Ini Dia, 4 Tips Mengatasi Hasil Printer Bergaris dan Putus-Putus!

Ini Dia, 4 Tips Mengatasi Hasil Printer Bergaris dan Putus-Putus!

Saat ini printer nampaknya sudah menjadi kebutuhan untuk dimiliki oleh setiap orang yang bekerja dengan laptop atau komputer, meskipun komputer mendukung penggunaan data paperless (tanpa kertas) namun mencetak data masih sangat dibutuhkan untuk berbagai alasan. Tidak jarang terjadi kegagalan cetak dimana dokumen yang dicetak menjadi bergaris-garis atau putus-putus setelah dilakukan proses mencetak atau printing. Inilah faktor yang kemudian menjadikan banyak pengguna ingin tahu cara untuk mengantisipasi hasil cetak printer yang putus-putus atau bergaris. Ada berbagai penyebab yang terjadi saat printer sedang mengalami kegagalan mencetak atau print (hasil cetak bergaris). Dan ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hasil cetakan bergaris pada printer. 

Nah kali ini AXIQoe, akan kasih tau kamu 4 tips mengatasi hasil printer bergaris dan putus-putus. Penasaran? Yuk langsung aja simak!

1. Encouder kotor 

Encouder merupakan suatu bagian dalam printer yang berfungsi untuk sensor printer. Encouder terdapat pada bagian yang berada pada bagian belakang cartridge bermaterial plastik mika segi panjang yang terpampang dari ujung kanan hingga bagian ujung kiri printer. Apabila sebuah encouder ini kotor karena terkena cipratan dari sebuah tinta maka kemungkinan besar cetak printer akan putus-putus dan bergaris. Apabila encouder kotor maka yang perlu kamu lakukan adalah cukup membersihkan bagian encouder dengan menggunakan tisu perlahan-lahan. Selain itu kamu juga dapat menarik encouder lalu merendam encouder tersebut menggunakan air hangat selama beberapa saat.

2. Tinta printer kotor dan menggumpal

Terjadinya penggumpalan pada tinta yang kotor juga dapat menjadi salah satu penyebab hasil printer bergaris dan putus-putus lho Sahabatqoe. Hal tersebut biasanya terjadi apabila printer tidak digunakan dalam waktu lama, oleh karena itu beberapa teknisi umumnya menganjurkan agar printer setiap hari digunakan untuk mencetak dokumen setidaknya satu halaman. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir ya Sahabatqoe, jika hal itu terjadi pada printer milikmu, rendamlah cartridge pada air alcohol lalu kemudian sedot tinta yang sudah tidak menggumpal pada cartridge. Menyedot tinta dari cartridge bisa menggunakan suntikan yang biasa digunakan untuk mengisi tinta, artinya tinta disedot dari bagian atas cartridge, atau bisa pula menggunakan sedotan khusus (suntikan biasa yang dimodifikasi) sehingga pengeluaran tinta dapat langsung dilakukan dari bagian bawah cartridge (bagian head).

3. Penyumbatan pada selang infus

Jika terjadi penyumbatan pada selang infus printer milikmu, kamu harus segera melakukan proses cleaning ya Sahabatqoe. Kamu dapat melakukan proses cleaning dengan cara menggunakan dumper yang bisa membantu melancarkan aliran tinta apabila aliran tinta pada selang printer tipe tinta infus yang tersumbat.

4. Head cartridge yang sudah rusak

Head Cartridge yang rusak juga dapat menjadi pemicu dan penyebab hasil cetak yang tidak maksimal. Sebaiknya kamu segera mengganti cartridge milikmu yang lama dengan cartridge yang baru. Selain itu kamu juga bisa mengubah pengaturan pada printer menjadi high quality.

Nah, itu dia 4 tips mengatasi hasil printer bergaris dan putus-putus. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog.axiqoe.com untuk mendapatkan tips dan info menarik lainnya. Karena AXIQoe.com merupakan ecommerce b2b terdepan yang menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan kantor dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau. Yuk belanja di  AXIQoe.com

What's your reaction?

Leave a reply