Aplikasi yang Buat Performa Android Menurun

Aplikasi yang Buat Performa Android Menurun

Agar performa smartphone Kamu tidak menurun, Kamu perlu memperhatikan aplikasi apa saja yang digunakan. Pasalnya, memperhatikan bagaimana Kamu menggunakan smartphone tidaklah cukup untuk mempertahankan performa Android Kamu. Setiap aplikasi dalam smartphone Kamu pastinya akan memberikan efek yang berbeda terhadap daya tahan baterai, juga kecepatan smartphone.

Efek tersebut disebabkan oleh desain aplikasi atau frekuensi aplikasi tersebut digunakan. Makanya, untuk menjaga performa Android Kamu lebih baik, penting hukumnya untuk memilah aplikasi untuk diunduh. Alangkah lebih baik apabila Kamu menghapus aplikasi yang tidak digunakan.

Lantas, aplikasi apakah yang bisa membuat performa Android Kamu menurun?

1. Aplikasi Media Sosial

Kerap dijumpai pengguna smartphone yang kaya akan media sosial. Biasanya mereka menggunakan lebih dari satu aplikasi media sosial. Padahal, aplikasi seperti ini memakan banyak ruang di memori internal, sehingga membuat baterai smartphone cepat habis. 

Maka dari itu, alangkah baiknya apabila aplikasi media sosial dihapus dari smartphone Kamu. Pengguna setia Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa mengakses akun media sosial dengan menggunakan browser. Metode ini akan membantu Kamu untuk menghemat kapasitas memori dan baterai, dibandingkan dengan mengakses akun media sosial menggunakan aplikasi.

Baca Juga: Baterai iPhonemu Cepat Habis? Begini Mencegahnya!


2. Aplikasi Cuaca

Di musim hujan, banyak pengguna smartphone yang mengunduh aplikasi cuaca atau memasang widget cuaca di layar smartphone, guna mengetahui perkiraan hujan pada hari itu. Rupanya, update perkiraan hujan yang ditampilkan secara berkala memakan daya tahan baterai, lebih banyak dari yang Kamu kira. Daripada menggunakan aplikasi tambahan atau memasang widget, ada baiknya Kamu menggunakan fitur Google Now untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai informasi cuaca.

3. Aplikasi Antivirus 

Banyak pengguna Android yang merasa bahwa perangkatnya rentan terserang virus, sehingga mereka pun mengunduh aplikasi antivirus dan pelindung keamanan Android. Namun, banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa aplikasi seperti ini dapat menguras RAM dan memakan daya tahan baterai secara cukup besar. Guna menghadapi permasalahan ini, lebih baik pengguna mengunduh aplikasi melalui Google Play Store yang memberikan jaminan keamanan dan bebas dari virus. 

4. Aplikasi ‘Pembersih'

Banyak pengguna Android berpikir bahwa membersihkan data sisa yang menggerogoti kapasitas memori di smartphone merupakan solusi untuk menjaga performa Android tetap baik. Untuk itu, para pengguna mengunduh aplikasi ‘pembersih’. Nyatanya, aplikasi ‘pembersih’ semacam itu juga dapat menyisakan `sampah’, serta menghabiskan daya baterai. Membersihkan data sisa di smartphone bukanlah hal yang buruk untuk dilakukan. Namun, kamu perlu untuk mengubah metodenya. Kamu bisa menggunakan metode ‘Clear Cache’ yang bisa diakses melalui Settings. 

Baca Juga: Wujudkan Mimpimu Punya Huawei Mate 20 Pro Via AXIQoe!


5. Aplikasi Browser Bawaan

Umumnya, aplikasi browser bawaan Android menggerogoti kuota data internet yang cukup besar. Akan lebih baik bagi pengguna untuk uninstall aplikasi browser bawaan tersebut dan mengunduh aplikasi browser lainnya, seperti UC Browser, yang memiliki fitur untuk meminimalisir penggunaan data internet pengguna.

6. Aplikasi Hemat RAM

Banyak pengguna yang disarankan untuk menggunakan aplikasi yang bisa menghemat RAM. Padahal aplikasi yang katanya menghemat RAM ini justru menutup proses kerja aplikasi-aplikasi lain. Lantas, proses penutupan secara paksa bisa menyebabkan permasalahan lainnya yaitu berbagai background app justru harus memulai kembali prosesnya.

Perusahaan zaman sekarang sering memberikan smartphone kepada pegawainya sebagai alat tulis kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pastikan Kamu telah uninstall aplikasi yang tidak digunakan dalam smartphone tersebut, guna menjaga performa alat tulis kantor tersebut. 

AXIQoe.com merupakan salah satu situs penyedia alat tulis kantor online terlengkap dan terpercaya yang dapat diakses oleh semua orang dengan mudah. AXIQoe.com menjual berbagai macam perlengkapan kantor seperti barang elektronik, peralatan kantor, furnitur, alat tulis kantor, serta makanan dan minuman bagi para pegawai dan tamu perusahaan. Dengan menggunakan AXIQoe.com, Kamu bisa memperoleh alat tulis kantor yang berkualitas.

What's your reaction?

Leave a reply