3 Tips Selamatkan Data Saat Layar Smartphone Rusak. Yuk Dicoba!

3 Tips Selamatkan Data Saat Layar Smartphone Rusak. Yuk Dicoba!

       Layar smartphone yang pecah atau rusak merupakan salah satu kerusakan yang cukup membuat pusing terutama ketika layar smartphone sampai tak bisa lagi digunakan. Sebab biasanya pengguna tidak dapat lagi menggunakan smartphone seperti sediakala, sehingga akan sangat sulit mengoperasikan termasuk memindahkan data di dalamnya.         

        Jika kamu mengalaminya dan merasa panik karena berpikir semua data penting otomatis terhapus, maka cobalah tenang sejenak dan ikuti 3 tips menyelamatkan data saat layar smartphone sudah rusak berikut ini.


1.     Memindahkan data ke komputer

        Hal ini bisa kamu dilakukan apabila layar smartphone pecah tetapi masih bisa menyala. Cara ini akan sangat membantu terutama bagi kamu yang menggunakan PIN, password, atau pola untuk mengunci smartphone.

        Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menghubungkan USB OTG dengan mouse ke handphone menggunakan sebuah alat yang bernama konektor. Jika sudah terhubung, selanjutnya Kamu bisa membuka kata sandi di smartphone menggunakan mouse. Langkah terakhir adalah menghubungkan smartphone ke komputer atau PC untuk memindahkan semua data penting Kamu. Kamu juga bisa memanfaatkan card reader di komputer untuk memindahkan data lain yang mungkin masih tersimpan di microSD.


2.     Menggunakan Virtual Network Computing (VNC)

        Cara ini kamu lakukan apabila smartphone rusak total dan tidak bisa dinyalakan,. VNC merupakan sebuah program yang memindahkan antarmuka Android menuju komputer sehingga segala sesuatu bisa dikendalikan langsung dari layar desktop.  Ada banyak pilihan tersedia di Playstore, baik versi gratis maupun versi berbayar yang mengusung lebih banyak fitur hebat. Salah satunya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi AirDroid. 

        Namun, perlu diketahui bahwa ketika menggunakan VNC ini, kamu harus mengunduh dan memasang terlebih dahulu program ini ke komputer serta perangkat Android. Jika tidak ada, maka kamu tetap tidak akan dapat memindahkan data smartphone.


3.     Membawa smartphone ke tempat servis

        Jika kedua cara yang sebelumnya sudah tidak bisa lagi mengembalikan data di dalam smartphone, berarti kamu harus membawa smartphone kepada penjual yang dulunya menjadi tempat Kamu membeli smartphone. Kemungkinan kamu masih bisa mendapatkan data secara lebih utuh di perangkat yang rusak berat. Walaupun demikian, kamu harus ingat bahwa solusi terakhir ini tentu membutuhkan biaya. Namun dalam beberapa kondisi, Kamu masih bisa meminta bantuan penjual dengan memanfaatkan garansi yang masih berlaku.

        Selain itu, jika kamu menginginkan keamanan data yang lebih terjamin, kamu juga bisa membawa smartphone menuju tempat servis resmi. Opsi ini memang membutuhkan biaya yang lebih besar, tetapi semuanya akan terbayar dengan data berhasil diselamatkan dan layar ponsel bisa diperbaiki. Namun, sekali lagi, biaya masih bisa ditekan jika kartu garansi masih berlaku.

 

 

Nah, semoga 3 tips diatas bisa berguna bagi kamu yang ingin menyelamatkan data pada smartphone dengan layar yang rusak ya. Setelah itu kamu juga bisa mengganti smartphone kamu dengan membelinya di AXIQoe.com loh. Sebagai platform e-commerce terdepan, AXIQoe menyediakan berbagai pilihan smartphone terbaru yang dapat ditemukan di sini Electronic>Computer,Gadgets>Gadgets. Sebagai e-commerce B2B terdepan AXIQoe.com juga menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan kantor dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Selamat Berbelanja!

What's your reaction?

Leave a reply