Penting! Baca Dulu Tips Ini Sebelum Belanja Gadget secara Online

Penting! Baca Dulu Tips Ini Sebelum Belanja Gadget secara Online

Belanja online di era digital sekarang, sudah menjadi salah satu kebiasaan dan bahkan dapat dikatakan menjadi gaya hidup mayoritas masyarakat di perkotaan. Hampir semua kategori produk sekarang dipasarkan secara online, termasuk gadget. Namun, karena kita tak bisa melihat kondisi barang secara langsung, masalah jaminan keamanan seringkali masih menjadi kendala utama dalam berbelanja online, terutama untuk barang-barang dengan harga mencapai kisaran jutaan rupiah seperti gadget. Tidak semua toko online menawarkan harga yang sama, bahkan seringkali calon konsumen merasa khawatir akan penipuan yang dilakukan lewat internet.
Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk selalu waspada dan berhati-hati sebelum berbelanja. Berikut tips dari AXIQoe untuk kamu sebelum membeli gadget secara online:

1. Cari tahu spesifikasi gadget yang ingin dibeli dan harganya
Supaya kamu mampu membeli gadget sesuai kebutuhan dan bukan karena mengikuti keinginan semata, ada baiknya sebelum masuk ke dalam situs online pembelian gadget untuk menentukan terlebih dahulu jenis gadget apa yang kamu butuhkan. Setelah itu, cari referensi di internet seputar merek, spesifikasi, hingga kisaran harga pasar yang cocok dengan kebutuhan dan budget kamu. Dengan mengetahui kisaran harga pasar dan spesifikasi detail dari gadget yang diinginkan, kamu dapat mengantisipasi segala bentuk penipuan kredit dan tidak mudah tergoda dengan harga murah yang jauh di bawah harga pasar. 

2. Pilih dan teliti toko online 
Banyak situs online yang tersedia saat ini di internet dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Pastikan kamu hanya membeli di situs terpercaya yang sudah terbukti kredibilitasnya. Jangan sampai kamu tertipu dengan iming-iming beragam promo yang menggiurkan. kamu dapat menilai kredibilitas sebuah olshop dengan mencoba melakukan browsing testimoni pelanggan olshop itu di media sosial. Selain itu, pastikan alamat kantornya jelas, dan coba telepon apakah tim customer service-nya bisa dihubungi atau tidak. Terakhir, periksa sertifikasi keamanan situs. 

3. Pelajari garansi
Biasanya saat belanja gadget secara online, akan ada garansi resmi, baik itu dari merk dagang gadget tersebut ataupun situs online yang menjualnya (olshop). Kebanyakan garansi merk dagang bisa berlaku 2 tahun sejak pembelian, sedangkan garansi toko berkisar 6 bulan sampai 1 tahun saja. Pada saat Anda mensurvei spesifikasi di situs online pastikan terdapat garansi resmi dari merek dagangnya. Selain itu, cari tahu juga ke mana kamu harus mengklaim garansi tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jangan sampai kamu mendapatkan barang palsu atau malah dari black market yang tidak resmi/illegal.

4. Cari tahu sistem pembayaran dengan jelas
Cara pembayaran olshop belakangan ini semakin variatif. Ada yang menawarkan  kredit atau  cicilan, transfer bank, adapula sistem bayar di tempat atau yang dikenal dengan cash on delivery (COD). Ketahui kekurangan dan kelebihan sistem-sistem pembayaran tersebut, agar pembelian gadget secara online tidak menjadi hal yang menakutkan, sebaliknya sangat menguntungkan.

5. Cari tahu metode pengiriman yang ditawarkan
Ada banyak jasa ekspedisi yang bisa diambil. Pilih yang paling mudah dihubungi dan tidak menyulitkan saat nanti terjadi masalah dalam proses pengiriman barang. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan tarif yang ditawarkan oleh jasa ekspedisi. 

Salah satu online shop yang menjual gadget adalah AXIQoe.com yang menyediakan beragam gadget original dari distributor resmi setiap merek. AXIQoe.com juga menyediakan berbagai macam perlengkapan dan kebutuhan kantor dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau.
Untuk pembayaran, AXIQoe.com memberikan 3 opsi metode pembayaran yakni Cash on Delivery (COD), kredit card dan bank transfer. Dengan COD Anda dapat menikmati layanan pembayaran ditempat dengan memilih CourierQoe pada pilihan jasa kurir tanpa biaya tambahan. Layanan ini hanya berlaku di seluruh Jabodetabek. Selamat berbelanja!

What's your reaction?

Leave a reply