Printer Terawat Dompet Selamat

Printer Terawat Dompet Selamat

Punya mesin printer yang lama tidak dipakai? Coba cek deh, jangan-jangan sudah eror dan tidak bisa digunakan. Jika Kmau berpikir printer akan lebih awet kalau jarang dipakai, itu salah banget lho! Karena  komponen di dalam mesin printer cukup rentan rusak jika tidak diperiksa secara berkala. Ini adalah salah satu cara perawatan yang paling mudah, disamping langkah-langkah lainnya.    


1. Gunakan Printer Secara Teratur

Layaknya sepeda motor yang harus ‘dipanaskan, begitu juga halnya dengan printer. Walaupun tidak ada keperluan menyetak, paling tidak Anda harus menyalakan printer dan test printer dengan menyetak selembar kertas. Lakukan hal ini secara berkala agar aliran tinta selalu terjaga.

2. Rutin Dibersihkan

Minimal satu minggu sekali, bersihkan printer dari debu dengan menggunakan kain kering. Bila memang jarang digunakan, tutup atau bungkus printer setiap habis dibersihkan, agar meminimalisir kontak dengan debu atau kotoran.

3. Ganti Tinta Printer Sebelum Habis

Periksa apakah tinta printer masih banyak, karena jika tersisa sedikit harus segera siapkan gantinya. Saat mengganti catridge, jangan sentuh bagian elektrik-nya dengan jari. Bersihkan menggunakan tisu halus. Cara ini akan membuat catridge menjadi lebih awet dan tahan lama.

4. Matikan Printer Saat Tidak Digunakan

Jangan biarkan dalam posisi ‘stand by’ tanpa digunakan, dalam waktu lama. Selalu matikan dengan cara yang benar yaitu menekan tombol on/off. Secara otomatis printer akan melakukan pembersihan permukaan head sebelum perangkat ini off. Melepas kabel power dari soketnya pun bisa membantu menghemat tagihan listrikmu.  

5. Nge-print Menggunakan Kertas Bersih  

Dalam mencetak teks ataupun gambar gunakan kertas yang bersih dari debu. Karena kertas A4 yang berdebu bisa membuat roll yang berfungsi untuk menarik kertas menjadi kotor sehingga lama kelamaan menjadi aus.

6. Manfaatkan Fitur Clean Head

Membersihkan printer juga bisa dengan menggunakan Clean Head pada printer properties secara berkala, cara ini untuk tetap menjaga tinta keluar dengan lancar.


Perawatan sederhana semacam ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya service. Nah kalau Anda ingin yang jauh lebih praktis lagi, gunakan saja PrinterQoe untuk kebutuhan cetak dokumen. Tidak perlu punya mesin print sendiri karena Anda cukup mengupload dokumen lalu cetak di merchant-merchant yang tersebar di kawasan Jakarta dan sekitarnya.






What's your reaction?

Leave a reply