunakan kantong plastik. Cukup keluarkan tote bag sendiri yang terjamin bersih, kemudian makan menggunakan peralatan yang Kamu bawa.

8. Suplemen & Multivitamin

Menjaga ketahanan dari luar memang penting sebagai tameng terdepan. Bukan berarti Kamu mengabaikan kesehatan tubuhmu dari dalam. Suplemen dan multivitamin disini tidak hanya obat-obatan saja, tetapi juga asupan makanan bergizi seperti pemenuhan asupan kebutuhan 4 sehat dan 5 sempurna.



Mempersiapkan starter pack new normal di atas sekarang memang sudah tidak sesulit seperti awal-awal masa karantina. Stok sudah kembali normal dan Kamu bisa mendapatkannya di mana saja Akan tetapi untuk mendapatkannya sekaligus, Kamu perlu mencari satu-persatu. Tidak semua toko atau online shop menyediakan kebutuhan produk tersebut sekaligus.

Nah, untuk Kamu yang tidak mau repot mendapatkannya dalam sekali transaksi belanja, bisa membelinya di AXIQoe.com. Tidak hanya mendapatkan satu bundling starter pack new normal, Kamu juga bisa mendapatkan harga lebih murah. Yuk cek sekarang di sini.

What's your reaction?

Leave a reply