Ini Dia Nih, 3 Cara Merawat Peralatan Kantor Kamu!

Ini Dia Nih, 3 Cara Merawat Peralatan Kantor Kamu!

Office Equipment atau peralatan kantor memang sangat diperlukan dalam bekerja. Biasanya di setiap perusahaan menyediakan peralatan kantor seperti printer, scanner, mesin fotocopy dan peralatan lainnya guna mendukung produktifitas para karyawan. Bahkan di pasaran, saat ini hadir mesin fotocopy, scanner, printer dalam satu perangkat sehingga lebih simpel. Sudah selayaknya perusahaan memperhatikan jumlah dan kualitas dari office equipment tersebut. Namun, sebagai karyawan Anda harus merawat dan menggunakan peralatan kantor tersebut dengan baik.

Jika tidak dirawat dan digunakan dengan baik, maka office equipment tersebut akan cepat rusak dan tidak bertahan lama. Printer dan mesin fotocopy merupakan peralatan kantor yang harus mendapatkan perawatan extra. Sering sekali karyawan melakukan kesalahan dalam menggunakan printer. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara merawat dan menggunakan printer dan fotocopy dengan baik guna meminimalisir kesalahan.

Berikut cara merawat peralatan kantor seperti dilansir Btohio.com.

1. Pelajari Cara Mengoperasikan Printer Dengan Baik

Ketika membeli mesin printer, biasanya disertakan buku petunjuk cara penggunaannya. Jika Anda belum mengetahui cara penggunaan printer, ada baiknya baca buku petunjuk tersebut. Misalnya, cara menghidupkan dan mematikan printer dengan benar, instalasi dan pemasangan printer, memasang kertas, mengganti toner dengan benar dan lainnya. Ini akan membantu agar printer tetap berjalan dengan lancar dan meminimalisir kesalahan saat menggunakan mesin printer. Selain itu, Anda bisa meminta bantuan kepada teknisi atau bagian IT di kantor Anda dalam menggunakan printer tersebut. Apabila terjadi permasalahan pada printer tersebut, segera hubungi toko resmi atau tempat reparasi printer.

2. Gunakan kertas berkualitas

Dalam penggunaan mesin printer, kertas menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan. Kertas yang berkualitas tinggi dapat menghasilkan hasil cetakan yang bagus. Selain hasil cetakan yang bagus, kertas berkualitas tinggi juga dapat membuat printer lebih awet. Untuk itu, pilihlah kualitas kertas yang baik. Kebanyakan orang menggunakan kertas berkualitas rendah bahkan buruk sehingga dapat membuat printer Anda tidak berumur panjang. Karena kertas berkualitas rendah harganya lebih murah dibandingkan kertas berkualitas tinggi. Lebih baik Anda mengeluarkan biaya sedikit mahal untuk membeli kertas berkualitas tinggi daripada Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya kerusakan printer.

3. Pastikan printer dan mesin fotocopy tetap bersih

Debu yang menumpuk dan sidik jari yang kotor sering mempengaruhi kinerja printer maupun mesin fotocopy Anda. Oleh karena itu, pastikan printer multifungsi Anda tetap bersih dari debu dan kotoran tersebut. Berikut tips menjaga kebersihan printer multifungsi maupun mesin fotocopy.

  • Jangan sentuh kaca fotokopi dengan jari.
  • Bersihkan semua komponen printer multifungsi dengan kain berserat halus.
  • Jauhkan makanan dan minuman dari printer.
  • Pastikan lingkungan di sekitar printer tetap bersih.

Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam merawat office equipment sehingga lebih awet. Semoga berhasil. Beragam pilihan printer multifungsi dan kertas berkualitas serta peralatan kantor lainnya dapat Anda peroleh di AXIQoe.com. AXIQoe.com menawarkan berbagai pilihan printer dengan spesifikasi, fungsi, fitur dan harga menarik. AXIQoe.com menghadirkan beragam produk printer dengan harga bersahabat, mulai dari kisaran harga Rp 1,4 juta seperti Fuji Xerox Mono Multi Function Printer

Docuprint M115 w dan produk printer lainnya. Untuk kertas berkualitas, dapat Anda dapatkan di AXIQoe.com pada kategori Office Suplies>Paper.

What's your reaction?

Leave a reply