Mau Beli Keyboard Komputer? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

Mau Beli Keyboard Komputer? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

Membeli keyboard komputer mungkin tidak begitu penting sehingga diremehkan bagi beberapa orang. Namun, jika kamu salah dalam membeli keyboard komputer, kamu dapat menyesal mengingat pentingnya peranan keyboard dalam aktivitas komputer kamu sehari-hari. Salah pilih keyboard komputer akan menghambat pekerjaan kita, tentunya kita tidak mau itu terjadi bukan.

Kali ini, AXIQoe akan membahas tips dalam memilih keyboard komputer yang tepat untuk kamu seperti dilansir oleh PCMag:


1. Konektivitas yang tepat

Dalam memilih keyboard, pastikan ketersediaan pilihan koneksi port keyboard yang kamu punya. Biasanya, keyboard konvensional membutuhkan port PS/2 berwarna ungu. Tetapi saat ini, banyak keyboard yang tersedia dengan port USB, baik yang dengan kabel maupun tanpa kabel/nirkabel. Kamu harus memastikan memiliki satu slot USB yang kosong untuk bisa dipasangi keyboard tipe ini.


2. Memilih tipe keyboard yang sesuai dengan fungsi

Keyboard yang beredar saat ini memiliki 3 tipe utama, yaitu silicon dome, tombol scissor, dan tombol mekanikal. Silicon dome memiliki harga yang lebih murah,  dengan menempatkan dua lapisan silikon sehingga seperti ada rasa pantulan karet ketika menekan tombol. Keyboard tipe ini sesuai untuk kamu yang memiliki dana terbatas dan tidak membutuhkan keyboard dalam jangka waktu lama.

Sementara apabila kamu suka mengetik, gunakanlah tipe tombol scissor. Tipe ini menggunakan sebuah penyeimbang mekanik untuk menciptakan tekanan tombol yang nyaman dan seimbang di segala sisi.

Sedangkan, keyboard mekanikal biasanya menggunakan pegas dibalik masing-masing tombol. Hal ini yang membuat awet keyboard hingga puluhan juta ketikan. Cocok untuk kamu yang suka bermain game.


3. Perhatikan bentuk, fitur, dan desain keyboard kamu

Tidak semua keyboard diciptakan sama. Ada yang formatnya QWERTY, ada juga yang menggunakan DVORAK. Pilih yang cocok dengan kebiasaan mengetik kamu. Jika kamu sering mengakses tombol angka, maka keberadaan NUM pad merupakan keharusan. Apabila kamu memiliki dana lebih, fitur anti air atau tombol-tombol lainnya dapat ditambahkan. Untuk desain, penting untuk mencari keyboard yang bisa menunjang kesehatan tangan kamu sehingga terhindar dari nyeri di pergelangan tangan. Beberapa produsen keyboard menambahkan wrist pad, untuk tempat menaruh pergelangan tangan ketika mengetik


4. Standar VS Gaming

Pastikan kamu tidak membeli keyboard gaming apabila ingin menggunakannya untuk mengetik. Hal ini akan membuat kegiatan mengetik sangat tidak nyaman karena keyboard gaming di desain dengan memberikan ruang antar tombol agar sang pemain tak salah ketik saat bermain. Selain itu, beberapa tombol seperti W, A, S, D dan tombol panah juga diberikan bantalan dan warna khusus mengingat tombol ini yang sering digunakan untuk bermain game.


https://www.axiqoe.com/search?q=keyboard+komputer


Itulah tadi beberapa tips dalam mencari keyboard komputer yang tepat agar kamu tidak salah pilih. Berbagai jenis keyboard komputer tersedia di AXIQoe.com pada pilihan Electronic>ComputerAccessories. AXIQoe.com siap membantu kamu untuk mendapatkan keyboard komputer yang pas dengan kebutuhan kamu

What's your reaction?

Leave a reply