Laptopmu Lemot? Temukan Penyebabnya

Laptopmu Lemot? Temukan Penyebabnya

Untuk bagi sebagian orang, laptop telah bertransformasi sebagai barang primer. Misalnya bagi pelajar tingkat perguruan tinggi atau karyawan, setiap harinya mereka pasti berkutat dengan laptop. Ya, dengan kecanggihan teknologi informasi saat kini, laptop bisa digunakan untuk berbagai hal.

Namun, jika laptop yang dipakai saat ini sering lambat atau lemot, tentunya bisa menghambat pekerjaan kan? Laptop lemot tidak hanya disebabkan pemakaian yang terlalu lama atau terlalu sering. Bisa jadi di dalam sistemnya memang terdapat masalah. Untuk memperbaikinya, Kmau tidak perlu melulu datang ke tempat service. Beberapa penyebab masalah leptop lemot bisa kok diselesaikan sendiri.

Baca Juga: Layar Laptop Tiba-tiba Berwarna Biru? Begini Mengatasinya


Nah, berikut ini merupakan beberapa penyebab laptop lemot yang paling sering terjadi:

1. Storage Penuh

Faktor utama penyebab laptop lemot adalah storage yang terdapat pada laptop penuh. Ini disebabkan oleh banyak file dan software yang ada di laptop. 

File seperti foto ataupun video biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan file dokumen. Software edit foto atau video, game dan lainnya memiliki ukuran besar sehingga sanggup menguras kapasitas storage dan menghambat kinerja laptop.

2. Kapasitas Storage Kecil

Kapasitas storage kecil seperti RAM dan HDD atau SSD juga bisa menghambat performa laptop. Apalagi jika kapasitas storage kecil diisi oleh banyak file dan software. 

3. Usia Storage yang Usang

Selain penuh, usia HDD atau SSD yang sudah lama juga sering membuat laptop lemot. HDD atau SSD memiliki batas usia dalam penggunaan. Jika batas usianya sudah habis, tentunya mempengaruhi performa storage tersebut sehingga mempengaruhi kinerja laptop pula.

4. Terlalu Banyak Tab

Para karyawan biasanya sering membuka banyak tab pada browser mereka ketika browsing internet dalam menyelesaikan pekerjaan. Membuka banyak tab pada browser jelas menghambat performa laptop. 

Sebab hal ini cukup menguras kapasitas RAM. Terlebih lagi jika situs yang dibuka memiliki fitur auto-refresh.

5. Terinfeksi Virus

Virus tak hanya menghambat performa laptop saja bahkan bisa merusak laptop. Apalagi jenis virus saat ini semakin banyak dengan tingkat serangan yang semakin ganas. Biasanya virus ini menjangkiti laptop dari saat browsing internet ataupun mentransfer file dari flashdisk dan smartphone.

Baca Juga: Rekomendasi Windows 10 Vs 10X, Mana yang Paling Bagus Dipakai Karyawan?


6. Jarang Update OS dan Bersihkan Laptop

Jarang update sistem operasi (OS) bagi pengguna laptop berbasis Windows atau macOS jelas bisa menghambat performa laptop. Biasanya update OS menghadirkan beragam fitur baru yang dapat mempercepat performa laptop. 

Selain itu, jarang membersihkan laptop juga mempengaruhi performa laptop. Seharusnya laptop harus rutin dibersihkan seperti cache dan history yang menempel pada browser. 

Tak hanya itu file dan software yang sudah rusak juga harus dibersihkan. Karena jika dibiarkan file rusak ataupun cache tersebut dapat menjadi virus yang tak hanya menghambat performa saja bahkan merusak laptop.

Setelah kamu mengetahui penyebab laptop lemot, pastinya tidak akan sulit untuk mengatasinya. Beli Laptop Murah tidak melulu menjadi solusi untuk mengatasi laptop yang lemot. Kecuali jika Kamu tidak bisa mengatasi laptop lemot, Kamu bisa Beli Laptop Murah. 

Untuk mengatasi laptop lemot, Kamu bisa mencoba beberapa tips berikut. Yuk simak ulasannya.

1. Backup Data Penting di Flashdisk atau Harddsik Eksternal

Untuk menghindari HDD atau SSD laptop penuh, sebaiknya simpan semua file di flashdisk atau harddsik eksternal. Apalagi file yang berukuran besar seperti video dan foto dengan jumlah yang banyak jika disimpan di laptop dengan jumlah yang banyak tentunya bisa menghambat kinerja laptop.

Jika Kamu sudah terlanjur save semua file di laptop, sebaiknya backup semua file di flashdisk atau harddsik eksternal. Backup file di flashdisk atau harddsik juga bertujuan untuk melindungi file jika suatu saat laptop mengalami kerusakan. 

Baca Juga: Teknologi Transfer Data Terbaik di Ponsel


2. Hapus File yang Rusak

Selain itu kamu juga harus cek apakah file yang tersimpan masih bisa digunakan atau sudah rusak secara rutin. Bila sudah rusak, hapuslah segera file tersebut. Karena jika disimpan terlalu lama, file rusak (corrupt) tersebut bisa menjadi virus yang dapat merusak laptop.


3. Uninstall Software yang Tidak Diperlukan

Terlalu banyak software yang dipasang di laptop jelas mempengaruhi performa laptop. Banyaknya software yang dipasang bisa menguras kapasitas RAM dan storage. Sebaiknya Kamu pilih software yang tidak Kamu gunakan. Selanjutnya uninstall software tersebut.

4. Install dan Update Antivirus

Untuk mencegah virus menjangkiti laptop, sebaiknya install software antivirus. Apalagi saat ini hadir beragam software antivirus yang menawarkan beragam fitur menarik seperti Avast, AVG, Avira, Windows Defender, Kaspersky dan banyak lagi. Bagi Kamu pengguna laptop berbasis Windows, kamu bisa mengandalkan software antivirus bawaan Windows yakni Windows Defender.

Setelah install antivirus, sebaiknya update antivirus secara rutin. Update antivirus sangat diperlukan untuk menangkal serangan virus yang terus berevolusi. Selanjutnya scan laptop Kamu secara berkala.

Baca Juga: Antivirus Gratis yan Bisa Kamu Andalkan


5. Update OS Rutin

Bagi Kamu pengguna laptop berbasis Windows atau macOS, sebaiknya update sistem operasi Windows secara rutin. Setiap ada update, biasanya muncul notifikasi pada laptop. Kamu bisa langsung update jika muncul notifikasi tersebut.

Bagi pengguna Windows, Kamu juga dapat menonaktifkan atau mengaktifkan auto update OS. Biasanya update OS menghadirkan beragam fitur baru yang dapat mempercepat performa laptop. 

6. Gunakan Software PC Optimizer

Untuk meningkatkan performa laptop, Kamu bisa menginstall software PC Optimizer. Misalnya CCleaner, Advanced System Optimizer, AVG PC TuneUp dan sebagainya. Biasanya software PC Optimizer tersebut bisa membersihkan file ataupun cache yang menempel sehingga mampu meningkatkan performa laptop.

7. Upgrade RAM dan Storage

Jika kapasitas RAM dan storage laptop kamu kecil, maka Kamu bisa melakukan upgrade. Sebelum upgrade pastikan kapasitas maksimum dan jenis RAM dan storage yang Kamu gunakan support dengan laptop Kamu. 

Cek jenis RAM yang digunakan pada laptop kamu seperti DDR3, DDR3L atau RAM DDR4 dan lihat jumlah minimum kapasitas upgrade RAM. Begitupun dengan jenis storage yang kamu gunakan seperti SSD atau HDD.

Cek juga usia HDD atau SSD yang Kamu gunakan. Jika umurnya sudah tua sebaiknya Kamu ganti dengan HDD atau SSD baru. Karena usia storage jelas mempengaruhi performa laptop

Pastikan pula laptop kamu upgradeable sehingga memudahkan Kamu untuk mengganti atau menambahkan RAM. Jika laptop kamu tidak bisa di upgrade, Kamu bisa Beli Laptop Murah agar memudahkan Kamu dalam upgrade komponen. Apalagi saat ini beredar laptop yang mudah di upgrade dengan harga terjangkau. 

8. Gunakan Cooling Pad

Panas berlebih juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Jika laptop Kamu tidak memiliki sistem pendingin, Kamu bisa menggunakan Cooling Pad atau kipas tambahan. 

Cooling Pad ini mampu menstabilkan suhu laptop agar tidak terlalu panas. Kalau kamu merasa Cooling Pad tidak bisa membantu menjaga suhu laptop Kamu, Kamu bisa Beli Laptop Murah yang sudah didukung sistem pendingin.  

Baca Juga: Cara Menjaga Password Komputer Tidak Mudah Dibobol


9. Install Ulang Windows

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan install ulang bagi pengguna laptop berbasis Windows ataupun macOS. Terutama jika Kamu memiliki laptop yang memiliki usia yang sudah tua, install ulang adalah salah satu cara terbaik. 

Sebab usia laptop mempengaruhi performa laptop baik dari segi hardware dan software. Jika laptop kamu sudah usang, kamu bisa Beli Laptop Murah.

Bagi pengguna Windows, Kamu bisa menggunakan sistem operasi yang Kamu gunakan sebelumnya ataupun upgrade sistem operasi. Sebelum install ulang, pastikan semua data kamu sudah di backup.

Semoga tips tersebut bisa mengatasi laptop lemot sehingga Kamu bisa bekerja optimal. Apabila semua tips tersebut sudah Kamu coba, namun tidak berhasil, Kamu Beli Laptop Murah. 

Terlebih lagi di pasaran saat ini beredar laptop dengan spesifikasi tinggi namun harganya terjangkau. Kamu bisa Beli Laptop Murah di AXIQoe.com dalam kategori Computer and Gadgets.

Sumber : Berbagai Sumber

What's your reaction?

Leave a reply