Kenali Istilah Berikut Agar Kamu Tidak Salah Saat Beli Smartphone!

Kenali Istilah Berikut Agar Kamu Tidak Salah Saat Beli Smartphone!

Maraknya penjual smartphone palsu, rekondisi ataupun refurbished pastinya membuat kamu takut dan ragu untuk membeli smartphone yang kamu inginkan. Hal tersebut terjadi karena didorong oleh tingginya peminat smartphone pada era modern seperti ini. Biasanya smartphone palsu, rekondisi ataupun refurbished cenderung memiliki harga yang jauh lebih murah di banding smarthphone baru dan asli. Smartphone palsu, rekondisi ataupun refurbished memiliki berbagai istilah untuk penyebutannya. 
Kali ini AXIQoe akan menjelaskan kepada Sahabatqoe, tentang istilah- istilah yang dipakai dalam menjual smartphone. Penasaran? Yuk langsung aja simak beberapa point di bawah ini!

1. Smartphone Resmi
Smartphone resmi adalah smartphone yang memang diproduksi dengan sah dan resmi di negara Indonesia. Sebelum smartphone resmi diedarkan dipasaran, smartphone sudah menjalani uji dan tes kelayakan pakai terlebih dahulu, mengikuti semua peraturan yang berlaku, serta sudah membayar seluruh biaya yang harus dibayarkan ke negara. Smartphone resmi sudah pasti memiliki garansi yang remi langsung dari perusahaan smartphone tersebut. Jelas jika terjadi kerusakan atau masalah pada smartphone kamu, kamu bisa meng-claim masalah tersebut langsung ke service resmi. Jangan khawatir, kamu akan mendapatkan penggantian sparepart yang original loh Sahabatqoe.

2. Smartphone Resmi Distributor / Internasional
Smartphone resmi distributor dan internasional adalah smartphone asli yang tidak memiliki garansi resmi. Jika kamu membeli smartphone distributor, kamu akan mendapatkan garansi dari distributor dan jika kamu membeli smartphone bergaransi internasional, kamu harus meng-claim garansi smartphone mu ke negara yang memproduksi smartphone tersebut.

3. Smartphone Black Market
Smartphone Black Market merupakan smartphone yang masuk ke Indonesia secara illegal atau tidak resmi bahkan diselundupkan. Maka smartphone tersebut di sebut sebagai smartphone black market atau pasar gelap. Smartphone black market sudah pasti tidak akan mendapatkan garansi. Smartphone black market tidak pasti keasliannya. Bisa saja smartphone tersebut adalah smartphone palsu, rekondisi ataupun refurbished. Hal yang sangat mencolok dari smartphone black market ini adalah memiliki harga yang sangat murah di bawah harga pasaran. 

4. Smartphone Refurbished / Rekondisi
Smartphone Refurbished merupakan smartphone yang ‘disulap’ menjadi seperti baru kembali. Yang di maskud disulap adalah smartphone yang sudah rusak kemudian diperbaiki kembali seperti semula. Meski smartphone refurbished merupakan smartphone rusak yang di perbaiki kembali, smartphone ini tidak diperbaiki dengan asal-asalan loh Sahabatqoe. Mengapa begitu? Karena smartphone refurbished melewati perbaikan dan perakitan langsung oleh pabrik resmi dimana smartphone tersebut diproduksi. dan smartphone refurbished ini juga mendapatkan garansi resmi langsung dari pabrik.
Beda dengan refurbished, smartphone rekondisi adalah smartphone yang sudah rusak kemudian diperbaiki kembali. Perbedaanya adalah smartphone rekondisi ini diperbaiki bukan di pabrik resmi. Melainkan di toko smartphone tidak resmi ataupun tempat service biasa yang tidak resmi. Biasanya smartphone rekondisi tidak mendapatkan garansi atau hanya mendapatkan garansi toko.

Nah, itu dia beberapa istilah yang harus kamu kenali saat kamu akan membeli smartphone. Kamu juga harus sangat teliti ya SahabatQoe. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog.axiqoe.com untuk mendapatkan tips dan info menarik lainnya. Kamu juga bisa membeli smartphone baru dan original di AXIQoe.com loh. Di tambah lagi, sedang ada Promo NOMAT yang memberikan promo menarik berupa potongan harga hingga 1 juta rupiah! Yuk buruan cek AXIQoe.com.

What's your reaction?

Leave a reply