Demotivasi Dalam Bekerja? Ingat  4 Poin Ini Sebagai Dorongan!

Demotivasi Dalam Bekerja? Ingat 4 Poin Ini Sebagai Dorongan!

Dalam berkarir para karyawan memiliki motivasi tersendiri yang mugkin berbeda-beda. Kamu juga kan? Motivasi ini sangat perlu dan berguna dalam meningkatkan semangat dan produktifitas kamu dalam bekerja. Namun, ada kalanya setiap karyawan merasa kurang semangat, lesu, dan lelah yang berlebih saat bekerja. Tanpa disadari, hal ini biasanya disebabkan para karyawan sedang berada dalam fase demotivasi.

Apalagi dalam kondisi yang menantang seperti sekarang ini. Masa ketika PSBB kembali diberlakukan sehingga mau tidak mau para karyawan harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH) seperti pada awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia. Bkerja dari rumah atau WFH ini tidak jarang membuat karyawan merasa lebih lelah karena tidak dapat memisahkan urusan profesional dan personal.

Nah, ketika kamu merasa terdemotivasi atau dalam keadaan pressure yang tinggi selama WFH, selalu ingat 4 pin ini bisa kamu ingat lagi sehingga kamu akan lapang dalam menghadapi keadaan sulit dikantor dan lebih giat lagi dalam bekerja. Adapun 4 poin motivasi tersebut antara lain:

1. Menerima Gaji Bulanan

Motivasi yang utama yang paling tangible tentu saja adalah Gaji Bulanan. Karena dengan gaji bulanan kamu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup kamu serta keluarga. 

Banyak keinginan kamu yang belum tercapai dan itu membutuhkan banyak uang ataupun ada cicilan yang belum dilunasi merupakan urgensi dalam motivasi untuk menerima gaji bulanan. Terlebih di masa sekarang, mendapat gaji bulanan adalah salah satu hal yang bisa kamu sangat syukuri.  Dengan begitu kamu mampu menyelesaikan semua pekerjaan kamu dengan cepat dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan.

2. Jenjang Karir

Mendapatkan posisi yang tinggi atau jenjang karir yang jelas juga merupakan motivasi utama selain menerima gaji bulanan. Para karyawan akan lebih memerhatikan dalam meningkatkan kemampuan atau keterampilan guna mendukung pekerjaan mereka yang berdampak pada karirnya sendiri, sehingga dapat memberikan kesan positive yang energik dan produktiv terhadap atasan.  

Keterampilan seperti mengelola waktu, berkomunikasi, mengelola anggaran dan memimpin bekerja. Keterampilan tersebut juga akan berguna ketika kamu hendak memutuskan untuk pindah bekerja ke perusahaan baru.

Selama WFH ini, Kamu akan tertantang untuk mengatur manajemen waktu dan mengasah teamwork. Jika terus dibiasakan, hal ini tentunya akan menjadi output yang baik dalam membentuk dirimu. Kedepannya, soft skill seperti ini akan mendukungmu dalam mencapai jenjang karir yang lebih tinggi.

3. Pengalaman

Mencari pengalaman adalah motivasi awal yang dimiliki oleh kamu yang baru saja lulus dalam mengenyam pendidikan atau karyawan yang ingin berpindah fokus ke function yang berbeda.

Bekerja sebagai karyawan paruh waktu, karyawan magang, karyawan kontrak ataupun karyawan tetap akan memberikan pengalaman dan menambah kemapuan serta keterampilan kamu. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk mencari pekerjaan yang lebih baik nantinya.

4. Fasilitas dan Lingkungan yang Nyaman

Perusahaan harus menyediakan sarana dan prasarana kantor yang mumpuni untuk meningkatkan kinerja dan produktifitas para karyawan. Fasilitas tersebut bisa berupa tunjangan seperti kesehatan, ketenagakerjaan, asuransi keselamatan kerja, tunjangan hari raya, tunjangan pendidikan, tunjangan over time dan lainnya. 

Perusahaan harus menyediakan prasarana kantor yang memadai untuk menunjang produktifitas karyawan seperti alat tulis kantor, jaringan internet seperti router atau modem, komputer, laptop, perangkat server, telephone, mesin fax, mesin fotocopy dan segala kebutuhan kantor yang dapat mendukung dalam menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. 

Selain itu perusahaan juga harus menciptakan lingkungan yang kondusif, tempat kerja yang bersih dan lapang, manajemen yang baik serta saling dukung antar karyawan. 
Lingkungan kerja yang bersih dan memiliki personal space akan memberikan banyak ruang untuk eksplorasi ide dan produktivitas dalam bekerja serta memberikan kenyamanan dan privasi bagi karyawan itu sendiri. Mengingat, tidak semua karyawan bisa nyaman untuk bekerja dalam satu ruangan penuh orang. 

Manajemen yang baik serta dukungan antar karyawan akan berdampak pada loyalitas terhadap perusahaan. Atasan yang baik dan karyawan yang supoortif akan membuat kamu lebih betah, bekerja terasa ringan dan happy.



Nah itu dia poin-poin yang dapat memotivasi kamu untuk tetap bekerja. Ingat juga dikondisi sekarang ini mungki sangat kecil perusahaan yang sedang buka lowongan, malah rawan PHK jadi cintai pekerjaanmu dan loyal dengannya.

What's your reaction?

Leave a reply