Ini Dia 5 Cara Membangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja. Penasaran? Yuk Simak!

Ini Dia 5 Cara Membangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja. Penasaran? Yuk Simak!

Dalam lingkungan bekerja, rekan kerja merupakan salah satu faktor kenyamanan kamu bekerja di suatu tempat. Karena, kamu akan banyak menghabiskan waktu dengan rekan kerjamu di kantor, kamu harus bisa membangun hubungan baik dengan rekan kerjamu. Menjalin hubungan yang baik dengan setiap orang, baik rekan kerja, atasan, dan juga bawahan akan menciptakan lingkungan kerja menjadi lebih kondusif. Tidak terbayang bukan, kamu akan menghabiskan waktu berjam-jam dengan orang yang tidak kamu sukai? Hal itulah mengapa hubungan baik antara kamu dan rekan kerjamu sangat penting untuk diperhatikan.

Nah kali ini AXIQoe, akan kasih tau kamu 5 cara membangun hubungan baik dengan rekan kerjamu. Penasaran? Yuk langsung aja simak cara berikut ini!

1. Mengingat Nama 

Hal ini memang terdengar sepele bagi kamu, tapi beberapa hal sederhana seperti mengingat nama rekan kerjamu tentunya akan meninggalkan kesan yang baik. Membangun keakraban dengan rekan kerja dapat dimulai dari mengingat nama dan menyebutnya saat kalian mengobrol. Hal ini membuat lawan bicara kamu merasa dihormati dan dihargai.

2. Menghargai Rekan Kerja

Hal yang mudah yang harus kamu lakukan untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja adalah dengan menghargai rekan kerjamu. Karena kamu berhadapan dengan bermacam-macam tipe orang di kantor. Terbukalah untuk belajar dari orang lain. Dengan menghargai rekan kerjamu, kamu dapat menghindari konflik dengan mereka. Mulailah dari hal kecil seperti, menghargai pendapat dan opini yang rekan kerjamu sampaikan, bersikap sopan, dan jangan memotong pembicaraannya. Jadilah pribadi yang menyenangkan untuk rekan kerjamu, agar orang lain pun merasa nyaman berada didekatmu.

3. Kenali Rekan Kerjamu

Saat kamu sudah masuk ke dunia kerja, kamu akan banyak bertemu dengan orang yang memiliki latar belakang, ras, suku, dan budaya yang berbeda. Kamu harus mengenali dan mengamati kebiasaan dan sifat rekan kerjamu ya Sahabatqoe. Agar kamu tau bagaimana cara harus berbicara, bersikap dan menyelesaikan suatu konflik dengan rekan kerjamu. Sekali-kali kamu harus hang out dengan mereka diluar jam kantor. Pergantian suasana itu juga penting untuk membangun chemistry supaya kamu merasa nyaman dengan mereka.

4. Menjadi Pendengar yang Baik dan Aktif

Menjadi pendengar yang baik juga merupakan hal penting dalam menjalin hubungan yang harmonis bersama rekan kerja. Saat berada di kantor, mengobrol dengan saling menceritakan kisah atau permasalahan satu sama lain memang sudah menjadi hal yang lumrah. Jadilah pendengar yang baik dan aktif dengan membiarkan lawan bicaramu menyelesaikan cerita mereka.Dan jika tiba saatnya, giliran kamu yang memberikan saran ketika rekan kerjamu memintanya. Tidak selamanya rekan kerja yang sedang dalam masalah membutuhkan solusi dari kamu untuk masalah mereka. Ada kalanya mereka sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan, namun mereka membutuhkan teman untuk sekedar berbagi cerita dan bertukar fikiran. 

5. Membangun Kepercayaan

Kepercayaan dan kejujuran merupakan hal yang sangat penting dalam proses membangun hubungan yang baik. Selain untuk melancarkan koordinasi dengan rekan kerja, hal ini akan membuat rekan kerja kamu merasa dihormati. 

Nah, itu dia 5 cara membangun hubungan baik dengan rekan kerjamu. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog.axiqoe.com untuk mendapatkan tips dan info menarik lainnya. AXIQoe.com merupakan ecommerce b2b terdepan yang menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan kantor dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau. Yuk belanja di  AXIQoe.com!

What's your reaction?

Leave a reply