5 Tips Jitu Cegah Smartphone Mati saat Beraktivitas

5 Tips Jitu Cegah Smartphone Mati saat Beraktivitas

Pernahkah daya baterai smartphone Android atau iPhone kamu sudah kritis dan tidak ada tempat untuk mengisi daya baterai ?
Mungkin kamu pernah atau bisa saja akan mengalami kejadian ini suatu saat, di mana kamu tidak bisa menemukan stop kontak untuk mengisi baterai smartphone atau sedang di jalan sehingga smartphone perlahan akan 'mati'. Saat smartphone kamu sudah mati, pasti kamu akan panik karena tidak bisa melakukan aktivitas apapun lewat smartphone.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi hal tersebut, berikut 5 tips sederhana untuk mencegah smartphone kamu mati saat beraktivitas di luar:

1. Restart Perangkat

Salah satu alasan smartphone kamu mati pastilah karena digunakan terus menerus seharian. Namun, jika kamu melihat indikator baterai turun 5-10% hanya dalam hitungan menit, kemungkinan besar yang perlu dicurigai adalah ada aplikasi atau fungsi di smartphone yang menyedot habis daya baterai.
Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan hard reboot, yang dapat memaksa perangkat kamu menghentikan fungsinya dan merestart.
Untuk perangkat iOS, lalukan dengan menekan dan menahan tombol power dan tombol home hingga logo Apple muncul. Sedangkan untuk perangkat Android, ada beberapa cara untuk melakukan hard reboot, sebagian besar dengan menekan kombinasi tombol power dan volume down atau volume up

2. Matikan Aplikasi yang Mengkonsumsi Daya Baterai

Apabila daya baterai kamu masih bermasalah setelah hard reboot, sebaiknya kamu mencari tahu aplikasi apa yang menyedot baterai lebih besar dari seharusnya. 
Untuk perangkat Android, caranya tap Settings>Battery, gulir ke bawah dan lihat aplikasi apa saja yang mengonsumsi baterai paling besar. Tap aplikasi tersebut dan pilih Force Stop. Sedangkan di iOS, caranya masuk menu Settings>Battery untuk mengidentifikasi aplikasi apa saja yang menyedot baterai. Jika melihat ada aplikasi yang menyedot daya baterai, kamu bisa matikan aplikasi dengan menekan tombol home dua kali dan gulir 'kartu' aplikasi ke atas untuk menutupnya.
Cara lain, kamu bisa menghentikan seluruh aktivitas aplikasi dengan mengaksesnya di Settings>General>Background App Refresh dan matikan aplikasi yang kamu rasa perlu.

3. Mengaktifkan fitur Airplane Mode

Airplane mode berguna untuk memutuskan koneksi internet yang tidak perlu, sehingga dapat menghemat daya baterai. Untuk perangkat iOS, buka menu Settings, dan aktifkan Airplane Mode, atau swipe layar ponsel ke atas untuk memunculkan jendela Control Center dan tekan tombol Airplane Mode. Untuk perangkat Android, swipe layar ke bawah untuk memunculkan layar Quick Settings dan pilih tombol Airplane Mode.

4. Mengaktifkan Modus Battery Saver

Saat modus ini aktif, layar ponsel otomatis akan menjadi lebih redup dan menonaktifkan beberapa fitur atau aplikasi yang berjalan di background, sehingga baterai iOS dan Android akan lebih bertahan lama.

5. Sedia Power Bank

Sekarang ini sudah banyak power bank yang bentuknya kecil dan mudah di bawa kemanapun kamu pergi. Powerbank merupakan solusi untuk menambah daya baterai apabila di tengah perjalanan daya baterai kamu habis. Lebih baik mempunyai power bank dengan kapasitas yang besar agar bisa di gunakan hingga baterai smartphone kamu penuh

Selamat mencoba 5 tips sederhana diatas! Semoga bisa berguna untuk mencegah smartphone Anda mati saat beraktivitas diluar. Anda juga bisa menemukan berbagai smartphone menarik di AXIQoe.com dengan berbagai pilihan merk dan harga pada kategori Electronic> Computer,Gadgets>Gadgets. Kamu juga bisa membeli berbagai macam kebutuhan dan perlengkapan kantor yang kamu butuhkan dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau di sini. Selamat berbelanja!

What's your reaction?

Leave a reply