Windows 10 Kamu Lemot? Ikuti 3 Cara Mudah Dongkrak Performanya

Windows 10 Kamu Lemot? Ikuti 3 Cara Mudah Dongkrak Performanya

Kamu merupakan pengguna Windows 10? Apakah kamu merasakan bahwa Windows 10 tersebut mengalami performa yang lambat alias lemot? Padahal kamu sedang terburu-buru dengan deadline pekerjaan. Jika jawabannya ya, tidak perlu panik karena hal ini dapat diatasi.
Melambatnya proses boot-up pada sistem operasi karya Microsoft ini karena sistem operasi itu sendiri memiliki ukuran file yang besar. Spesifikasi dan versi perangkat lama juga merupakan salah satu penyebab masalah yang kamu alami. Selain itu, hal lain yang juga bisa mempengaruhi melambatnya Windows 10 yaitu serangan malware yang berjalan pada proses start-up dan program yang terinstal di PC atau laptop juga dapat menjadi penyebabnya.


Untuk mengatasi ini, Anda dapat mengikuti 3 cara mudah berikut:
1. Buang Malware
Setelah memasang Windows 10, sebaiknya kamu melakukan scanning virus dan malware dengan menggunakan program anti virus yang ada, seperti Norton Security atau McAfee LiveSafe, maupun aplikasi anti-malware bawaan di dalam Windows 10. Untuk mengaksesnya, Anda hanya perlu mengetik Windows Defender di kolom pencarian, tekan Enter, dan pilih Scan Now. Windows Defender akan secara otomatis mencari malware dan menghapusnya jika ada. 
Hal ini untuk mencegah menjalarnya sebuah virus atau malware yang menginfeksi sistem yang dapat menjadikan laptop atau komputer Anda melambat. 

2. Memilih Program yang Dibutuhkan
Terlalu banyak program yang berjalan di background bisa menjadi alasan program menjadi lelet, padahal biasanya itu adalah program yang kamu jarang gunakan. Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah optimalisasi proses start-up dengan menjalankan program Task Manager. Caranya, tekan tombol Ctrl, Shift dan Esc secara bersamaan, kemudian pilih tab Startup. Pada tab tersebut, pilih beberapa program yang dirasa seperti membebani proses start-up laptop atau komputer kamu. Untuk 'mematikan' program atau layanan yang berjalan saat startup, klik kanan dan pilih "Disable." Cobalah mematikan beberapa program yang berindikator “high”, lalu restart komputer Anda untuk melihat hasilnya. 

3. Fitur FastStartup Bawaan
Cara mudah yang terakhir bisa Anda lakukan adalah menggunakan fitur bawaan Windows 10, yaitu FastStartup. Untuk dapat menggunakannya, pertama-tama Anda masuk ke Control Panel dan pilih Power Options. Setelah memasuki tampilan pengaturan Power Options, lihat pada panel sebelah kiri dan klik pada “Choose what the power button does.” Lalu pilih “Change settings that are currently unavailable” dan lihat ke sekitar bawah tulisan Shutdown Settings lalu beri ceklis pada opsi “Turn on fast startup (recommended)”.

Selamat mencoba tips diatas agar perangkat notebook atau komputer Anda yang sudah dipasang Windows 10 tetap bekerja secara optimal. Semoga berhasil!
Dan jangan lupa Anda juga bisa menemukan berbagai koleksi notebook, laptop, maupun komputer terlengkap sesuai kebutuhan Anda di AXIQoe.com dengan masuk ke kategori Electronic>Computer.Gadgets>Desktop&Notebook.

What's your reaction?

Leave a reply