Ini Dia 5 Cara Mengatasi Stres Dari Pekerjaan Yang Padat. Penasaran? Yuk Simak!

Ini Dia 5 Cara Mengatasi Stres Dari Pekerjaan Yang Padat. Penasaran? Yuk Simak!

Bekerja memang suatu hal yang wajib untuk dikerjakan. Selain bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bekerja juga merupakan salah satu bentuk ibadah lho Sahabatqoe. Sebagian orang mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion-nya, dan sebagian lagi mendapatkan pekerjaan yang jauh berbeda dengan passion-nya. Walaupun jauh berbeda dengan passion, pada akhirnya mereka tetap bisa mencintai pekerjaannya karena sudah terbiasa. Dalam dunia kerja akan ada banyak tekanan yang sangat mungkin membuat kamu mengalami stres saat kerja. Terkadang, sebesar apapun kamu mencintai pekerjaanmu, kenyataan ini tetap sulit untuk dihindari. Apalagi bagi kamu yang belum mencintai pekerjaanmu, tentu saja stres saat bekerja akan lebih sulit lagi untuk dihindari.

Kali ini AXIQoe, akan kasih tau kamu 5 cara mengatasi stres dari pekerjaan yang padat. Penasaran? Yuk langsung aja simak beberapa hal di bawah ini!

1. Mengatur Pola Tidur 

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres setelah melakukan pekerjaan yang padat adalah dengan mengatur pola tidur. Orang yang sedang mengalami stres kerja cenderung akan memiliki pola tidur yang berantakan. Jika kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya, maka hal ini akan berlarut dan mengganggu kesehatan fisikmu. Kamu harus menetapkan waktu tidur agar tidurmu teratur. Dan lakukanlah kegiatan yang bisa membuat kamu rileks agar dapat cepat tertidur. 

2. Mengatur Pola Makan

Selain mengatur pola tidur, kamu juga harus mengatur pola makan lho Sahabatqoe.  Karena biasanya orang yang sedang mengalami stres kerja cenderung akan memiliki pola makan yang berantakan dan tidak teratur. Kamu harus mengurangi asupan zat yang dapat mengacaukan mood, seperti kafein, alkohol, lemak trans, dan pengawet makanan. Makanlah makanan yang dapat menaikkan mood kamu seperti ikan salmon, makarel, rumput laut, kacang kedelai, ikan tuna, telur, dan kacang kenari. Tetapi, kamu harus selalu ingat untuk memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan ya.

3. Selalu Berfikir Positif

Ada kemungkinan stres yang kamu alami muncul dikarenakan oleh pikiran negatif yang ada didalam kepalamu. Misalnya, kamu berpikir kalau target bulan ini tidak akan tercapai, tugas tidak akan selesai tepat waktu, pekerjaan yang diberikan pasti sulit, rekan kerja pasti susah diajak kerja sama, dan sebagainya. Pemikiran negatif harus selalu dibuang, agar tidak menimbulkan stres terhadap pekerjaan. Mulailah untuk berpikir positif, karna akan membantu tubuh untuk menjaga tingkat energi kamu. 

4. Me Time

Cara lain untuk mengatasi stres kerja adalah dengan "me time". Kesibukan kerja mungkin saja membuat kamu lupa untuk menyisihkan waktu untuk dirimu sendiri. Kamu selalu sibuk bekerja dan tanpa sadar kamu mulai kehilangan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Hal tersebut dapat membuatmu mengalami stres kerja dan mulai membenci rutinitasmu. Jika kamu sudah mulai merasakan stres kerja, berhentilah sejenak dan habiskan waktu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti menghabiskan waktu di rumah untuk menonton film, memasak, membuat kue, atau membaca buku. Pastinya, kamu akan merasa lebih fresh dan dapat kembali ke rutinitasmu dengan aura yang lebih positif di  keesokan harinya.

5. Short Trip

Kurang piknik juga dapat menimbulkan stres saat bekerja lho Sahabatqoe. Kamu dapat memanfaatkan waktu weekend-mu untuk melakukan short trip dan mengexplore,tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Tidak perlu pergi terlalu jauh, kamu mungkin bisa mencari tahu jika ada tempat baru didekat tempat tinggalmu yang dapat dikunjungi. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk quality time dengan orang-orang yang kamu sayangi seperti keluarga, sahabat ataupun pasanganmu. Cara yang satu ini mungkin tidak akan langsung menyelesaikan masalahmu yang menyebabkan stres kerja, tetapi paling tidak kamu bisa me-refresh pikiranmu agar dapat berpikir lebih jernih untuk dapat menghadapi masalah yang kamu temui di tempat kerja.


Nah, itu dia 5 cara mengatasi stres dari pekerjaan yang padat. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog.axiqoe.com untuk mendapatkan tips dan info menarik lainnya. AXIQoe.com merupakan ecommerce b2b terdepan yang menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan kantor dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau. Yuk belanja di  AXIQoe.com!

What's your reaction?

Leave a reply