Berikan Keamanan Lebih, Whatsapp Kenalkan Fitur Fingerprint

Berikan Keamanan Lebih, Whatsapp Kenalkan Fitur Fingerprint

Hampir sebagian besar karyawan perusahaan tentu menggunakan aplikasi Whatsapp Messenger sebagai salah satu perlengkapan kantor, tak terkecuali Kamu. Tidak hanya sekadar untuk berkomunikasi dengan teman, aplikasi Whatsapp nyatanya terbukti ampuh dalam menunjang aktivitas pekerjaan sehari-hari Kamu, khususnya dalam hal komunikasi.

Pentingnya aplikasi ini sebagai bagian dari perlengkapan kantor bisa dilihat dari banyaknya komunikasi antar karyawan melalui grup Whatsapp. Biasanya, setiap perusahaan bahkan memiliki grup Whatsapp sendiri yang dibagi antar divisi, antar manejemen bahkan grup Whatsapp Jajaran Direksi.

Akan tetapi, sebagai salah satu perlengkapan kantor yang cukup strategis, aplikasi Whatsapp juga sejatinya cukup rentan terhadap aksi kejahatan siber seperti peretasan akun dan lain sebagainya. Jika satu akun karyawan sudah berhasil diretas, maka si hacker bisa dengan mudah mengetahui data-data penting perusahaan yang ada di aplikasi tersebut. Tidak sampai disitu, para penjahat siber ini pun bisa juga melakukan aksi kejahatan lain seperti penipuan menggunakan akun Kamu misalnya dan banyak hal lainnya.

Berkaca dari hal tersebut, Whatsapp kini telah mengembagkan fitur keamanan baru selain enkripsi end-to-end mereka. Aplikasi yang masuk kedalam kategori perlengkapan kantor tersebut saat ini memiliki fitur Fingerprint yang berguna untuk menjaga akun Kamu dari potensi pencurian akun.

FItur ini sendiri sejatinya bukanlah hal baru bagi Whatsapp, pasalnya beberapa waktu lalu terdapat fitur serupa yang mereka namakan fitur otentifikasi (Authentication) atau kunci layar (Screen Lock).

Awalnya, fitur ini hanya berfungsi pada ponsel dengan sistem operasi iOS saja, seperti iPhone maupun iPad. Namun, pada bulan Agustus lalu aplikasi perlengkapan kantor yang satu ini telah menghadirkan fitur keamanan tersebut pada ponsel yang menggunakan sistem operasi Android. 

Akan tetapi, tidak semua ponsel Android bisa menggunakan fitur fingerprint tersebut. Pasalnya terdapat beberapa persyaratan bagi sebuah smartphone untuk mengaktifkan fitur ini. Syarat pertama adalah smartphone Kamu harus berjalan pada sistem operasi Android Marshmellow atau lebih tinggi. Kemudian, syarat kedua yang perlu ada pada smartphone Kamu adalah hadirnya fitur sidik jari atau Fingerprint itu sendiri. Namun, Kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki sistem pemindai sidik jari yang dijual dengan harga terjangkau.

Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint Pada Whatsapp


Sejatinya, Kamu tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga untuk menghadirkan fitur keamanan terbaru dari Whatsapp ini pada ponsel Android. Kamu hanya perlu mengaktifkanya pada menu Setting > Account > Privacy > Fingerprint Lock. 

Sementara pada smartphone dengan sistem operasi iOS, kamu hanya tinggal membuka aplikasi Whatsapp > Tekan Settings di pojok kanan bawah > Pilih Account  > Pilih Privacy > Scroll hingga menemukan opsi Screen Lock, lalu tekan > Geser tombol ke kanan pada opsi Reguire Face ID > Pilih opsi waktu, yakni segera, setelah 1 menit, 15 menit dan 1 jam.

Setelah itu, Kamu akan diperlihatkan sebuah opsi “unlock with fingerprint” untuk membuka aplikasi Whatsapp Kamu. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir jika atasan memanggil Kamu melalui Whatsapp Call pasalnya fitur ini masih tidak akan aktif ketika Kamu mendapatkan panggilan suara melalui aplikasi Whatsapp. Kamu juga akan diberi pilihan untuk menentukan durasi sebelum akun Whatsapp mengunci otomatis, jadi gak perlu ribet deh menggunakan sidik jari terus. 

Oh iya, jika Kamu belum memiliki smartphone dengan fitur sidik jari, kamu bisa membelinya di situs Axiqoe.com dan dapatkan banyak pilihan smartphone menarik dengan harga yang terjangkau.

What's your reaction?

Leave a reply