Ingin Earphone Kamu Tetap Awet? Lakukanlah Beberapa Cara Berikut

Ingin Earphone Kamu Tetap Awet? Lakukanlah Beberapa Cara Berikut

Earphone adalah salah satu aksesoris gadget yang sangat penting dan pasti sering digunakan khususnya bagi kamu yang tidak bisa lepas dari penggunaan gadget atau pencinta musik. Earphone sudah menjadi benda wajib dibawa kemanapun kamu pergi. Dengan earphone, mendengarkan musik radio, mp3, spotify, ataupun menonton video menjadi lebih seru. Bahkan seiring berkembangnya zaman, sekarang sudah banyak terdapat earphone wireless/tanpa kabel dengan memanfaatkan teknologi bluetooth dari gadget. Hal ini akan memudahkan penggunanya karena earphone jenis ini tentu tidak memiliki kabel yang panjang seperti earphone biasa yang pastinya lebih memberikan fleksibilitas bagi penggunanya. Dan pastinya tidak perlu repot menghubungkan earphone ke gadget kamu.
Namun, seringnya pemakaian earphone tidak sebanding dengan perawatannya. Banyak orang yang selalu menggunakan earphone dimanapun dan kapanpun, namun tidak terpikirkan bagaimana cara merawatnya agar tetap awet dan nyaman ketika dipakai. Merawat earphone memang seringkali menjadi hal kecil yang jarang diperhatikan. Nah, berikut AXIQoe berikan beberapa cara untuk merawat earphone kamu agar tetap awet dan tahan lama:

1. Gunakan Tempat Tersendiri Untuk Menyimpan Earphone
Jika kamu memiliki kebiasaan meletakkan earphone dimana saja sesuka kamu, sebaiknya segera hentikan kebiasaan itu. Simpanlah earphone kamu di tempat tertentu. Biasanya setiap membeli gadget pasti diberikan tempat untuk menyimpan earphone tersebut, atau belilah casing khusus untuk menyimpan earphone kamu. 

2. Jangan Sembarangan Menggulung Kabel Earphone
Kabel earphone sangatlah sensitif, selain tempat penyimpanan earphone yang perlu diperhatikan, cara menggulungnya juga tidak boleh sembarangan. Jika kamu menggulungnya sembarangan, sangat mungkin kamu bisa merusak kabel bagian dalam earphone. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya gulunglah earphone kamu dengan benar secara beraturan. 

3. Berhenti Menyetel Volume Earphone yang Terlalu Keras
Kebiasaan mengatur volume yang tinggi pada earphone tidak baik bagi kualitas earphone kamu. Terlalu sering menggunakan earphone dengan volume tinggi bisa membuat komponen earphone kamu menjadi rusak, bahkan kualitas suaranya tidak jernih lagi. Selain itu, suara yang terlalu keras dari earphone bisa mengganggu kesehatan telinga kamu juga. Jadi mulai sekarang biasakan menggunakan earphone dengan volume normal saja ya.

4. Rajin Membersihkan Earphone
Walaupun earphone kamu terlihat bersih dan jauh dari debu serta kotoran, earphone tetap harus dibersihkan secara berkala. Cara membersihkannya pun cukup mudah, untuk kabel earphone gunakan kapas/kain yang sudah diberi air hangat atau minyak kayu putih, kemudian kamu tinggal mengelapnya secara perlahan dan menyeluruh. Dan untuk lubang speakernya, kamu bisa gunakan cotton buds atau sikat gigi yang halus untuk membersihkannya. Sehingga earphone kamu tetap bersih dan terlihat seperti baru walaupun sudah lama.

5. Sebelum Menggunakan Earphone, Bersihkan Dulu Telinga Kamu
Sebelum kamu asyik menggunakan earphone kamu, pastikan dulu telinga kamu bersih dari air dan kotoran. Biasanya habis kamu mandi atau melakukan aktivitas yang berkeringat,  telinga menjadi basah dan kotor. Untuk memastikan telinga kamu bersih sebelum menggunakan earphone, kamu harus mengelap dulu dengan tissue atau kapas yang bisa menyerap air.

Itulah beberapa cara mudah untuk menjaga kebersihan dan kualitas earphone kamu. Tapi kalau earphone kamu terlihat sudah sangat kotor dan menurun kualitasnya, solusi lainnya adalah mengganti earphone kamu. Di AXIQoe.com kamu bisa mendapatkan berbagai macam earphone terbaru dengan kualitas terbaik dalam kategori Electronic > Gadget Accessories > Earphone, Speakers. 

What's your reaction?

Leave a reply