Sering Tersambung Pada WiFi Gratis? Perhtikan Beberapa Hal Ini!

Sering Tersambung Pada WiFi Gratis? Perhtikan Beberapa Hal Ini!

Saat kita ingin berselancar di internet, pastinya kita membutuhkan koneksi ataupun jaringan internet untuk mengakses dan berselancar di internet. Terkadang, saat kita sedang berada di luar rumah, kuota internet yang kita miliki habis. Entah karena batas tenggang waktu ataupun habis karena pemakaian. Nah biasanya, saat hal itu terjadi kamu akan mencari tempat-tempat yang menyediakan free WiFi.  Kalo ada yang masih belum tahu apa sih WiFi dan apa sih kegunaannya,'Wireless Fidelity' atau disingkat WiFi adalah suatu teknologi yang memakai gelombang radio untuk menghubungkan perangkat (PC, Laptop, smartphone) ke jaringan komputer. Definisi WiFi yaitu teknologi yang menggunakan gelombang radio supaya komputer bisa mengakses internet.  Kegunaan dari WiFi adalah untuk koneksi ke jaringan internet, menghubungkan handphone ke PC dan masih banyak fungsi lainnya. 
Namun terkadang, penggunaan WiFi gratis sering membuat kamu cemas dikarenakan keamanannya yang tidak terjamin. Terdapat kemungkinan bahwa datamu tidak sepenuhnya aman saat menggunakan WiFi gratis. Nah kali ini, AXIQoe akan kasih tau kamu hal yang harus di perhatikan saat berselancar  menggunakan WiFi gratis. Mau tau apa aja? Yuk langsung aja simak hal di bawah ini :

1. Mengetahui dan menanyakan nama WiFi pada petugas
Saat kamu sedang berada di tempat umum, pastinya akan ada banyak WiFi gratis yang muncul saat kamu mengaktifkan fitur WiFi pada gadgetmu. Pastinya ada beberapa yang tidak menggunakan password. Jangan mudah tergiur untuk menggunakannya ya, Sahabatqoe. Karena bisa saja saat gadgetmu tersambung, semua aktivitas yang kamu lakukan dengan menggunakan gadgetmu diawasi. Jika kamu sedang berada di restaurant atau coffe shop, kamu menanyakan nama WiFi dan password WiFi tersebut ke petugas. Agar lebih aman dan tidak salah menyambungkan WiFi.

2. Hindari mengakses data penting
Saat sedang menggunakann WiFi gratis, ada baiknya kamu menahan diri untuk mengakses data-data pribadi dan data-data yang penting. Seperti mengakses mobile banking atau internet banking saat menggunakan internet gratis, atau juga log in sosial media yang kamu miliki saat sedang menggunakan WiFi gratis. Karna seperti yang AXIQoe tadi bahas di atas, WiFi gratis tidaklah benar-benar aman 100%.

3. Tidak mengganti password
Demi keamanan akun pribadi dan gadgetmu, sebaiknya kamu tidak mengganti password saat sedang menggunakan WiFi gratis. Mengapa? Karna sangat rentan keamanan pada data-data tersebut untuk diretas ataupun dicuri. Apalagi kamu menggunakan WiFi gratis yang tidak kamu ketahui siapa pemiliknya.

4. Mematikan Fitur WiFi
Alangkah baiknya kita mematikan kembali fitur WiFi setelah selesai menggunakannya. Mengapa? Karna jika kamu membiarkan fitur WiFi pada gadgetmu menyala dan koneksi internetmu tersambung akan membuat kamu mudah untuk terlacak dan juga keberadaanmu mudah untuk diketahui. Tidak mematikan fitur WiFi juga dapat merusak batre pada gadgetmu loh Sahabatqoe.

Nah, itu dia 4 hal yang harus kamu perhatikan saat kamu sedang menggunakan atau tersambung dengan WiFi gratis. Saat ini, memakai WiFi gratis bukan lagi menjadi suatu hal yang lumrah. Namun, kamu tetap harus waspada agar tak sembarang mengunjungi situs-situs yang membutuhkan informasi penting pribadi milikmu. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog.axiqoe.com untuk mendapatkan tips dan info menarik lainnya.

What's your reaction?

Leave a reply