Dari Hobi Jadi Dapat Untung?

Dari Hobi Jadi Dapat Untung?

Makan merupakan kebutuhan bagi setiap orang, namun tidak jarang banyak orang yang menjadikan makan sebagai hobi mereka. Trend memposting makanan pun menjadi marak di Indonesia, bahkan kebanyakan orang sebelum makan lebih dahulu untuk memfoto makanan yang akan dimakannya.  Saat ini hobi tersebut dapat dijadikan pekerjaan karena konten makanan banyak diminati oleh sebagian masyarakat. Pekerjaan seperti itu dikenal sebagai food blogger. Media yang sering digunakan oleh food blogger antara lain adalah instagram, twitter, facebook, blog, dan lain sebagainya. 

Food blogger merupakan influencer dan banyak restoran, kafe atau kedai yang sering menggunakan seorang food blogger sebagai salah satu alat untuk memperkenalkan atau memberikan efek persuasif agar dapat menarik pelanggan untuk membeli makanan yang dijualnya. Banyak restoran baru menggunakan jasa ini untuk memperkenalkan brand mereka.

Penasaran dengan pendapatan food blogger? Mereka tidak hanya membeli makanan dan memfoto begitu saja, justru mereka dapat mencicipi makanannya bahkan dibayar oleh pihak yang menyewa jasa mereka. Namun para food blogger tetap harus mempertahankan kualitas konten dan foto yang mereka ambilpun harus mampu menarik audiens.

Berikut AXIQoe.com akan memberikan beberapa tips untuk mendapatkan foto yang menarik:


1. Perhatikan Pencahayaan 

Saat mengambil foto, pencahayaan yang digunakan alangkah lebih baiknya dengan tidak menggunakan cahaya buatan seperti flash yang langsung mengarah pada makanan, karena dengan menggunakan flash, hasil foto makananmu tidak terlihat secara alami yang diakibatkan dari pantulan cahaya keras itu. Lebih baik jika kamu ingin menggunakan flash, arahkanlah flash ke media lainnya seperti dinding. Menggunakan cahaya alami adalah pilihan yang terbaik. Cukup mengatur angle foto dan menyesuaikan dengan cahaya tersebut.

2. Jangan hilangkan hidangan utamanya

Hidangan yang kamu makan merupakan objek utama pada foto itu. Apabila kamu ingin menambahkan objek lainnya, seperti minuman, handphone, ataupun accesories lainnya, jangan jadikan tambahan itu menjadi objek utama.

3. Kamera yang digunakan 

Kamera yang biasa digunakan untuk mempotret makanan biasanya adalah SLR atau Mirrorless. Hasil potret yang diambil akan menjadi lebih bagus dengan jenis kamera tersebut. Kamera mirrorless lebih sering digunakan karena lebih simpel dan mudah digunakan. Kamu cukup mempelajari beberapa trik dalam memotret dan cara mengambil angle foto yang bagus. 


Food blogger kini telah menjadi sebuah profesi yang diminati oleh kaum muda. Apabila kamu salah satunya, pastikan kamu memiliki kamera yang mumpuni untuk menciptakan foto makanan yang berkualitas. Berbagai jenis kamera dapat kamu temukan di sini loh dengan harga yang terjangkau. Selamat Mencoba!


What's your reaction?

Leave a reply