8 Tips Untuk Manajemen Waktu Bekerja yang Lebih Efektif

8 Tips Untuk Manajemen Waktu Bekerja yang Lebih Efektif

Dalam setiap harinya, pasti Kamu melakukan banyak hal. Selain pekerjaan, ada banyak hal lain yang harus Kamu lakukan. Tetapi, tidak jarang Kamu lebih banyak menghabiskan waktu di kantor dan mengerjakan banyak hal. Tidak jarang juga Kamu sering kebingungan untuk mengatur waktu. Sehingga waktu yang Kamu gunakan terkadang menjadi tidak efektif.

Ada beberapa orang mengatakan waktu 24 jam saja tidak cukup untuk bekerja. Bisa jadi, hal ini dikarenakan manajemen waktu yang kurang baik atau tidak efektif. Akan tetapi, memanage waktu agar semua pekerjaan berjalan dengan baik dan teratur bukan menjadi hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Untuk membuat waktu menjadi lebih efektif, Kamu perlu melajukan beberapa hal. Kamu harus mengerti juga kira-kira apa yang Kamu butuhkan untuk mendukung pekerjaan. Misalnya, ada beberapa barang kebutuhan kantor yang bisa membantu mempercepat pekerjaan dan mempermudah pekerjaan. Nah, Kamu bisa mulai memikirkan itu ya.

Baca Juga: Fakta-fakta Pekerjaan Staf Administrasi

Berikut ini merupakan 8 tips agar Kamu bisa mengatur waktu menjadi lebih efektif:

1. Mulai secara Perlahan

Meskipun tidak mudah untuk dilakukan, tetapi mengatur waktu harus Kamu siapkan. Terutama jika Kamu sangat jarang melakukannya, Kamu perlu melakukan persiapan waktu. Dengan mengatur waktu, Kamu menjadi terbantu untuk melakukan pekerjaan. Aturlah waktu dengan perlahan. Mulailah dari hal kecil hingga ke prioritas yang terbesar. 

2. Fokus pada Pekerjaan

Setelah melakukan pengaturan waktu, Kamu harus bisa fokus terhadap apa yang Kamu lakukan. Jika Kamu harus mengerjakan dokumen, kerjakanlah bagian Kamu dengan fokus. Hindari hal-hal yang bisa membuat pikiran atau konsentrasi Kamu terbagi dengan lainnya. Dengan melakukan hal ini, Kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres dari Pekerjaan yang Padat

3. Buat Pekerjaan Rapi dan Terorganisir

Saat melakukan sesuatu, usahakan selalu menyelesaikannya dengan baik dan rapi. Bereskan semua hal dengan teratur supaya pekerjaan lainnya tidak menumpuk. Jika Kamu melakukan ini, tentunya Kamu tidak akan membuang banyak waktu saat akan memulai sebuah pekerjaan lagi. Kembalikan peralatan kantor sesuai di tempat semula sehingga mudah untuk Kamu menemukannya lagi.


4. Tidak Terus Terpaku pada Daftar Tugas

Memang perlu dan penting membuat daftar tugas. Sehingga, Kamu bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan setelah satu pekerjaan selesai. Tetapi, jangan jadikan daftar tugas tersebut sebagai acuan untuk terus bekerja. Sesekali sempatkan diri untuk mengambil jeda dan mengistirahatkan mata. 

5. Tentukan Waktu Penyelesaian Pekerjaan

Dalam satu hari, biasanya Kamu harus menyelesaikan beberapa pekerjaan. Setelah membuat daftar pekerjaan dan menentukan apa saja yang harus dikerjakan lebih dulu, penting juga untuk menentukan waktu penyelesaiannya. Dengan menentukan waktu penyelesaian pekerjaan, Kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan satu pekerjaan. Tenggat waktu yang ada memacu Kamu untuk memaksimalkan waktu yang tersedia. 

6. Beri Jeda pada Setiap Pekerjaan

Selain mengerjakan pekerjaan dengan tepat waktu, Kamu juga perlu mengerjakan pekerjaan dengan teratur dan tidak terburu-buru. Setelah selesai mengerjakan sesuatu, Kamu perlu beristirahat sejenak agar tidak bosan. Adanya jeda membuat Kamu semakin semangat mengerjakan pekerjaan lainnya.

Baca Juga: Optimalkan Penggunaan Smart TV di Kantormu

7. Komitmen Tinggi dalam Melakukan Sesuatu

Komitmen tinggi sangat diperlukan oleh Kamu yang mudah terganggu dengan hal lain. Dengan adanya komitmen, Kamu menjadi termotivasi untuk mengerjakan pekerjaan tepat pada waktunya. Memiliki komitmen kuat membantu juga supaya Kamu tetap fokus. 

8. Kerjakan Tugas yang Berkaitan

Meskipun Kamu memiliki banyak pekerjaan, terkadang ada beberapa tugas yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Apabila ada pekerjaan yang memiliki keterkaitan, Kamu bisa menyelesaikannya sekaligus. Selain menghemat waktu, Kamu juga bisa menghemat tenaga.

Beberapa pekerjaan membutuhkan waktu khusus dalam proses pengerjaannya. Tetapi, peralatan kerja yang memadai juga dibutuhkan supaya bisa mendukung proses pekerjaanmu. Kamu tidak perlu pusing untuk mendapatkan atau memenuhi kebutuhan kantor.

Baca Juga: Perbedaan Windows 10 vs 10X, Mana yang Paling Bagus untuk Karyawan?

Kini ada banyak cara untuk bisa melengkapi kebutuhan kantor Kamu. Dengan mengakses AxiQoe.com, kebutuhan kantor bisa Kamu dapatkan dengan lengkap dan terpercaya. Kebutuhan kantor yang lengkap bisa membantu Kamu mewujudkan keefektifan dalam bekerja.

What's your reaction?

Leave a reply