Ini Dia! Tips untuk Menghemat Kuota Internet HP Android Kamu

Ini Dia! Tips untuk Menghemat Kuota Internet HP Android Kamu

Zaman sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa dilupakan semua orang dan mungkin juga termasuk kamu. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, jaringan internet memang membuat orang-orang tertarik untuk menggunakannya. Seperti untuk mengerjakan tugas sekolah/kuliah, menggunakan jejaring sosial, hingga membuka toko online, itu semua memerlukan koneksi jaringan internet.

Dan untuk memanfaatkan jaringan internet tersebut, tentu kamu memerlukan adanya kuota internet. Dengan tercukupnya kuota internet di HP Android kamu membuat koneksi internetnya berjalan lancar. Namun sebaliknya, jika kuota internet kamu habis, sejumlah pilihan untuk berkomunikasi pun terputus dan berbagai kelebihan internet yang disebutkan diatas tadi tidak akan bisa dinikmati lagi.

Kehabisan kuota internet memang menjadi hal yang menyebalkan. Kali ini AXIQoe akan memberikan beberapa tips untuk menghemat kuota internet kamu:

1.      Menggunakan Wi-Fi

Wi-Fi sudah menjadi hal yang sangat umum digunakan oleh masyarakat. Bahkan hampir di setiap rumah dan tempat-tempat umum sudah memiliki fasilitas tersebut. Menggunakan fasilitas Wi-Fi terbilang mudah karena kamu cukup mengaktifkan mode Wi-Fi yang ada di HP Androind kamu, dan kamu akan terbebas dari penggunaan kuota internet.

 

2.      Non-aktifkan Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Cara lain untuk menghemat kuota adalah dengan menon-aktifkan akun-akun yang memiliki opsi sinkronisasi yang tidak kamu pakai secara berkala/sering. Caranya adalah masuk ke menu Setting > Accounts > Pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Ini akan menghemat kuota internet kamu karena aplikasi tersebut tidak langsung terhubung ke internet.

 

3.      Batasi Penggunaan Data di Background

Ketika kamu merasa kuota internet kamu sangat boros dan sangat cepat habis, salah satu caranya adalah dengan mengentikan penggunaan data di background dengan cara Settings > Data Usage > Tap Tiga Garis Vertikal di Kanan Atas > Restrict Background Data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat berjalan di background, namun kelemahannya adalah notifikasi kamu akan terlambat muncul.

 

4.      Atur Opsi Update Aplikasi Hanya Ketika Terhubung dengan Wi-Fi

Ketika kamu mengunduh aplikasi di Google Play Store, maka aplikasi tersebut biasanya akan meng-update sendiri secara otomatis, dan terkadang memakan kuota internet yang besar. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa aktifkan opsi Wi-Fi only dengan cara Settings > Auto-update Apss > Auto Update Apps over Wi-Fi only. Dengan cara ini, aplikasi akan melakukan update hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi saja.

 

5.      Menggunakan Fitur Offline Mode

Sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur Offline Mode. Fitur ini dapat memungkinkan kamu untuk mengakses aplikasi walau dalam keadaan tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Dan apabila memungkinkan, unduh dan simpanlah konten secara lokal di perangkat Android kamu. Fitur Offline Mode biasa terdapat di Spotify, Google Maps, dan Youtube Offline.

 

6.      Memanfaatkan Fitur Airplane Mode

Bila kamu berada dalam kondisi yang tidak perlu menggunakan HP khususnya kuota internet, atau bahkan ketika ingin tidur kamu bisa menggunakan fitur Airplane Mode ini. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menghemat kuota internet, dan juga  menghemat baterai HP kamu agar tidak cepat habis.

Itulah tadi beberapa cara untuk menghemat penggunaan kuota internet HP Android kamu. Apabila kamu ingin membeli Wi-Fi router, maka kamu bisa mendapatkannya di AXIQoe.com pada kategori Electronic > Accesories > Computer Accesories

What's your reaction?

Leave a reply