Pentingnya Menjaga Keamanan Gadget

Pentingnya Menjaga Keamanan Gadget

Di zaman yang semakin maju, semua aktivitas kita pasti berhubungan dengan gadget dan banyak aktivitas kita sekarang telah dipermudah dengan gadget. Banyak aplikasi yang di ciptakan untuk menunjang setiap keperluan kita, hal-hal yang tadinya harus dilakukan dengan berpergian sekarang bisa dilakukan melalui gadget, dengan hanya tinggal mengklik layanan yang kita butuhkan pada aplikasi maka keperluan kita dapat terpenuhi. Efisiensi waktu merupakan hal utama yang dicari setiap orang pada saat ini. Dengan tingkat lalu lintas yang semakin tidak bisa diprediksi dan kesibukan yang semakin tinggi maka sebagai alternative, aplikasi di dalam gadget menjadi pilihan. Namun tidak dapat dipungkiri dengan perkembangan teknologi tersebut tingkat kejahatan juga semakin canggih. Pencurian data pengguna, penyalahgunaan data, dan peretasan dokumen merupakan hal yang paling kita takuti semua orang karna dapat membahayakan keamanan kita jika nanti data tersebut disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Oleh sebab itu menjaga keamanan gadget kita sangatlah penting agar kita tidak merasakan kerugian yang sangat banyak. Berikut AxiQoe akan membahas mengapa  kita harus menjaga keamanan gadget kita dengan baik berikut dengan manfaatnya.

1. Banyak foto pribadi yang mungkin untuk disalah gunakan
Dengan fungsi gadget yang semakin banyak maka semakin banyak hal pribadi yang kita simpan di dalamnya, salah satunya foto. Foto adalah hal yang paling mudah untuk disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.Foto yang kita miliki sangat mungkin untuk diambil dan digunakan untuk kegiatan yang melanggar hukum, yang pada akhirnya diri kitalah yang paling dirugikan karena kita yang dianggap melakukan tindakan criminal tersebut. Dengan memproteksi gallery foto atau media kita maka hal itu dapat diminimalisir, sehingga foto-foto yang kita miliki tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yag tidak bertanggunjawab dan tidak membuat diri kita was-was dari penyalahgunaan foto oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Data penting yang dapat disalah gunakan dan diperjual belikan
Gadget pada masa sekarang ini bisa digunakan untuk terkoneksi dengan pekerjaan kita yang terhubung melalui email. Kebanyakan orang saat ini juga menyimpan password di dalam notes gadget dan hampir kebanyakan orang jarang melakukan log out terhadap social media yang ada di gadgetnya. Data-data penting tersebut merupakan incaran bagi para peretas untuk disalah gunakan atau diperjual belikan jika jatuh ke pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Dengan begitu ada baiknya kamu mengganti kunci pengaman secara berkala sehingga terhindar dari hal-hal yang dapat sangat merugikan kamu atau kamu tidak menyimpan informasi yang penting di dalam handphone kamu untuk meminimalisir resiko yang ada.

3. Data kontak telepon
Data kontak pada telepon kamu sangatlah mungkin menjadi salah satu incaran bagi para pencuri data, nantinya telepon atau kontak teman kamu bisa digunakan untuk penipuan atau lainnya, seolah-olah teman kamu sedang memerlukan butuhkan bantuan kamu namun ternyata itu adalah penipu yan memanfaatkan data teman kamu. Oleh sebab itu ada baiknya menjaga kerahasian kontak di dalam telfon kamu dan tidak memberikan data nomor telepon kepada sembarang orang, karna sangat mungkin hal tersebut disalah gunakana oleh pihak lain. Jika ada yang meminta kontak orang lain yang ada di daftar kontakmu kepada kamu, sebaiknya kamu meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik kontaknya untuk menghindari penyalahgunaan kontak yang saat ini sering terjadi.

What's your reaction?

Leave a reply