Perbedaan Windows 10 vs 10X Mana yang Paling Bagus Dipakai untuk Karyawan?

Perbedaan Windows 10 vs 10X Mana yang Paling Bagus Dipakai untuk Karyawan?

Laptop dan komputer merupakan peralatan kantor yang tidak pernah absen dari aktivitas operasional perusahaan. Kemudahan pengolahan data dan dokumen membuat teknologi komputer lebih unggul dibanding media tradisional seperti buku dan alat tulis, terutama laptop.

Salah satu elemen penting dalam komputer atau laptop itu adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat tersebut, ada alasan mengapa smartphone yang sudah dianggap sangat canggih saat ini masih belum bisa menggantikan laptop dan komputer sebagai perangkat kerja utama dan sistem operasi inilah yang menjadi faktor pembeda di antara keduanya.

Terdapat dua sistem operasi yang paling umum digunakan menjadi perangkat dan peralatan kantor hampir setiap perusahaan di dunia, yaitu Windows dan Mac OS. Sebenarnya masih ada sistem operasi lain yang tidak kalah populer namun penggunaannya yang spesifik membuat orang terintimidasi menggunakannya seperti Linux dan Ubuntu, namun dalam konteks ini akan lebih khusus membahas Windows.

Baca Juga: OS Terbaru Android 10 Go Dapat Sinkron dengan Peralatan Kantor, Ini 10 Fitur Unggulannya!


Sampai saat ini versi terbaru dari Windows sudah mencapai Windows 10 sedangkan Mac OS sudah mencapai Catalina. Baru-baru ini Windows memperkenalkan versi terbaru dari sistem operasinya, yaitu Windows 10X ditujukan untuk memaksimalkan produktivitas dengan menggunakan perangkat terbarunya foldable device, Microsoft Surface Neo.

Dilihat secara sepintas, bentuk fisik dari Microsoft Surface Neo ini sangat futuristik dengan desain layar tanpa bingkai yang dapat dilipat menjadi dua. Perangkat ini menggunakan sistem operasi khusus Windows 10X yang sedikit berbeda tampilannya dengan Windows 10 pada umumnya seperti integrasi dua layar, optimasi program Win32 (32 bit), penghilangan fitur Live Tiles pada Start Menu, penyesuaian visual dengan layar ganda.

Perbedaan tersebut harus menjadi pertimbangan bagi perusahaan memilih peralatan kantor sebelum mengadaptasi teknologi seperti Microsoft Surface Neo menjadi peralatan kantor yang menggunakan Windows 10X, karena dibutuhkan penyesuaian dan pembelajaran ulang user interface.

1. Integrasi Dua Layar

Berbeda dengan laptop tradisional yang menggunakan Windows 10, Windows 10X mengoptimalkan area layar yang lebih luas, contohnya pada layar ganda Microsoft Surface Neo. Pemindahan tab dan pengelolaan halaman aplikasi menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. Contoh penggunaan ideal layar ganda adalah seperti menggunakan salah satu layar sebagai halaman tulis dan layar satunya sebagai sumber referensi, sehingga penulis tidak perlu menutup halaman kerja untuk mencari sumber referensi.

Baca Juga: Aktivasi Dark Mode Android 10 Bisa Diterapkan di Laptop?


2. Optimasi Program Win32

Program yang dirancang dengan basis Win32 (32-bit) dapat dijalankan secara khusus dan menghemat sumber daya performa perangkat. Selain itu, memuat program Win32 pada alokasi khusus membuat perangkat lebih aman, karena program tidak akan mempengaruhi berkas sistem perangkat. 

3. Live Tiles pada Start Menu

Fitur yang dikenalkan pada Windows 10 ini awalnya dianggap sebagai inovasi yang canggih, dimana halaman menu menampilkan informasi yang selalu diperbarui dan menyajikan informasi di depan mata. Ternyata fitur ini memakan sebagian besar performa perangkat dan justru memberatkan, mengakibatkan banyak pengguna mematikan fitur ini. Kabar baik, karena Microsoft mendengar keluhan ini dan menghapus Live Tiles pada Start Menu membuat tampilan lebih sederhana, ringan, dan tidak memakan performa perangkat.

4. User Interface pada Layar Ganda

Untuk memaksimalkan fungsi dari layar ganda, Microsoft menyematkan banyak fitur tambahan yang terbilang baru dan belum pernah ada pada Windows 10. Beberapa fitur tersebut seperti Wunderbar, yang mirip dengan fitur Touchbar pada Macbook namun lebih besar dan multifungsi. Menarik halaman aplikasi ke tengah layar untuk melebarkan tampilan, menu bar di bawah yang otomatis menghilang saat mode tablet, dan masih banyak lagi.

Tidak ada yang salah jika pengguna tidak menggunakan atau bahkan tidak mengetahui fitur-fitur terbaru dari Windows 10X ini, namun dikarenakan Windows 10X dan Microsoft Surface Neo X adalah perangkat baru maka adaptasi ke teknologi yang baru merupakan sesuatu yang perlu dilakukan. Fitur-fitur inovasi ini yang akan membentuk bagaimana Kamu sebagai pengguna mengoperasikan dan bahkan mengubah cara kerjamu.

Baca Juga: 10 Antivirus Gratis yang Bisa Kamu Andalkan


Bagaimana? Tertarik untuk mengadaptasi Windows 10X ke perusahaanmu? Atau bahkan tertarik menggunakan Microsoft Surface Neo menjadi peralatan kantor utama? Perangkat apapun yang Kamu butuhkan, bisa dengan mudah didapat dan dicari lewat belanja online, seperti di AxiQoe.com, platform e-commerce yang menyediakan berbagai perlengkapan dan peralatan kantor seperti printer, scanner, PC, notebook, IT peripherals, kamera, dan gadget.

What's your reaction?

Leave a reply