Jenis-Jenis Layar Laptop dan Solusi Setiap Kerusakannya

Jenis-Jenis Layar Laptop dan Solusi Setiap Kerusakannya

Jenis-Jenis Layar Laptop

1. LCD

Salah satu jenis layar yang paling umum digunakan, tidak hanya pada laptop, tapi juga banyak perangkat lain seperti TV, smartphone, dan masih banyak lagi. Cara kerja dari LCD ini sesuai dengan namanya Liquid Crystal Display, mengandung cairan yang direaksikan dengan aliran listrik sehingga menghasilkan cahaya.

Layar dari LCD menggunakan konsumsi energi yang cukup besar, karena hal tersebut daya tahan baterai menjadi terdampak cukup besar dengan daya tahan baterai maksimal 2 jam. Pada zaman populernya teknologi ini, hampir semua laptop menggunakan teknologi layar ini, dimulai dari laptop murah hingga laptop termahal sekalipun.


2. LED

Berbeda dengan LCD, LED atau singkatan dari Light Emitting Diode memiliki keunikan tersendiri yang membuat teknologi LED sangat populer diadaptasi hingga saat ini. Sesuai dengan namanya sendiri, LED menggunakan komponen individu dari dioda yang menghasilkan cahaya.

Rangkaian dari sejumlah dioda ini menghasilkan warna dan visual yang ditampilkan ke layar tersebut. Berkat sumber cahaya dari masing-masing dioda ini membuat layar LED sangat akurat dalam menghasilkan warna. Selain itu, efisiensi dari daya layar juga semakin meningkat, membuat daya tahan baterai perangkat menjadi lebih awet dibanding teknologi LCD.

Serupa dengan tren LCD, melihat tingginya keunggulan dari LED, hampir semua produsen laptop beralih menggunakan LED untuk teknologi layarnya, dimulai dari laptop murah hingga laptop termahal.


Baca Juga: Layar Laptop Tiba-Tiba Berwarna Biru? Beini Mengatasinya!



Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, teknologi layar semakin berkembang menjadi lebih efisien, lebih cerah, dan lebih jernih dalam menampilkan visual kepada pengguna. Meski demikian, tidak ada yang bisa mencegah bila ada kerusakan yang terjadi pada layar, baik laptop murah maupun laptop mahal.

Ada beberapa kerusakan layar yang umum terjadi, berikut beberapa jenis kerusakan yang bisa Kamu antisipasi sehingga Kamu bisa menentukan penyebab kerusakan dan langkah perbaikan apa yang bisa diambil setelahnya.

1. Layar Berkedip

Ada beberapa faktor yang menyebabkan gangguan layar pada satu ini, salah satu faktor utama adalah dimulai dari daya listrik yang tak stabil, sehingga komponen grafik laptop tidak dapat beroperasi dengan sewajarnya. Selain mengganggu tampilan, layar yang berkedip akan membuat mata tidak nyaman dan mengganggu kesehatan mata.

Tidak hanya tampilan yang terganggu, performa layar juga akan menurun seperti kecerahan yang rendah, respons layar yang tertunda, dan masih banyak lagi. Salah satu solusi termudah dari gangguan ini adalah mengganti unti kabel daya bawaan dengan kabel daya lainnya. Gangguan daya listrik bisa disebabkan dari kabel daya yang cacat.

Apabila cara tersebut masih belum memperbaiki kerusakan layar, maka penggantian komponen internal layar perlu digunakan. Gunakan jasa servis profesional untuk melakukan perbaikan, sebagaimana banyak komponen internal layar yang menyimpan daya tinggi dan dapat membahayakan pengguna jika melakukan perbaikan tanpa pengalaman yang mencukupi.

Gunakan jasa laptop profesional yang cukup ternama jika Kamu memiliki laptop yang cukup mahal, karena resiko kerusakan laptop oleh penyedia jasa servis masih bisa terjadi. Lain halnya jika laptop yang Kamu miliki termasuk laptop murah atau Kamu memang berencana untuk berganti laptop baru.


Baca Juga: Laptopmu Lemot? Temukan Penyebabnya!


2. Layar Terdistorsi

Gangguan yang kedua ini sedikit lebih sulit diidentifikasi dibanding gangguan yang kedua. Ada beberapa jenis distorsi yang bisa terjadi, dimulai dari robekan pada tampilan, graphic artifact, dan glitch seperti layar bersemut. Masalah ini bisa terjadi karena adanya gangguan sinyal yang masuk dari kartu grafis ke layar tampilan.

Berbeda dengan gangguan pertama, gangguan kedua ini bisa disebabkan dari jalur sinyal visual yang terganggu ataupun komponen grafis yang bermasalah sehingga tidak menampilkan informasi visual yang seharusnya.

Ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk membenarkan masalah ini, dimulai dari aspek perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software). Perangkat keras bisa dimulai dari kabel yang menghubungkan mesin ke layar, lubang koneksi kabel, komponen grafis komputer, hingga layar laptop tersebut. Serupa dengan saran di atas, gunakan jasa profesional untuk mengganti komponen internal dikarenakan dapat membahayakan pengguna jika tidak melakukannya dengan pengalaman yang mencukupi dan memadai.

Berbeda dari hardware, perbaikan software bisa dilakukan dengan melakukan pembaruan driver dari komponen grafis laptop Kamu. Semudah mendatangi halaman website produsen laptop dan cari tipe yang sesuai dengan tipe driver yang ingin diunduh. Lakukan restart setelah melakukan instalasi driver grafis.

Pastikan masalah sudah teratasi, sebelum melakukan perbaikan perangkat keras. Laptop tua paling rentan dengan masalah ini dikarenakan driver mereka yang sudah lama tidak diperbarui. Jika Kamu punya laptop yang termasuk cukup lama di atas 5 tahun, pertimbangkan untuk memperbarui driver laptop, baik laptop murah maupun mahal akan berpotensi mengalami gangguan yang sama.

Baca Juga: Mengenal Laptop Touch Screen Terbaik yang Bakal Hits di 2020


Demikian beberapa jenis layar laptop dan masalah yang umum dialami. Semoga dari tips di atas Kamu bisa menjaga keawetan perangkat yang Kamu gunakan. Untuk segala kebutuhan elektronik dan lain-lain bisa Kamu temukan di AXIQoe.com.

AXIQoe.com adalah B2B & B2G e-commerce terdepan yang menawarkan perlengkapan dan kebutuhan kantor. Temukan berbagai merek kertas, alat tulis kantor, elektronik, komputer, dan printer original dengan kualitas terbaik.

What's your reaction?

Leave a reply