Mengatasi Lupa Password Gmail Tanpa Buat Akun Baru

Mengatasi Lupa Password Gmail Tanpa Buat Akun Baru

Email menjadi salah satu fitur yang paling banyak digunakan di dunia kerja. Dan email buatan Google, Gmail, mendominasi akun surat elektronik di kalangan profesional. Biasanya, Gmail sudah terinstall otomatis di laptop murah sekalipun.

Maka dari itu, akan menjadi hal yang menjengkelkan jika akun gmail pada laptop murah tidak bisa dibuka karena lupa kata sandi alias password. 

Meski begitu, bukan berarti akun Gmail tidak bisa dibuka kembali jika kamu lupa password-nya. Menariknya, cara reset password Gmail tanpa harus membuat akun baru bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini.

Baca Juga: Cara Menjaga Password Komputer Tidak Mudah Dibobol


Pulihkan Akun dengan Password Lama

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka kembali akun gmail akibat lupa password adalah dengan menggunakan password lama. 

Tingkat keberhasilan cara ini sangat tinggi, selama kamu mampu mengingat password yang pernah kamu gunakan. Jika ingat salah satu saja, maka cara mengatasi lupa password gmail ini bisa digunakan. Langkah ini bisa kamu lakukan meski perangkat yang kamu punya termasuk laptop murah.


Reset Password dengan Pertanyaan Keamanan

Pertanyaan keamanan pada gmail ada untuk memastikan pemilik akun tersebut. Jumlah pertanyaannya tergantung dari ketepatan kamu dalam memberikan jawaban. Seandainya jawaban yang diberikan benar, maka akun gmail akan kembali bisa diakses.

Sebagai tambahan, disarankan untuk menggunakan laptop murah ketika mencoba cara ini karena akan mengurangi kesalahan kamu saat mengetik jawabannya.

Verifikasi Pakai Nomor HP

Jika dua pilihan sebelumnya tidak dapat Anda lakukan, kamu dapat melakukan reset password Gmail melalui nomor telepon pemulihan. Seperti namanya, tentu saja untuk cara ini memerlukan nomor telepon yang sebelumnya telah kamu tambahkan sendiri di akun Gmail.

1. Akses tautan berikut ini: https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in

2. Masukkan alamat email kamu dan klik tombol Berikutnya.

3. Pada halaman selanjutnya, jika diminta untuk memasukkan password yang pernah Anda gunakan silakan klik link Coba pertanyaan yang lain sampai tampil halaman verifikasi melalui ponsel.

4. Masukkan nomor ponsel kamu dengan lengkap kemudian klik tombol Kirim SMS.

5. Cek SMS yang masuk ke nomor tersebut, kemudian masukkan kode yang diterima pada kolom isian verifikasi kode. Klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan.

6. Selanjutnya, kamu akan melihat halaman untuk mengubah password Gmail. Masukkan password baru Anda sebanyak dua kali, kemudian klik tombol Ubah sandi. Selamat! Pada langkah ini proses mengubah password Gmail telah selesai.

Baca Juga: Lenovo Yoga Andalkan Smart Assist untuk Tigkatkan Kemanan 


Pakai Alamat Email Pemulihan

Pemulihan keamanan yang dapat kamu coba ketika lupa password Gmail adalah melalui alamat email pemulihan. Cara ini biasanya banyak digunakan ketika kamu lupa password gmail dan nomor HP sudah tidak aktif.

Syaratnya, kamu harus pernah menambahkan alamat email lain di akun Google milik kamu dan memiliki akses ke akun email pemulihan tersebut. Artinya, kamu tidak perlu lagi memaksa laptop murah untuk membuat gmail yang baru.

Pakai Aplikasi Tambahan

Jika keempat cara tersebut masih belum ampuh untuk membuka password gmail kamu, masih ada cara terakhir. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi kode verifikasi, jika kamu sudah melakukan pengaturan pada aplikasi seperti Google Authenticator atau Authy. Kedua aplikasi tersebut bisa diunduh dari laptop murah yang kamu miliki.

Berbicara soal laptop murah, kamu bisa mendapatkannya di AXIQoe.com. Pasalnya, ecommerce terkemuka ini menyediakan beragam pilihan laptop terbaik di kelasnya dengan harga yang relatif terjangkau. Selamat mencoba!


What's your reaction?

Leave a reply