Mau Membeli Mobil Bekas? Baca Dulu Tipsnya!

Mau Membeli Mobil Bekas? Baca Dulu Tipsnya!

Semakin tingginya harga mobil baru membuat banyak orang beralih ke pasar mobil bekas. Namun, tidak sedikit juga orang-orang yang membeli mobil bekas dan kecewa dengan kondisi mobil setelah mereka gunakan dalam waktu singkat. Banyak hal yang menyebabkan hal tersebut untuk terjadi, mulai dari tidak jeli saat memilih, kurang mengerti tentang kondisi kendaraan yang baik sampai dengan dibohongi oleh penjual. Kali ini AXIQoe akan membahas hal-hal yang bisa kamu lakukan saat ingin membeli mobil bekas agar kamu merasa puas saat nanti memakainya.

1. Pilihlah penjual yang menjadi rekomendasi banyak orang
Ini adalah awal yang penting untuk kamu yang belum biasa membeli mobil bekas. Pemilihan penjual yang tepat akan memudahkan kamu untuk proses berikutnya saat ingin memulai pembelian, sekarang ini banyak penjual mobil yang sudah terpercaya sehingga dapat dipastikan mobil bekas yang dijual adalah mobil-mobil bekas yang berkualitas.

2. Cek kondisi mesin kendaraan
Mengecek kondisi mesin adalah hal yang paling penting karena jika tidak jeli, membeli mobil bekas akan menjadi hal yang nantinya hanyak akan mengeluarkan banyak uang karena harus mengeluarkan uang untuk perbaikan mobil tersebut. Biasanya hal yang di cek adalah apakah ada oli yang rembes ato menetes dari mesin kendaraan, lalu pengecekan lainnya seperti belt dan juga komponen pendukung lainnya.

3. Minta bantuan kepada orang yang mengerti mobil
Bagi kalian yang tidak mengerti tentang mobil ada baiknya meminta bantuan kepada orang yang kamu kenal dan pastinya lebih mengerti tentang mobil. Hal ini berguna untuk menghindarkan kita dari penjual-penjual mobil bekas yang nakal, jika ternyata tidak ada kamu bisa melakukan general check di bengkel resmi dan tentunya dengan izin dari penjual atau pemilik mobil sebelumnya. Dengan melakukan pengecekan di bengkel resmi kamu dapat mengetahui secara keseluruhan kondisi mobil tersebut dan perkiraan part-part apa saja yang nantinya harus diganti jika kamu jadi membeli mobil tersebut beserta dengan estimasi harganya sehingga kamu dapat memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan jika membeli mobil tersebut. Biaya yang dikeluarkan untuk pengecekan mobil di bengkel resmi ini tidaklah terlalu mahal, akan lebih baik kamu mengeluarkan sedikit uang dibandingkan dengan nantinya jika kamu membeli mobil yang sebenarnya sudah rusak dan pastinya mau tidak mau kamu akan mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memperbaikinya.

4. Cek kondisi kabin mobil
Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah kondisi kabin mobil, perhatikan apakah semua fitur atau perlengkapan di dalam mobil tersebut masih dapat berfungsi dengan semestinya, sebisa mungkin hindarilah mobil-mobil yang telah dimodifikasi pada bagian-bagian yang berhubungan dengan kelistrikan mobil  untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

5. Cek kelengkapan surat-surat kendaraan
Hal terakhir yang kamu harus perhatikan adalah kelengkapan surat-surat kendaraan mulai dari stnk, bpkb, dan juga faktur kendaraan untuk memastikan bahwa mobil itu dibeli secara resmi. Kamu bisa mengecek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan apakah sesuai atau tidak. Jika kamu kurang yakin juga kamu bis amelakukan cek fisik kendaraan ke samsat sehingga hasilnya lebih pasti.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan mobil bekas yang masih bagus. Selamat mencoba!

What's your reaction?

Leave a reply