HP Kemasukan Air? Perhatikan 6 Hal Ini

HP Kemasukan Air? Perhatikan 6 Hal Ini

Smartphone atau lebih dikenal sebutan handphone (HP) kini menjadi perangkat yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Perangkat ini memiliki beragam fungsi yang dapat memudahkan manusia di kehidupan sehari-hari.

Sayangnya musim hujan yang tidak menentu seperti ini bisa membuat HP rentan rusak. HP bisa lebih mudah kemasukan air seperti saat menaiki motor. Apalagi jIka banjir tiba-tiba datang menerjang, HP Kamu dapat rusak karena komponen di dalam akan menjadi karat.

Menariknya, masyarakat kita nampaknya memang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Biasanya saat HP mereka kemasukan air akan dimasukan ke dalam beras, bahkan bisa dimalamkan. Kamu salah satu yang pernah melakukannya?

Cara ini bagi kebanyakan orang memang berhasil. Namun, Kamu harus tetap mempehatikan beberapa hal ya!

1. Memasukkan HP ke Beras

Memasukkan HP ke dalam beras kerap dilakukan sebagai salah satu solusi praktis untuk mengeringkan perangkat. Meski demikian, hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena justru dapat membuat kerusakan. Di dalam beras, terdapat banyak partikel debu yang berpotensi membuat HP rusak. Jadi, cara paling aman adalah  memasukkan HP ke dalam wadah kedap udara yang berisi silika gel.

2. Mengeringkan dengan Hair Dryer

Menggunakan pengering rambut adalah salah satu cara yang biasa digunakan. Namun perlu diketahui bahwa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan HP adalah cara yang fatal karena dapat merusak.

Saat pengering rambut diarahkan ke HP yang basah, maka air malah akan masuk lebih dalam. Hal itu akan sangat fatal bagi komponen-komponen smartphone.

3. Menggunakan Microwave

Memasukkan HP ke dalam microwave sangatlah dilarang karena dapat membuat perangkat tersebut meledak. Suhu di dalam microwave yang tinggi akan membuat sebuah HP membengkak hingga akhirnya meledak. Tentunya hal itu tidak Kamu inginkan bukan?

4. Menggoyang-goyangkan HP

Sudah menjadi reaksi natural manusia bahwa mereka akan menggoyang-goyangkan HP yang kemasukkan air. Hal itu justru akan mempercepat kerusakan. Ketika sebuah HP yang kemasukkan air digoyang-goyangkan, maka air yang berada di dalam justru akan bergerak lebih cepat. Air yang bergerak dapat mengenai berbagai komponen penting di dalam smartphone, seperti prosesor, RAM, dan storage.

5. Memasukkan ke Dalam Kulkas

Jika memasukkan HP ke dalam kulkas dianggap sebagai cara terbaik, maka Kamu salah besar. Memasukkan HP ke dalam kulkas akan membuat di dalam perangkat akan menjadi beku. Jika sudah mencair, maka air di dalam HP akan bergerak untuk merusak komponen-komponen penting. 

6. Membongkar HP Secara Sembarangan

Membongkar HP yang terkena air juga sebaiknya tidak dilakukan karena akan menghilangkan garansi. JIka segel komponen sudah terlepas maka garansi sebuah ponsel dianggap gugur. Hal itu tentu akan merugikan karena Kamu tidak bisa mengklaim lagi ke pusat servis yang resmi di kotamu.


Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan? Hal paling aman yang dapat Kamu lakukan adalah membawanya ke pusat servis resmi. Tak peduli apakah Kamu beli HP murah atau mahal, sebaiknya membawa perangkat yang rusak ke para teknisi yang sudah memiliki sertifikasi. 

Di pusat servis resmi, Kamu dapat berkonsultasi dengan para teknisi yang sudah berpengalaman. Selain itu, Kamu juga dapat menghitung estimasi biaya perbaikan secara tepat. Jadi jika Kamu tidak membawa uang yang cukup, Kamu dapat melakukan negosiasi ke pihak pusat servis. Lebih aman bukan?

Nah, jika memang HP Kamu tetap tidak bisa menyala juga, tidak perlu khawatir sekarang Kamu bisa beli HP murah hinga HP koleksi terbaru secara online di AXIQoe.com yang menyediakan berbagai tipe HP murah yang mempermudah dan membantu pekerjaan Kamu yang sekarang syarat menggunakan alat komunikasi. Beli HP murah memang tetap menjadi prioritas karyawan kantoran khususnya marketing untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

What's your reaction?

Leave a reply