Punya Kamera DSLR? Perhatikan 5 Cara Merawatnya dengan Benar Agar Tetap Awet

Punya Kamera DSLR? Perhatikan 5 Cara Merawatnya dengan Benar Agar Tetap Awet

Kamera DSLR merupakan salah satu jenis kamera yang banyak diminati para pecinta fotografi dibandingkan dengan jenis kamera lain karena mampu meghasilkan kualitas foto yang baik. Namun, memiliki kamera DSLR itu berarti Anda harus siap merawatnya dengan cara yang tepat untuk memperpanjang usia kamera.
Jika saat ini kamu adalah pengguna kamera DSLR dan tidak tahu cara merawatnya, berikut 5 cara merawat kamera DSLR yang dapat kamu coba.

1. Jauhkan Kamera dari Air dan Kelembapan
Sekalipun kamera DSLR yang kamu punya waterproof atau weather sealed, namun tetap usahakan untuk menjauhkannya dari air atau tempat yang kelembapannya tinggi.dengan udara yang mengandung sangat banyak uap air, karena kamera sangat sensitif terhadap air. Air yang masuk ke dalam kamera bisa merusak komponen internal kamera DSLR kamu. Begitu pula uap air dapat masuk ke bagian internal kamera dan menyebabkan berbagai kerusakan, tumbuhnya jamur di dalam kamera, dan membuat lensa berembun.


2. Jaga Kebersihan Lensa dan Body Kamera
Salah satu cara membersihkan lensa DSLR adalah menggunakan cleaning kit, tetapi kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Jangan meggunakan air biasa karena mungkin mengandung mineral yang bisa merusak lensa. Selain itu, jangan menyemprotkan langsung cairan pembersih ke permukaan lensa, tapi semprotkan cairan ke lap microfiber, lalu usapkan lap tersebut ke seluruh bagian lensa. Selalu pasang tutup lensa ketika lensa sedang tidak digunakan untuk melindungi lensa kamera kamu dari debu, sidik jari, maupun segala macam benturan.
Untuk body kamera, usahakan untuk membersihkannya dengan cairan pembersih. Aplikasikan cairan tersebut ke kain halus, lalu poles kain tersebut ke seluruh body kamera termasuk karet ring zoom dan ring fokus pada lensa kamera.


3. Gunakan Tas Khusus Kamera DSLR
Kalau kamu mau membawa kamera saat bepergian, gunakan tas khusus untuk kamera DSLR. Tas ini dilengkapi dengan bantalan empuk di dalamnya yang menjaga kamera dari segala jenis benturan agar tidak mudah rusak. Di dalam tas khusus ini juga tersedia ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger, filter, dan perlengkapan lain yang akan mendukung aktivitas fotografi Anda. Jangan memakai tas biasa atau tas ransel untuk membawa kamera, karena tas tersebut tidak dilengkapi dengan pelindung kamera.


4. Hindari Kamera Terkena Sinar Matahari Langsung
Kamera DSLR memiliki lapisan yang menjaga agar debu dan uap tidak bisa langsung masuk ke dalam kamera, tetapi apabila terkena matahari langsung, lapisan tersebut dapat rusak. Jika terus menerus terkena sinar UV, lapisan cat kamera juga akan mudah pudar dan warnanya tidak lagi mulus.
Karena itu, usahakan selalu membawa tas kamera untuk mendinginkan kamera kamu apabila melakukan pemotretan di outdoor, memasang UV filter pada lensa untuk menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet, serta memasang lens hood untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera dalam jangka panjang bisa mengurangi kepekaan sensor itu sendiri.


5. Rawat Baterai Kamera dengan Tepat
Baterai lithium-ion yang digunakan pada kamera Anda biasanya memiliki usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Apabila sudah melewati siklus 500 kali charging, umumnya daya baterai akan menurun dan Anda harus segera mengganti baterai tersebut. Cara lain untuk menjaga keawetan baterai adalah dengan jangan menyimpan kamera atau baterai di tempat yang panasnya melebihi 43oC, karena dapat menyebabkan kerusakan dalam internal baterai. Jangan lupa juga untuk tetap mengisi daya baterai apabila kamu sudah lama tidak menggunakannya.


Nah, itulah 5 cara merawat kamera DSLR yang benar agar tetap awet. Walaupun merawat kamera ini tergolong gampang-gampang susah, tapi ini merupakan suatu keharusan bagi Anda yang memiliki kamera DSLR. Kamu dapat menemukan beragam pilihan kamera DSLR di AXIQoe.com dengan harga menarik. Cukup kunjungi website AXIQoe dan masuk ke kategori Electronic>Computer,Gadgets>Camera.

What's your reaction?

Leave a reply