Cerita Hangat Asian Games 2018, Kobarkan Semangat Persatuan

Cerita Hangat Asian Games 2018, Kobarkan Semangat Persatuan

Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang telah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta pada tanggal 18 Agustus 2018. Kali ini AXIQoe.com akan membahas momen menarik yang terjadi pada Asian Games, mulai dari pembukaannya yang spektakuler dan banyak mendapat pujian dari luar maupun dalam negeri sampai dengan solidaritas para suporter Indonesia terhadap kontingen dari Palestina. Dengan slogan "Energy of Asia", Asian Games kali ini betul-betul seperti memberikan energi baru bagi para pesertanya terutama kepada negara-negara yang selama ini terkenal dengan konfliknya di dunia Internasional. Mungkin terlalu dini untuk memberikan penilaian, tetapi Indonesia sebagai tuan rumah telah dianggap berhasil oleh banyak pihak dengan menjadikan Asian Games ini sebagai ajang persatuan bagi negara-negara di Asia dan sangat membuktikan bahwa olahraga merupakan alat pemersatu yang paling ampuh bagi semua permasalahan yang terjadi, Asian Games 2018 seolah-olah membuat kita terlupa dari berbagai ketegangan politik yang terjadi baik di negara kita sendiri maupun yang terjadi di negara peserta.


Pada Asian Games kali ini kita bisa melihat di mana perwakilan dari Korea Selatan maupun Korea Utara datang dengan membawa semangat persatuan dan harapan untuk dapat bersatu yang tinggi. Mereka diperkenalkan dengan menggunakan bendera yang bergambarkan daratan Korea dan tidak menggunakan bendera masing-masing. Para atlet saling bergandengan tangan dan tidak hanya itu saja, Perdana Menteri Korea Selatan dan Deputi Perdana Menteri Korea Utara juga berdiri dan bergandengan tangan sebagai tanda kedua negara memiliki semangat untuk bersatu. Pada Asian Games kali ini, kedua negara tersebut akan bertanding dalam 1 tim pada 3 cabang yaitu basket putri, perahu naga, dan dayung.


Selain Korea dengan semangat persatuannya, ada juga Suriah dan Palestina yang sangat bersusah payah untuk mengikuti Asian Games. Suriah merupakan negara yang sejak tahun 2011 mengalami konflik yang tidak berkesudahan. Meskipun dengan segala kondisi dan krisis yang ada, Suriah tetap berusaha untuk ambil bagian dalam kontes olahraga Internasional dan tetap mau menunjukan eksistensinya. Namun,tidak dapat dipungkiri hal ini dapat diwujudkan karena kedekatan antara Indonesia dengan Suriah, sehingga Suriah mau untuk mengambil bagian dalam pesta olahraga di Indonesia. Palestina juga merupakan negara yang berusaha keras untuk dapat tampil di Asian Games di tengah konflik yang terjadi di Gaza. Tekanan militer yang terjadi membuat banyak atlet tidak dapat berlaga di Asian Games, bahkan ada juga atlet yang tertembak dan akhirnya gagal untuk memperkuat negaramereka. Kenyataannya, Palestina dengan segala keterbatasannya mampu menunjukkan prestasi. Sekalipun sejauh ini belum mendapatkan medali yang berarti, tetapi keikutsertaan Palestina dalam berbagai cabang olahraga mebuat negara lain menjadi was-was dan merasa Palestina sebagai lawan yang cukup diperhitungkan. Kedekatan Indonesia dengan Palestina juga menjadi sorotan berbagai media. Rakyat Indonesia menyambut hangat Palestina dalam semua pertandingan, bahkan tidak segan untuk ikut memberikan semangat kepada para atlet Palestina yang bertanding. Kamu juga bisa melihat update para pemenang tiap cabang di instagram AXIQoe.com loh https://www.instagram.com/axiqoe/

Berbagai kejadian tadi merupakan bukti bagaimana slogan "Energy of Asia" benar-benar tercipta pada Asian Games tahun ini. Kobaran semangat persatuan dan solidaritas yang tinggi dikumandangkan dalam pesta olah raga empat tahunan yang mempertemukan berbagai individu lintas negara. Terbebas dari unsur politik dan segala perbedaan serta permasalahan yang terjadi, semua yang hadir disini berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi negaranya dengan menjunjung sportifitas yang tinggi dan menjadikan ajang ini sebagai cara untuk meningkatkan hubungan persahabatan antar negara se-Asia. Semangat atlet-atlet Asian Games, Semangat atlet Indonesia!

What's your reaction?

Leave a reply