6 Jenis Mesin Cetak Digital yang Ada di Indonesia

6 Jenis Mesin Cetak Digital yang Ada di Indonesia

Perkembangan mesin cetak digital saat ini sangat pesat dan persaingan usaha di dalamnya pun sangat ketat. Secara umum, cetak digital dikenal juga sebagai sebuah metode pencetakan yang diolah terlebih dahulu menggunakan komputer dan selanjutnya dicetak menggunakan mesin cetak/printing.


Secara garis besar, mesin cetak digital yang beredar pasaran dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Mesin Cetak Indoor dan Mesin Cetak Outdoor. Perbedaan kedua kategori tersebut yaitu pada hasil cetaknya. Sesuai dengan namanya Indoor yaitu mesin cetak digital untuk keperluan kebutuhan cetak untuk didalam ruangan seperti X-Banner, FlipChart dan dokumentasi yang hanya untuk dipajang dalam ruangan, jadi hasil cetak indoor tidak tahan lama kalau dipasang pada area outdoor.


Jadi, untuk keperluan kebutuhan cetak di luar ruangan yang selalu tertimpa hujan dan panas mesin yang dipakai tentulah Outdoor. Hasil cetak dari mesin cetak digital Outdoor ini memang diperuntukan untuk keperluan iklan di luar ruangan. Seperti yang bisa kamu lihat di jalan-jalan, yaitu billboard.


Mesin cetak digital sendiri mulai masuk di Indonesia sekitar 10 tahun yang lalu. Dengan beberapa jenis aplikasi atau ketahanan print, yaitu:


1. Mesin Cetak Digital Indoor

Mesin jenis indoor ini merupakan sebuah mesin cetak yang dapat melayani kebutuhan cetak yang nantinya akan ditempatkan di dalam ruangan, seperti sticker, cetak brosur murah, wallcovering, x-banner dan banner, serta spanduk di dalam ruangan.


Mesin cetak digital indoor ini memiliki kemampuan mencetak barang cetakan dengan lebar antara 24, 42 hingga 60 inch.


Baca Juga: Printer Murah Terbaik dan Tahan Lama untuk Kebutuhan Kantormu

2. Mesin Cetak Digital Outdoor

Mesin percetakan digital outdoor pada umumnya digunakan untuk kebutuhan cetak advertising di luar ruangan atau cetakan dengan ukuran yang besar, diantaranya baliho dan spanduk, yang tahan akan air dan panas. Karakter dari mesin cetak digital jenis ini adalah large printer dengan lebar 2 hingga 3 meter.


3. Mesin Cetak Digital Semi Indoor Outdoor

Mesin percetakan digital ini tergolong flexibel karena bisa melayani kebutuhan cetak, baik untuk kebutuhan cetak indoor maupun kebutuhan cetak outdoor. Mesin ini mencetak kebutuhan indoor dan outdoor karena menggunakan base tinta eco solvent, dimana karakter tinta ini tidak berbau jika digunakan dalam ruangan. Sedangkan untuk diluar ruangan, tentunya tinta ini aman dan ramah lingkungan.


4. Mesin Cetak Digital Photographic

Sesuai namanya, mesin percetakan digital ini khusus digunakan untuk menangani cetakan yang berhubungan dengan fotografi. Hal ini dikarenakan fotografi sangat mengutamakan kualitas dan presisi gambar dengan warna yang sulit didapatkan jika menggunakan mesin printing jenis lainnya. Untuk mencetak gambar menggunakan mesin ini digunakan media dye dan pigment.


5. Mesin Cetak Digital Textile

Mesin percetakan digital tekstil ini merupakan hasil pengembangan teknologi percetakan. Meskipun pada dasarnya, mesin jenis ini juga bukan teknologi yang baru. Apalagi jika kita berbicara mengenai teknologi percetakan digital di luar Indonesia. Maka, teknologi cetak digital textile telah menjadi teknologi yang wajar dan biasa digunakan.


Mesin cetak digital jenis ini termasuk mesin yang aman dan ramah lingkungan. Selain itu, hasil yang dihasilkan bersifat ringan yang dapat memberi kemungkinan pengiriman bisa dilakukan dalam jumlah yang banyak.


6. Mesin Cetak Digital UV Printer

Mesin cetak jenis UV Printer ini digunakan khusus untuk menghasilkan cetakan di media yang kasar dan kaku. Seperti besi, seng, acrylic, triplek, kaca, keramik, plastik, dan lain-lain. Satu lagi kondisi khusus yang harus dipenuhi ketika menggunakan mesin cetak digital jenis UV Printer adalah media yang digunakan harus flat (rata).


Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Hasil Printer Bergaris dan Putus-Putus

Nah, kini Kamu telah mengetahui dan memahami jenis mesin cetak digital serta penggunaannya. Semoga informasi mengenal jenis mesin cetak digital dapat membantu kamu dalam memutuskan pilihan terbaik saat memilih jenis mesin cetak digital yang sesuai dengan kebutuhan cetak Kamu. Apabila Kamu membutuhkan cetak dokumen online dalam jumlah banyak, Kamu bisa mencari jenis printer terbaik di AxiQoe.com.

What's your reaction?

Leave a reply