4 Cara Menjaga Pasword Komputer Tidak Mudah Dibobol

4 Cara Menjaga Pasword Komputer Tidak Mudah Dibobol

Menurut arti secara harfiah, password merupakan sebuah kumpulan karakter yang digunakan oleh pengguna jaringan sebuah sistem, yang mendukung banyak pengguna untuk memverifikasi identitas dirinya pada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tertentu. Password sendiri biasanya melekat pada komputer ataupun peralatan kantor lainnya seperti jaringan wifi dan semacamnya.

Berbagai peralatan kantor seperti komputer atau laptop menjadi sebuah media yang sangat rentan disusupi oleh peretas dan disanalah password berfungsi sebagai pintu masuk dari akses tersebut.

Karena berperan sebagai pintu masuk dari berbagai peralatan kantor, Kamu perlu memastikan untuk menjaga password Kamu tetap aman dan tidak mudah dibobol atau diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab seperti hacker. Untuk mengatasinya, yuk simak tips berikut.

Baca Juga: Lenovo Yoga Andalkan Smart Assist untuk Tingkatkan Keamanan


1. Ubah Password Default

Ketika Kamu mendapatkan sebuah peralatan kantor yang baru seperti komputer, Kamu biasanya akan diberikan sebuah password default dari staf IT di perusahaan. Password default tersebut biasanya merupakan kode sandi yang ringkih dan sangat umum sehingga mudah sekali untuk dibobol oleh orang yang tidak dikenal.

Untuk itu, Kamu harus segera mengubah password tersebut menjadi sebuah kombinasi huruf dan angka yang rumit agar peralatan kantor kamu tetap aman. Kamu juga harus mengingat password tersebut ya.

2. Gunakan Kombinasi Huruf Angka

Seperti yang sempat disinggung di atas, Kamu perlu mengganti password pada peralatan kantor kamu dengan kombinasi huruf dan angka. Kombinasi ini merupakan sebuah kombinasi yang sulit ditebak dan menyebabkan kemungkinan peretasan menjadi semakin kecil. Dengan begitu Kamu bisa lebih aman dan tidak perlu khawatir akan dibobolnya Password Kamu. 

3. Jangan Sembarangan Menghubungkan ke Jaringan Wifi Publik

Tren bekerja mobile memungkinkan Kamu untuk bekerja di luar ruangan kantor, salah satunya di Cafe. Biasanya, banyak terdapat jaringan internet gratis yang ada pada tempat tersebut. Akan tetapi, Kamu tidak bisa sembarangan untuk mengkoneksikan peralatan kantor Kamu seperti laptop dengan wifi publik tersebut.

Hal ini dikarenakan para hacker bisa saja meremote laptop Kamu dari jarak jauh yang tentu saja bisa merugikan Kamu dan perusahaan. Apalagi jika pada laptop tersebut terdapat banyak data perusahaan. Para peretas biasanya bisa mengetahui password dari personal komputer kita dengan mendeteksi sentuhan pada keyboard.

Baca Juga: Berikan Keamanan Lebih, Whatsapp Kenalkan Fitur Fingerprint


Mengakses wifi publik yang tidak dikenal memang cukup membahayakan. Pasalnya, Kamu bisa saja mengakses wifi palsu. Jika perangkat terkoneksi dengan wifi palsu, maka semua aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya akan dapat dilihat oleh peretas. Tak jarang, mereka melakukan kegiatannya dengan menyediakan wifi palsu di ruang-ruang publik. Itu berarti, perjalanan seluruh trafik ditransfer dan aktivitasnya dapat dilacak secara teknis, sehingga data pribadi pengguna sangat rentan disalahgunakan.


4. Gunakan Password Manager

Tips selanjutnya agar password Kamu tidak dibobol adalah dengan menggunakan Password Manager. ini merupakan aplikasi pihak ketiga yang akan membantu kamu dalam membuat kata sandi atau password yang unik dan kuat untuk beberapa akun di personal komputer Kamu. Password manager bertujuan untuk menyimpan informasi login akun Kamu di setiap website yang Kamu akses dan memudahkan Kamu untuk login kembali ke dalam website tersebut secara otomatis.

Nah, jadi bagaimana? sudah mengerti kan cara menjaga agar password kamu tidak mudah dibobol oleh para hacker, dengan begitu peralatan kantor Kamu jadi aman, dan sebagai rekomendasi membeli peralatan kantor Kamu yang aman dan berkualitas hanya melalui AXIQoe.com.

Baca Juga: Simak 10 Antivirus Gratis yang Bisa Kamu Andalkan

What's your reaction?

Leave a reply