Layar Laptop Tiba-Tiba Berwarna Biru? Begini Mengatasinya!

Layar Laptop Tiba-Tiba Berwarna Biru? Begini Mengatasinya!

Penggunaan komputer sebagai senjata utama produktivitas karyawan sudah menjadi keharusan perlengkapan kantor yang tidak bisa diganti. Tidak hanya Kamu yang bekerja keras, mesin komputer yang Kamu gunakan juga bekerja keras kapanpun digunakan. Pentingnya peran komputer dalam dunia kerja tersebut membuat Kamu wajib menjaga kondisi komputermu agar selalu lancar, stabil, dan tidak bermasalah.

Namun apa yang terjadi jika komputermu bermasalah? Bagaimana kalau komputermu terjangkit virus atau dokumen penting menjadi corrupt dan tidak bisa dibuka? Bagaimana jika bahkan blue screen sehingga komputermu tidak bisa digunakan sama sekali? Tenang saja, tinggal baca artikel berikut ini agar tidak panik dan Kamu tenang mengatasi produk berikut.

1. Konsultasikan dengan Pakar IT

Salah satu cara termudah dan solusi yang pasti adalah konsultasikan dengan pakar IT perlengkapan kantor dan sampaikan informasi sebanyak mungkin mengenai apa yang terjadi, apa yang sedang Kamu lakukan, dan apa perubahan yang Kamu lakukan sebelum masalah terjadi. Dengan demikian, Kamu akan sangat membantu orang tersebut menganalisa dan mendiagnosa masalah yang ada sehingga masalah bisa terselesaikan secepat mungkin.

Cara ini menjadi rekomendasi nomor satu sebagaimana pakar IT dapat menyelesaikan masalah dengan bersih dan memastikan masalah tidak muncul kembali. Selain itu mengambil tindakan sendiri tanpa pengetahuan yang cukup dapat beresiko mempengaruhi sistem komputer lainnya, bahkan memperparah masalah yang ada. Beberapa saran di bawah ini dipastikan tidak beresiko memperparah masalah dan dalam batas aman tindakan pribadi.


2. Lakukan Scan dengan Antivirus

Infeksi virus bisa menjadi salah satu alasan penyebab penyakit blue screen ini. Hal ini disebabkan adanya file asing yang dianggap sebagai “virus” yang tidak dikenal oleh sistem operasi sehingga komputer tidak dapat beroperasi dengan semestinya. Bisa saja komputermu terjangkit virus setelah bertransfer dokumen dengan perlengkapan kantor lainnya dan komputer lainnya dalam satu kantor. Melakukan scan komputer secara menyeluruh dapat mendeteksi keberadaan file asing tersebut dan membuangnya dari sistem operasi komputer. Hampir seluruh jenis antivirus dapat digunakan karena fungsi ini sendiri cukup mendasar, jadi Kamu tidak perlu khawatir antivirus merk apa yang digunakan untuk scan.


3. Cek Windows Update

Kadang masalah tersebut bisa dikarenakan sistem operasi itu sendiri, bisa dari pembaruan rutin yang bermasalah, file tambahan yang kurang sempurna, dan masih banyak alasan lainnya. Provider Windows akan menyadari masalah tersebut dan segera meluncurkan pembaruan atau update tambahan untuk memperbaiki masalah, Kamu tinggal cek Settings > Update & Security Setting


4. Install Ulang Windows

Cara ini termasuk yang paling rumit dan beresiko dibanding lainnya, salah satu resikonya adalah file dari komputermu bisa hilang semua. Sebelum mempraktikkan cara itu, pastikan Kamu sudah menyimpan salinan seluruh dokumen penting, selain itu tidak ada resiko lain yang membahayakan saat Kamu salah melakukan install ulang.

Dengan demikian meskipun Kamu tidak bisa menggunakan komputermu sendiri, Kamu bisa bekerja menggunakan perlengkapan kantor lain yang tersedia. Solusi ini diberikan meskipun memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi, karena kesalahan pada solusi ini dapat diperbaiki dengan mudah dan tanpa resiko tinggi. Langkah-langkah install ulang Windows banyak terdapat di berbagai artikel, website, dan video YouTube. Pastikan Kamu mengikuti langkah yang tertera dengan sistematis dan teliti, namun jangan khawatir jika Kamu melakukan kesalahan karena Kamu bisa mengulang kembali prosedur install ulang tanpa ada batasan.

Jika 4 langkah di atas sudah Kamu lakukan dan masih belum mengatasi masalah blue screen, langkah terbaik adalah konsultasikan ke pakar IT di tempat Kamu bekerja atau tempat service terpercaya untuk melakukan perbaikan. Selalu persiapkan diri apabila komputer tidak bisa dibenarkan sama sekali dan Kamu perlu membeli komputer baru. Untungnya dengan banyak e-commerce yang marak di Indonesia, Kamu bisa mencari barang apapun dengan mudah dan cepat. AXIQoe.com adalah satu e-commerce tujuan terbaikmu untuk mencari berbagai kebutuhan dan perlengkapan kantor seperti Electronic (printer dan consumables, scanner, PC, notebook, IT peripherals, kamera, dan gadget), Office Supplies (alat tulis kantor dan ketas), dan Office Equipment (projector, mesin penghancur kertas).

What's your reaction?

Leave a reply