Simak 10 Antivirus Gratis yang Bisa Kamu Andalkan

Simak 10 Antivirus Gratis yang Bisa Kamu Andalkan

Antivirus merupakan perangkat lunak yang sangat dibutuhkan semua gadget khususnya komputer atau laptop untuk mengamankan berbagai macam data penting yang tersimpan di dalamnya. Tidak hanya itu, antivirus juga berfungsi untuk mendeteksi, dan menghapus virus pada komputer. Setiap perangkat kompter dan sejenisnya pasti memiliki resiko untuk terinfkesi virus, maka dari itu para pengguna wajib memasang antivirus pada perangkat komputer yang dimiliki. Namun sayangnya, tidak jarang beberapa antivirus yang ada di pasaran memasang harga yang cukup menguras kocek.

Untuk itu AXIQoe akan merangkum 10 Antivirus yang secara cuma-cuma bisa kamu dapatkan, baik untuk pengguna Windows maupun MacOS.

Pengguna Windows OS

1. Windows Defender

Windows defender adalah aplikasi antivirus yang biasanya sudah tersedia ketika pengguna menginstal sistem operasi Windows pada perangkatnya. Antivirus ini juga bisa memindai keberadaan malware pada perangkat yang diinstal. Windows Defender dapat dimiliki secara gratis dan dapat digunakan secara penuh jika memiliki OS Windows dengan lisensi resmi.

2. Microsoft Security Essentials

Jika kamu masih pengguna Windows 7, antivirus gratis ini sangat direkomendasikan. Antivirus ini juga sama seperti Windows Defender yang bisa didapatkan secara cuma-cuma oleh pengguna Windows. Dengan catatan antivirus ini hanya mendukung sistem operasi Windows 7 saja. Microsoft Security Essentials memang merupakan versi sebelumnya dari Windows Defender. Antivirus ini juga berfungsi untuk memindai keberadaan virus, trojan dan spyware.

3. Avast Free Antivirus

Antivirus satu ini sudah tidak asing lagi pastinya bagi para pengguna komputer. Avast merupakan salah satu antivurs yang sangat popular karena seringkali didaulat sebagai antivirus gratis yang sangat direkomendasikan. Banyak fitur yang dapat digunakan dari antivirus ini, salah satunya adalah CyberCapture. Fitur ini dapat mendeteksi dan menganalisis file atau dokumen yang dicurigai sebagai virus yang menyamar.

4. Avira Free Antivirus

Sama seperti Avast, Avira juga kerap direkomendasikan sebagai antivirus gratis yang bagus untuk digunakan. Bahkan sejumlah media teknologi menempatkan Avira sebagai antivirus gratis terbaik.

5. Panda Antivirus

Antivirus gratis ini juga tidak kalah direkomendasikan oleh para pengguna komputer. Panda Antivirus dinilai lebih mudah digunakan ketimbang antivirus lainnya. Selain itu, Panda juga bisa memindai keberadaan virus pada USB dan memonitor keamanan ketika komputer tengah dioperasikan.

6. AVG

AVG memiliki keunggulan sebagai antivirus yang ringan dan tidak memberatkan kinerja komputer. Antivirus ini juga bisa memindai keberadaan file jahat. Bahkan jika terdapat folder yang terinfeksi virus, AVG akan menghapus folder tersebut.

Pengguna MacOS

1. Sophos Home Antivirus

Sophos merupakan antivirus gratis yang direkomendasikan oleh sejumlah media teknologi sebagai antivirus gratis yang bagus untuk digunakan. Sophos dapat bekerja ketika komputer digunakan dan memberikan proteksi secara real-time dari virus.

2. Avast Security Antivirus

Ternayta Avast tak hanya hadir untuk komputer Windows saja. Avast juga hadir bagi MacOS. Seperti yang disebutkan di awal, Avast sangat direkomendasikan sebagai antivirus gratis yang bisa memberikan proteksi dari virus, malware dan sejumlah perangkat lunak jahat lainnya.

What's your reaction?

Leave a reply