Ternyata, Ini 8 Rahasia Android Marshmallow Yang Harus Kamu Ketahui.

Ternyata, Ini 8 Rahasia Android Marshmallow Yang Harus Kamu Ketahui.

Meskipun Android Marshmallow 6.0 bukan OS terbaru, namun kebanyakan orang masih menggunakan  sitem operasi tersebut. Sebagian orang lagi sudah menggunakan sistem operasi terbaru dari Google yakni Android 7.0 Nougat. Anda salah satu pengguna Android Marshmallow ? Ini dikarenakan Marshmallow memiliki fitur menarik yang digemari oleh para penggunanya. Namun, tahukah Anda bahwa Android Marsmallow memiliki fitur rahasia ? Berikut 8 fitur rahasia dari Android Marsmallow yang wajib Anda ketahui :

1. Tombol Power untuk meluncukan kamera

Selain berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan, tombol power pada smartphone Android Marshmallow juga dapat berfungsi sebagai kamera. Anda dapat menggunakan tombol power untuk mengaktifkan dan menonaktifkan smartphone Anda sekaligus mengambil gambar melalui kamera. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol Power sebanyak dua kali maka, kamera akan secara otomatis aktif dan siap digunakan.

2. Akses Google Now on Tap Secara Cepat Dengan Tombol Home

Google Now on Tap adalah salah satu fitur unggulan di Android 6.0 Marshmallow. Fitur ini memanfaatkan alogaritma Google untuk menampilkan informasi yang terkait dengan apa yang ada di screen smartphone Anda. Untuk bisa mengakses Google on Tap secara cepat, cukup tekan dan tahan tombol Home pada screen smartphone Anda.

3. Mencari Aplikasi Dengan Cepat Melalui Tombol App Drawer

Anda bisa memanfaatkan tombol App drawer untuk mencari aplikasi yang Anda inginkan secara cepat. Jika biasanya Anda tap pada App drawer dan menccari di tiap screen, kini Anda hanya perlu tap dan tahan icon aplikasi tersebut. Selanjutnya muncul kolom pencarian, kemudian ketik aplikasi yang Anda inginkan.

4. UI Tuner

Fitur UI Tuner secara default disembunyikan di Android Marshmallow. Walaupun demikian, Anda dapat dengan mudah mengaktifkannya. Dengan mengaktifkan UI Tuner, Anda akan bisa melakukan beberapa hal menarik, termasuk melakukan custom pada Quick Settings Menu. Cara mengaktifkan UI Tuner cukup mudah :

  1. Pertama-tama, swipe ke bawah dari screen bagian atas pada menu Quick Settings.
  2. Lalu tekan dan tahan ikon Settings yang ada di pojok-kanan atas.
  3. Setelah beberapa detik, angkat jari Anda maka akan terlihat sebuah popup di bagian bawah yangmenyatakan bahwa System UI Tuner telah ditambahkan ke Settings.

5. Translate

Android 6.0 hadir dengan sejumlah fitur untuk menyeleksi teks yang telah ditingkatkan dari versi sebelumnya. Bukan sekedar fungsi Cut,Copy dan Paste, Anda bahkan bisa mengirim kata atau frasa yang Anda highlight ke aplikasi lain.

Contohnya, Anda bisa highlight kata asing yang Anda temukan di sebuah artikel untuk langsung dikirim ke aplikasi Google Translate. Atau, ketika menemukan frasa atau nama tertentu, Anda bisa langsung mengirimkannya ke aplikasi Wikipedia untuk menemukan maksudnya. Fitur ini hanya bisa berjalan setelah Anda menginstall aplikasi Google Traslate ataupun Wikipedia di smartphone Anda. Sayangnya, saat ini Android Marshmallow hanya support pada dua aplikasi Google Translate dan Wikipedia.

6. App Links

Pernahkah Anda dikirimkan link Facebook oleh teman bahkan keluarga Anda? link yang Anda klik akan membuka di web browser secara default tidak secara otomatis. Sebaiknya, jika link tersebut bisa dibuka di aplikasi Facebook secara otomatis. Untuk bisa melakukannya, Android Marshmallow memiliki fitur terbaru bernama App Links. Cara bukanya, klik Settings > Apps > tekan icon cog wheel di pojok kanan atas untuk memunculkan menu App Links. Setelah itu, Anda bisa mengatur apa yang harus ponsel lakukan ketika Anda klik sebuah link.

7. Setting aplikasi default

Melalui Android 6.0 Marshmallow, Anda akan semakin mudah mengatur berbagai aplikasi sebagai default. Anda bisa memilih satu browser sebagai default pencarian web dari beberapa web browser yang terinstall di smartphone Anda. Hal serupa juga berlaku pada aplikasi phone atau text yang ingin Anda jadikan default app. Untuk mengaktifkan default app, silakan buka Settings > Apps > tekan icon cog wheel di pojok kanan atas untuk mengakses setting sub menu.

8. Mengakses file browser tersembunyi

Android Marshmallow dilengkapi sebuah file browser dasar yang fungsinya sangat terbatas. Meski begitu Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan sederhana. Untuk mengaktifkan file browser tersebut, cukup buka Settings > Storage > scroll ke bawah hingga menemukan opsi Explore. Opsi inilah yang akan memungkinkan Anda browsing ke file system smartphone Anda.

Itulah tadi 8 fitur tersembunyi dari Android Marshmallow yang patut Anda coba. Semoga berhasil.

What's your reaction?

Leave a reply