Seharian Kerja di Depan Komputer? Jaga Kesehatan Mata Dengan Cara Ini!

Seharian Kerja di Depan Komputer? Jaga Kesehatan Mata Dengan Cara Ini!

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat, kita akan semakin bergantung pula terhadap teknologi. Contohnya komputer dan laptop, barang elektronik yang satu ini merupakan barang yang sangat kita butuhkan. Apalagi jika kamu seorang karyawan di kantor atau seorang mahasiswa. Pastinya barang eklektronik ini tidak akan pernah jauh dari hadapan kamu. Kegunaannya yang multifungsi sangat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan. Tapi, dibalik kegunaannya yang sangat multifungsi, berada seharian di depan komputer dan laptop akan membuat matamu lelah. Sehingga, akan menimbulkan resiko terjadinya penyakit pada mata. Dari mulai pandangan kabur, mata kering, hingga mata minus, dan silinder.
Kali ini AXIQoe, akan kasih tau kamu cara menjaga kesehatan mata setelah seharian bekerja di depan komputer. Penasaran? Yuk langsung aja simak cara-cara berikut ini :

1. Sesuaikan brightness layar dengan ruangan
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, menyesuaikan tingkat kecerahan atau brightness pada layar komputer kamu dengan cahaya dimana tempat kamu bekerja, jika cahaya pada tempat kamu bekerja sudah cukup terang, sebaiknya kamu turunkan brightness pada komputermu. Dan sebaliknya, jika cahaya tempat kamu bekerja tidak cukup terang, kamu sebaiknya naikan brightness pada komputermu. Tetapi, kamu harus menaikan brightness dengan batas yang wajar ya Sahabatqoe. Agar mata kamu tidak terlalu lelah saat menatap komputer.

2. Atur jarak pandang
Sebaiknya, kamu mengatur jarak pandangmu dengan komputer milikmu. Kamu harus menyesuaikan jarak pandang agar tidak terlalu dekat dengan komputer tetapi juga tidak terlalu jauh ya. Hal tersebut juga sangat mempengaruhi kesehatan mata kamu. Atur jarak pandang komputer sekitar 50-66 cm jauh dari mata kamu, agar matamu tidak terlalu lelah karena jarak yang terlalu dekat dan jauh. 

3. Membersihkan layar
Membersihkan layar pada komputer, dapat mengurangi kontras dan meningkatkan cahaya dan refleksi pada komputermu. Kamu harus membersihkan layar komputer milikmu dari debu dan sidik jari yang menempel. Gunakan kain yang memiliki tekstur halus, seperti kain microfiber atau kamu juga bisa menggunakan kain lap kaca mata milikmu.

4. Istirahatkan mata
Biasakan untuk mengistirahatkan mata kamu saat sedang bekerja. Jangan menatap dan memelototi layar pada komputer kamu secara terus menerus. Ada baiknya kamu memberi istirahat pada matamu setelah 20 menit kamu menatap layar komputer. Istirahatkan mata dengan cara menjauhkan komputer selama 1 menit dan melihat ke lain arah yang jaraknya agak jauh dengan tempat kamu bekerja. Kemudian, jangan lupa untuk berkedip. Karena berkedip merupakan salah satu bentuk dari istirahat mata. Agar tidak lupa, kamu bisa menempelkan note dengan tulisan berkedip pada layar komputer milikmu. Tetapkan waktu istirahat yang rutin, dan menjauhkan diri dari komputer untuk sementara.

5. Lakukan Perawatan Mata
Kamu juga perlu memanjakan matamu dengan cara memberikan perawatan kecil. Kamu dapat mengkompres mata yang lelah atau kering dengan handuk hangat (saat mata tertutup), kemudian kamu dapat menggunakan tetes mata untuk menyegarkan mata saat matamu mulai terasa kering dan agak gatal. Dan yang terakhir untuk membantu mencegah mata kering saat bekerja di dalam ruangan, kamu dapat menggunakan pembersih udara untuk menjadi filter debu dan meningkatkan kelembapan udara pada sekitar tempatmu bekerja.

Nah, itu dia 5 hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata setelah seharian bekerja di depan komputer. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog.axiqoe.com untuk mendapatkan tips dan info menarik lainnya. Kamu juga bisa membeli laptop baru dan original di AXIQoe.com loh. Di tambah lagi, kamu akan mendapatkan potongan harga 100 ribu dengan minimal belanja 300 ribu dengan menggunakan Voucher GEMPITA.  Sebagai B2B ecommerce terdepan AXIQoe.com juga menyediakan berbagai macam kebutuhan dan perlengkapan kantor. Bersama AXIQoe, belanja online menjadi lebih mudah, aman dan terpercaya.

What's your reaction?

Leave a reply