Bulan Terakhir Yang Penuh Makna

Bulan Terakhir Yang Penuh Makna

Desember, bulan keduabelas atau bulan terakhir dalam satu tahun ini sering dianggap sebagai bulan yang penuh kasih sayang dan suka cita karena orang-orang akan segera menyambut datangnya tahun baru. Sebagai bulan dipenghujung tahun, desember ternyata punya beberapa fakta menarik yang bisa kamu ketahui. Nah, kali in AXIQoe akan membahas beberapa fakta menarik seputar bulan desember yang mungkin belum diketahui oleh Sahabatqoe.

1. Asal Nama Desember
Tahukah kalian dari mana asal nama Desember? Ternyata nama Bulan Desember berasal dari kata decem yang dalam bahasa Romawi kuno berarti sepuluh. Tapikan Bulan Desember merupakan bulan keduabelas bukan sepuluh? Ya betul, hal ini disebabkan karena sebelum kalender bangsa Romawi disempurnakan, mereka hanya memiliki sepuluh bulan dalam satu tahun tanpa bulan januari dan februari. Meskipun kedua bulan tersebut sudah ditambahkan dalam kalender tahunan tetap saja nama desember digunakan dan tidak diubah menjadi nama lainnya.

2. International AIDS awareness
AIDS atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus HIV atau Human Immunodeficiency syndrome. Untuk menguatkan kampanye pencegahan AIDS diseluruh dunia, badan organisasi kesehatan dunia atau biasa kita kenal dengan WHO mencanangkan bulan desember sebagai bulan kampanye anti AIDS sedunia atau International AIDS awareness month terutama tanggal 1 Desember. Tentunya di dalam bulan desember kamu akan sangat banyak menjumpai berbagai kampanye anti aids baik dimedia massa maupun dijalanan.

3. Penghargaan Nobel
Bulan Desember juga dipilih sebagai bulan untuk penganugrahan penghargaan nobel. Penghargaan nobel sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada para ilmuwan dan peneliti yang dianggap memiliki peranan besar didalam bidang penelitian. Penghargaan ini sendiri dilaksanakan setiap tanggal 10 desember. Tanggal 10 desember dipilih karena pada tanggal tersebut, seorang ilmuan dan penemu dinamit yaitu Alfred Nobel meninggal yang di mana dalam wasiatnya menuliskan untuk selalu memberikan penghargaan kepada para ilmuwan dan peneliti. Sehingga dipilihlah tanggal 10 desember sebagai hari penganugrahan nobel sekaligus memperingati meninggalnya Alfred Nobel. 

4. International Human Rights
Pada bulan desember juga terdapat hari peringatan HAM internasional. Peringatan ini dilakukan setiap tanggal 10 desember dan telah dilaksanakan sejak tahun 1948. Mengapa baru sejak tahun 1948? Hal ini bertepatan dengan bebasnya warga Afrika Selatan dan kembali kuatnya demokrasi di Amerika.

5. Cangkok Jantung Pertama
Jantung, organ yang berperan penting dalam tubuh manusia terutama dalam sistem transportasi kadang mengalami gangguan dan penyakit jantung sendiri adalah penyakit yang paling mematikan dengan angka kematian tertinggi didunia. Salah satu cara untuk mengatasi masalah penyakit gagal jantung adalah dengan transplantasi atau cangkok jantung. Tahukah kamu kapan pertama kali cangkok itu dilaksanakan? Ternyata cangkok jantung pertama kali dilaksanakan pada tanggal 3 desember 1967 dan transplatasi pertama ini dilakukan di Afrika Selatan terhadap pasien bernama Louis Washkansky

6. Penerbangan Pertama
Ternyata penerbangan pertama kali dilakukan pada tanggal 17 desember 1903. Penerbangan pertama ini dilakukan oleh penemu pesawat terbang Wright bersaudara yaitu Wilbur dan Orvile Wright. Kesuksean kedua saudara ini dalam melakukan inovasi menjadi perhatian dunia hingga akhirnya terus dikembangkan dan dunia penerbangan bisa maju sampai saat ini seperti sekarang.

Hal-hal di atas merupakan semua kejadian yang terjadi di bulan desember. Tidak salah jika bulan desember disebut bulan yang penuh kasih sayang dan suka cita karena banyak peringatan dan penemuan-penemuan yang sangat berpengaruh ke dalam kehidupan kita sekarang ini. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog.axiqoe.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. AXIQoe.com merupakan ecommerce b2b terdepan yang menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan kantor dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Yuk berbelanja di AXIQoe.com

What's your reaction?

Leave a reply