5 Cara Agar Kamu Tidak Kecanduan Bermain Gadget. Penasaran? Yuk Langsung Aja Simak Artikel Ini!

5 Cara Agar Kamu Tidak Kecanduan Bermain Gadget. Penasaran? Yuk Langsung Aja Simak Artikel Ini!

Di era millenial seperti saat ini, perkembangan gadget semakin hari semakin canggih. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa menggunakannya. Anak kecil yang belum bisa bicarapun bahkan sudah mengetahui cara bermain dan menggunakan gadget. Saat ini, gadget memang sudah menjadi salah satu barang elektronik yang sangat membantu kegiatan kita sehari-hari. Mulai dari bertukar kabar, informasi, dan juga sebagai hiburan. Tetapi,  kamu harus berhati-hati ya Sahabatqoe, Karena penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan  kemampuan konsentrasi kita berkurang. Selain itu, penggunaan gadget yang berlebihan juga kerap membuat orang menjadi tidak seperti dirinya sendiri. Karna orang yang sudah kecanduan gadget sering sekali sibuk dengan gadgetnya dan dunia mayanya, maka akan kurang peka terhadap lingkungan sekitarnya. 

Kali ini AXIQoe, akan kasih tau kamu 5 cara agar kamu tidak kecanduan bermain gadget. Penasaran? Yuk langsung aja kita simak cara di bawah ini :

1. Bulatkan Tekad

Hal mendasar yang harus dilakukan sebelum memulai segala sesuatu adalah niat dan tekad. Sebesar apapun keinginan kita untuk mengurangi kebiasaan bermain gadget, kalau niat dan tekad kita belum bulat maka tentu hal ini akan sulit untuk dilakukan. Saat niat dan tekad sudah bulat, pastinya akan menjadi lebih mudah untuk kamu mengurangi kebiasaan bermain gadget. Kamu akan tahan dengan goadaan sebesar apapun saat tekad dan niatmu sudah bulat.

2. Perbanyak Kegiatan Outdoor

Saat kamu sudah kecanduan dengan gadget pastinya kamu akan jarang berinteraksi dengan lingkungan sosial dan teman-teman di lingkungan sekitarmu. Sebaiknya kamu memperbanyak jadwal dan porsi kegiatan yang berada di luar rumah atau bersama teman-teman. Pastinya, hal ini akan membuat kamu lupa terhadap gadget. Atau, kamu juga bisa menganti kegiatan diluar rumah dengan berolahraga grup seperti bola basket, sepak bola dan olahraga lainnya. Selain bagus untuk kesehatan, secara tidak langsung kamu akan berinterksi dengan teman dalam grupmu. Tapi perlu diingat, jangan terlalu over juga dalam bermain di luar rumah ya Sahabatqoe. Waktu bermain di luar dan berada di rumah bersama keluarga, ataupun mengerjakan tugas sekolah atau kuliah harus diseimbangkan.

3. Alihkan Dengan Kegiatan Lain

Saat kamu sedang berada di dalam ataupun luar rumah dan kamu merasa bosan, sebaiknya kamu mengalihkan kebosananmu dengan melakukan kegiatan seperti membantu orang tuamu, bermain dengan adikmu ataupun bercerita dengan keluargamu.  Atau carilah kegiatan lain yang tidak menggunakan gadget, agar kamu dapat terbiasa tanpa gadget kesayanganmu. Lakukanlah hal-hal yang lebih positif untuk mengisi kebosananmu ya Sahabatqoe.

4. Mengatur Jadwal

Bagi kamu yang benar-benar tidak mungkin bisa lepas dari gadget karna hal pekerjaan dan lainnya, maka langkah yang paling tepat adalah dengan mengurangi jam untuk menggunakan gadget tersebut. Buat jadwal kapan kamu harus memegang gadget, belajar, bekerja dan bermain di luar rumah alias beraktivitas tanpa gadget. Dengan mengatur jadwal, kamu pasti akan lebih mudah dalam mengatur dan me-manage pikiran agar tidak teralih ke gadget secara terus menerus. 

Nah, itu dia 5 cara agar kamu tidak kecanduan bermain gadget. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog.axiqoe.com untuk mendapatkan tips dan info menarik lainnya. AXIQoe.com merupakan ecommerce b2b terdepan yang menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan kantor dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau. Yuk belanja di  AXIQoe.com!

What's your reaction?

Leave a reply